InvesYuk

Ada Rebalancing Saham di MSCI, Saham TPIA Naik Sampai 8%

Ada Rebalancing Saham di MSCI, Saham TPIA Naik Sampai 8%

MOMSMONEY.ID - Morgan Stanley Capital International (MSCI) Indonesia mengumumkan perubahan konstituen saham dari MSCI Global Standard Index dan MSCI Small Cap Index kemarin Rabu (15/5). Sejumlah saham ada yang masuk, keluar, dan turun kelas. 

Perubahan ini akan berlaku per penutupan 31 Mei 2024, dengan tanggal efektif per 1 Juni 2024. Berikut rinciannya:

MSCI Global Standard Index
Masuk: TPIA
Keluar: TOWR, SMGR

MSCI Small Cap Index
Masuk: GGRM, MIKA, TOWR, SMGR, ULTJ
Keluar: AUTO,BIPI, BBKP, BJBR, LPKR,ENRG, MNCN, CARE, LSIP 

Sementara itu, konstituen MSCI Micro Cap Index tidak mengalami perubahan. MSCI akan mengumumkan rebalancing berikutnya pada 12 Agustus 2024, dengan tanggal efektif pada 2 September 2024.

Menurut analis Stockbit Sekuritas, emiten-emiten yang masuk ke indeks di atas akan mendapatkan inflow, sehingga berpotensi menjadi katalis positif bagi pergerakan harga sahamnya.

Ini terlihat dari penutupan kemarin Rabu, di mana saham TPIA melompat 8,31% dan saham ULTJ naik 3,45%.

TPIA juga menjadi top gainer kemarin, bersama dengan PTRO, SMIL, dan BRIS. 

Saham-saham turun kelas dari Global Standard Index ke Small Cap Index mengalami pelemahan harga. Misalnya, TOWR yang turun -3,85% dan SMGR melemah 2,37%.

Dari pengamatan analis Stockbit, berdasarkan tren dalam 3 kali rebalancing terakhir, saham-saham yang masuk ke dalam indeks MSCI cenderung mengalami penguatan harga, dengan rata-rata naik 12,4% pada periode pengumuman hingga tanggal efektif.

 Sementara itu, pada periode yang sama, saham-saham yang keluar dari indeks MSCI mengalami penurunan harga dengan rata-rata -7,1%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News