Bugar

Kenali 4 Penyebab Rambut Mengembang yang Perlu Anda Tahu

Kenali 4 Penyebab Rambut Mengembang yang Perlu Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Rambut mengembang membuat Anda susah mengaturnya, kenali penyebab-penyebab rambut mengembang. 

Dikutip dari cnfstore.com, pada dasarnya produksi minyak alami di rambut yang berkurang akan menjadikan rambut terlalu kering dan cenderung mengembang.

Kondisi ini pun diperparah dengan beberapa faktor lain dan kebiasaan yang dilakukan terus-menerus. Maka dari itu, Anda harus mencari tahu penyebab rambut mengembang agar dapat merawat rambut dengan tepat.

Masih bersumber dari cnfstore.com, simak penjelasannya di bawah ini : 

Baca Juga: Simak 3 Cara Memilih Sunscreen Tanpa Whitecast dengan Mudah

1. Keramas Lebih dari 4 Kali dalam Seminggu

Penyebab pertama rambut mengembang adalah keramas lebih dari 4 kali dalam seminggu. Sebagian besar dari Anda mungkin ingin rambut dan kulit kepala selalu dalam keadaan bersih dan wangi dengan keramas.

Justru jika terlalu sering keramas lebih dari 4 kali seminggu, tidak berdampak baik bagi kesehatan rambut. Saat berkeramas, shampo akan mengangkat lapisan minyak alami pada kulit kepala. Sehingga bila terlalu sering keramas akan membuat kulit kepala kering dan kelembaban berkurang.

Untuk jenis kulit kepala normal dan kering, cukup keramas 3 kali seminggu setelah melakukan aktivitas yang membuat produksi keringat berlebihan.

2. Paparan Sinar Matahari, Udara Kering dan Angin

Penyebab rambut mengembang selanjutnya adalah paparan sinar matahari, udara kering dan angin. Coba perhatikan dengan baik perawatan rambut Anda jika Anda terlalu sering beraktivitas outdoor atau di ruangan ber-AC.

Paparan sinar matahari, udara kering dan angin yang berlebihan bisa merusak kesehatan permukaan kulit kepala dan rambut Anda menjadi kering dan mengembang. Pilih produk shampo yang menutrisi dan melembabkan rambut.

Baca Juga: 4 Kandungan yang Ampuh Melembapkan Kulit, Sering Dipakai Produk Skincare!

3. Styling Rambut Terlau Sering

Kemudian, styling rambut terlalu sering juga termasuk penyebab rambut mengembang. Jika Anda suka styling rambut dengan hair styling tool seperti catokan, hair dryer, atau alat pengeriting rambut, maka Anda perlu berhati-hati dalam penggunaan alat-alat styling rambut tersebut.

Sebab, jika terlalu sering rambut dan kulit kepala akan mengalami kerusakan akibat terkena panas dan angin kering. 

4. Iritasi Akibat Ketidakcocokan Produk

Penyebab rambut mengembang berikutnya adalah iritasi akibat ketidakcocokan produk. Cermatlah dalam menggunakan berbagai produk perawatan rambut agar tidak mengalami kerusakan rambut.

Penggunaan produk rambut yang salah atau tidak cocok dengan kebutuhan rambut, bisa membuat rambut mengembang dan iritasi.

Perhatikan dengan ekstra khususnya produk-produk untuk rambut yang kamu gunakan seperti pelurus rambut, pengeriting rambut, dan cat rambut yang lebih mudah mengiritasi permukaan kulit kepala dan rambut. 

Nah, itulah penyebab rambut mengembang yang harus Anda tahu. Segera perbaiki kebiasaan buruk terhadap rambut dan lakukan perawatan tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News