M O M S M O N E Y I D
Keluarga

Apa Itu Probiotik? Ini 5 Manfaat Probiotik Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Apa Itu Probiotik? Ini 5 Manfaat Probiotik Jika Dikonsumsi Setiap Hari
Penulis: Ana Risma  |  Editor: Ana Risma


MOMSMONEY.ID - Probiotik dikenal sebagai bakteri baik untuk usus. Berikut 5 manfaat mengonsumsi probiotik setiap hari untuk kesehatan.

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang diyakini dapat meningkatkan keragaman mikrobioma tubuh dengan memperkenalkan bakteri yang dapat membantu meningkatkan pencernaan yang sehat, mendukung kekebalan tubuh, dan banyak lagi.

Megan Hilbert, MS, RDN, seorang ahli diet terdaftar, mengatakan probiotik telah terbukti meningkatkan jumlah bakteri sehat dalam sistem pencernaan.

"Ini berdampak positif pada banyak area kesehatan seperti kesehatan kulit, kekebalan tubuh, metabolisme, dan kesejahteraan mental," katanya, dikutip dari EatingWell.

Baca Juga: 8 Manfaat Diet Mediterania bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Apabila dikonsumsi setiap hari, probiotik menawarkan manfaat luar biasa untuk kesehatan usus hingga mulut. Melansir EatingWell, inilah 5 manfaat mengonsumsi probiotik setiap hari untuk kesehatan.

1. Usus jadi lebih sehat

Manfaat mengonsumsi probiotik setiap hari yang pertama yaitu usus jadi lebih sehat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai penyakit atau masalah pencernaan.

Menurut National Institutes of Health, probiotik dapat mencegah diare terkait antibiotik, sembelit, dan infeksi Clostridium difficile.

Probiotik juga dapat membantu menginduksi atau mempertahankan remisi dari kolitis ulseratif dan mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar, menurut National Center for Complementary and Integrative Health.

2. Tingkat stres menurun

Manfaat mengonsumsi probiotik setiap hari yang kedua yaitu tingkat stres menurun.

Sebuah studi kecil tahun 2021 yang diterbitkan dalam The Journals of Gerontology menemukan, suplementasi selama 12 minggu pada orang dewasa sehat berusia di atas 65 tahun dengan probiotik yang mengandung Bifidobacterium menghasilkan:

  • Pengurangan signifikan bakteri usus penyebab peradangan
  • Peningkatan yang lebih besar dalam tes fleksibilitas mental dibandingkan kelompok plasebo
  • Peningkatan skor stres yang lebih besar dibandingkan kelompok plasebo

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi temuan ini, namun hal ini menunjukkan bahwa probiotik dapat berperan dalam meningkatkan kesehatan mental dan mencegah tantangan mental, khususnya pada orang dewasa yang lebih tua.

3. Mendukung kesehatan kardiovaskular

Manfaat mengonsumsi probiotik setiap hari yang ketiga yaitu mendukung kesehatan kardiovaskular.

Tinjauan penelitian sistematis tahun 2020 yang diterbitkan dalam Nutrients menemukan, suplementasi dengan vitamin D dan probiotik (terutama LactobacillusBifidobacterium, dan Streptococcus) mampu meningkatkan berbagai metrik kesehatan jantung. Ini termasuk kadar lipid, peradangan, dan sensitivitas insulin.

Kombinasi kedua suplemen tersebut bahkan dapat meningkatkan kesehatan lebih baik daripada suplementasi vitamin D saja atau plasebo.

Tinjauan sistematis lain yang diterbitkan pada tahun 2020 dalam Advances in Nutrition menemukan bahwa konsumsi susu fermentasi (sumber probiotik) mampu menghasilkan penurunan risiko kardiovaskular.

Para peneliti menyimpulkan bahwa suplementasi probiotik yang dipadukan dengan konsumsi susu fermentasi dapat mengurangi konsentrasi lipid (penanda kesehatan kardiovaskular).

Akan tetapi, mereka mencatat bahwa ada berbagai macam galur probiotik yang digunakan dalam penelitian tersebut, jadi hasilnya harus diterima dengan hati-hati.

