AturUang

Latih Anak Mandiri Finansial dan Cara Mengelolanya Yuk Moms

Latih Anak Mandiri Finansial dan Cara Mengelolanya Yuk Moms

MOMSMONEY.ID - Memasuki usia produktif, orang tua sebaiknya mengajarkan anak untuk mandiri secara fiansial hingga cara mengatur keuangannya ketika sudah mendapatkan penghasilan. 

Menurut Aryawan Eko, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi seorang dikatakan mandiri secara finansial jika orang tersebutdapat menghasilkan uang sendiri serta dapat mengelola keuangannya. "Menghasilkan uang sendiri dan cukup memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri, tanpa tergantung lain atau orang tua," kata Eko. 

Adapun cara menghasilkan uang ini bentuknya beragam. Bisa dengan bekerja untuk orang lain dan mendapat upah. Cara lain yaitu bisa bekerja sendiri dengan berjualan suatu produk baik secara offline maupun online untuk mendapatkan penghasilan.

Baca Juga: 6 Tips Atur Keuangan untuk Beli Rumah KPR Sebelum Usia 30 Tahun

Memang kemandirian finansial yang ideal adalah jika pengasilannya mampu memenuhi semua kebutuhannya baik pangan, sandang dan papan. Namun Ekon bilang proses kemandirian finansial tidak harus langsung ideal. 

"Mungkin saja seorang anak baru bisa mandiri dalam hal pangan dan sandang, sedang papan masih menumpang pada orang tua," ungkap Eko. 

Sebagai orang tua, sebaiknya ketika anak sudah mandiri secara finasial diajarkan mengelola uang. Bentuk pengelolaan keuangan bisa dengan beramal sebagai wujud syukur atau rezeki, mengatur anggaran belanja dengan bijak, menyiapkan dana darurat, membuat rencana keuangan masa depan, dan tentunya menabung dan berinvestasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News