Bugar

Apakah Asam Urat Bisa Menyebabkan Kematian? Cek Penjelasannya di Sini

Apakah Asam Urat Bisa Menyebabkan Kematian? Cek Penjelasannya di Sini

MOMSMONEY.ID - Kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan peradangan, rasa sakit yang hebat, dan pembengkakan. Kondisi ini sangat menyakitkan, banyak yang bertanya-tanya apakah asam urat bisa menyebabkan kematian atau tidak.

Momsmoney akan mengulasnya lebih dalam melalui artikel ini. Simak, ya!

Penyebab dan Gejala Asam Urat

Asam urat terjadi ketika ada kelebihan purin, yang biasanya ditemukan dalam makanan tinggi protein seperti daging merah, makanan laut, dan minuman beralkohol. Tubuh memecah purin menjadi asam urat.

Biasanya, asam urat larut dalam darah, disaring oleh ginjal, dan dikeluarkan melalui urine. Namun, jika tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau ginjal tidak dapat mengeluarkannya dengan cukup, kadar asam urat bisa meningkat.

Gejala asam urat termasuk nyeri mendadak yang parah, kemerahan, dan pembengkakan di sendi. Serangan asam urat bisa datang tiba-tiba dan menjadi sangat tidak nyaman, namun gejalanya dapat dikelola dengan perubahan gaya hidup dan obat-obatan.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Apa? Ini 12 Daftar Pantangannya!

Apakah Asam Urat Bisa Menyebabkan Kematian?

Melansir dari laman Medical News Today, asam urat tidak langsung menyebabkan kematian, namun tanpa pengelolaan yang baik, dapat menimbulkan berbagai komplikasi serius yang berpotensi mengancam jiwa.

Menurut Arthritis Foundation, penderita asam urat memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah kardiovaskular seperti gagal jantung, serangan jantung, dan stroke. Penyebabnya terkait dengan akumulasi kristal asam urat yang bisa merusak pembuluh darah.

Selain itu, asam urat berkaitan dengan peningkatan signifikan risiko diabetes tipe 2 sebesar 71% pada wanita dan 22% pada pria. Hal ini diperkirakan akibat tingginya tingkat peradangan yang terjadi.

Penderita asam urat juga sering kali ditemukan memiliki kelebihan berat badan serta tekanan darah dan kolesterol tinggi.

Baca Juga: Apakah Kacang Hijau Menyebabkan Asam Urat? Inilah Jawabannya!

Risiko penyakit ginjal sedang juga meningkat sebesar 78% pada penderita asam urat. Jika tidak dikelola dengan baik, kondisi ini bisa berujung pada gagal ginjal.

Asam urat juga diketahui berdampak pada risiko sleep apnea, sebuah gangguan tidur yang mempengaruhi pernapasan dan dapat meningkatkan risiko berbagai kondisi kesehatan berbahaya, termasuk obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke.

Itulah ulasan singkat sekaligus jawaban dari pertanyaan apakah asam urat bisa menyebabkan kematian atau tidak. Meskipun asam urat sendiri tidak secara langsung menyebabkan kematian, komplikasi yang terkait dengan kondisi ini bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan serius.

Oleh karena itu, penting bagi individu yang menderita atau berisiko tinggi terkena asam urat untuk mengelola kondisinya dengan baik dan memonitor kesehatan mereka secara keseluruhan.

Pemeriksaan rutin, gaya hidup sehat, dan kepatuhan terhadap pengobatan yang disarankan oleh dokter adalah kunci untuk menghindari komplikasi serius dari asam urat. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News