Baca Juga: 5 Tips Aman Coba Skincare Baru Tanpa Risiko dan Aman

4. Mencegah infeksi saluran pernapasan atas

Manfaat mengonsumsi probiotik setiap hari yang keempat yaitu mencegah infeksi saluran pernapasan atas.

Tinjauan Cochrane terbaru tahun 2022 menemukan, suplementasi probiotik berperan dalam mencegah infeksi saluran pernapasan atas dan mengurangi durasi infeksi.

Ada campuran bukti dengan kepastian rendah hingga sedang yang mendukung temuan tersebut.

Para peneliti menyimpulkan, suplementasi probiotik lebih baik daripada tidak mengonsumsi suplemen atau plasebo dalam mencegah infeksi saluran pernapasan atas.

5. Kesehatan mulut terjaga

Manfaat mengonsumsi probiotik setiap hari yang kelima yaitu kesehatan mulut terjaga.

Penyakit periodontal disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada gusi, menurut Centers for Disease Control and Prevention.

Tinjauan sistematis tahun 2020 yang diterbitkan dalam Probiotics and Antimicrobial Proteins menemukan, probiotik dapat membantu mengobati dan mencegah penyakit menular di rongga mulut, termasuk periodontitis dan karies gigi. Plus, probiotik juga bisa mengurangi kadar patogen penyebab penyakit.

Demikian 5 manfaat mengonsumsi probiotik setiap hari untuk kesehatan. Selain mengonsumsi suplemen, Anda juga bisa memenuhi asupan probiotik dengan makan makanan tinggi probiotik seperti yogurt, kefir, asinan kubis, miso, kimchi, kombucha, dan tempe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Jenis-Jenis Stres Menurut Psikologi, Ini Bedanya Stres Akut dan Stres Kronis!

Berdasarkan studi penelitian tentang jenis-jenis stres dalam psikologi, stres dibagi menjadi 3 jenis utama. Ini 3 jenis stres beserta gejalanya.

Cara Kumpulin Dana Darurat Rp10 Juta dalam 6 Bulan dengan Gaji Rp6 Juta

Target dana darurat Rp10 juta dalam 6 bulan? Simak hitungan setoran, cara mengatur gaji Rp6 juta, dan strategi agar tetap konsisten.​  

4 Manfaat Kimpul untuk Kecantikan Kulit, Atasi Jerawat hingga Penuaan Dini

Kimpul menyimpan nutrisi melimpah yang sangat berguna untuk merawat kecantikan kulit dari dalam. Ini 4 manfaat kimpul untuk kecantikan kulit.  

Orang Tua Pensiun? Ini Cara Menata Keuangan Keluarga biar Tetap Kokoh

Orang tua memasuki masa pensiun? Begini cara menata keuangan keluarga agar kebutuhan tetap aman tanpa membebani anak.

Scandi Farmhouse Jadi Tren Interior 2026? Ini Cara Menerapkannya di Rumah

Scandi farmhouse memadukan minimalis dan nuansa hangat untuk membuat rumah terasa rapi, terang, nyaman, dan natural.

Headboard Fleksibel, Trik Mudah Bikin Kamar Terlihat Mewah Tanpa Renovasi

Headboard fleksibel bisa bikin kamar terasa mewah dan personal tanpa renovasi besar. Simak cara memilihnya agar tetap nyaman.

Ketika Balas Budi Anak Tak Lagi Menjadi Rencana Pensiun Orangtua

Survei MAMI menunjukkan 93% responden Indonesia meyakini kemandirian merupakan warisan paling bermakna yang dapat ditinggalkan bagi keluarga.

Hujan Deras Masih Terjadi di Provinsi Ini, Cek Peringatan Dini Cuaca Besok (12/8)

BMKG merilis peringatan dini cuaca besok Rabu 12 Agustus 2026 dengan status Waspada hujan lebat hanya di provinsi berikut ini.

Prakiraan Cuaca Sumsel Rabu (12/8), Antisipasi Udara Kabur di Wilayah Ini

Cek prakiraan cuaca Sumatera Selatan besok Rabu (12/8). Sejumlah wilayah diprediksi berawan hingga udara kabur.

Dua Hari Diperdagangkan di BEI, ETF Emas XMES Naik 24%

Baru melantai di BEI, produk ETF emas XMES menarik perhatian dengan kenaikan harga kumulatif 24% dalam dua hari perdagangan.