Keluarga

Ada MasterChef, Inilah 6 Kompetisi Memasak Paling Bergengsi di Dunia

Ada MasterChef, Inilah 6 Kompetisi Memasak Paling Bergengsi di Dunia

MOMSMONEY.ID - Para koki ternama dunia berlomba-lomba mengikuti beberapa kompetisi memasak berikut ini karena dianggap paling bergengsi di dunia.

Meski telah menghadapi kontroversi terkait ras Chindo yang selalu menang di ajang MasterChef Indonesia, rupanya MasterChef versi asli yang berasal dari Inggris masuk sebagai salah satu ajang kompetisi memasak paling bergengsi di dunia, lo.

Berikut ini 6 kompetisi memasak paling bergengsi di dunia yang menjadi incaran utama para koki profesional untuk menunjukkan skill memasak mereka.

Baca Juga: Kenalan dengan Le Cordon Bleu yuk, Sekolah Kuliner Bergengsi Chef Dunia

Bocuse d’OR

Bocuse dor, kompetisi memasak paling bergengsi di dunia

Bocuse d’OR menjadi peringkat pertama dalam kategori kompetisi memasak paling bergengsi di dunia, menurut Auguste Escoffier School of Culinary Arts.

Kompetisi memasak ini pertama kali dibuat tahun 1987 oleh chef Perancis ebrnama Paul Bocuse untuk menyadarkan masyarakat terhadap seni kuliner.

Para pesertanya merupakan para koki profesional dunia yang diseleksi secara ketat & beranggotakan 2 orang dalam setiap timnya, terdiri atas 1 chef & 1 commis chef.

Iron Chef America

Iron Chef America merupakan kompetisi memasak yang diremake dari acara masak Jepang bernama Iron Chef.

Baca Juga: Resep Simple Cromboloni Viral Isi Coklat, Berkulit Krispi Cuma Perlu Digoreng

Melansir Restaurant Clicks, para pesertanya merupakan barisan chef terkenal dunia yang ditantang untuk menampilkan aneka jenis makanan dengan bahan tertentu yang harus dimasak.

Penilaian makanan yang disajikan oleh peserta Iron Chef America berdasarkan rasa, orisinalitas, dan penyajiannya.

Hell’s Kitchen

Koki ternama dunia, Gordon Ramsay

Hell’s Kitchen yang dipandu oleh chef ternama dunia, Gordon Ramsay, menjadi salah satu acara kompetisi memasak yang diincar oleh banyak koki ternama dunia.

Acara ini berhadiah uang senilai US$ 250.000 dan bagi juara pertamanya berhak mendapatkan posisi sebagai Head Chef di restoran yang bernilai jutaan dollar!

Baca Juga: Tips Jadikan Kegiatan Masak Bersama Anak Jadi Super Menyenangkan, Tidak Bikin Repot

IKA / Culinary Olympics

IKA atau Culinary Olympics adalah ajang kompetisi memasak bergengsi di dunia yang telah hadir sangat lama, sejak tahun 1990. Pada ajang memasak ini, para koki elit ternama dari seluruh dunia akan berkompetisi dalam banyak kategori, individu maupun kelompok.

Bagi siapapun yang menang di ajang ini, maka ia akan dinobatkan sebagai juara Olimpiade.

Selain unsur kompetisi, Culinary Olympics dinilai menjadi ajang networking yang menginspirasi bagi para koki berbakat dunia.

Culinary Olympics diadakan setiap em4pat tahun sekali. Kompetisi berikutnya akan diadakan pada bulan Februari 2024.

Baca Juga: Daftar 8 Makanan Paling Asam di Dunia, Bikin Mulut Langsung Mengerut!

World Pastry Cup

World Pastry Cup atau Coupe du Monde de la Pâtisserie dianggap sebagai kompetisi memasak kue yang paling bergengsi di dunia.

Diadakan setiap 2 tahun sekali di Lyon, Prancis, tim peserta harus terlebih dahulu meraih kemenangan dari 50 kompetisi kualifikasi nasional dan 5 kompetisi kualifikasi kontinental.

Para juri akan mempertimbangkan penyajian, cita rasa, teknik pengerjaan, keterampilan, serta orisinalitas resep & produk sebagai opsi penilaian.

MasterChef: The Professional

MasterChef, kompetisi memasak paling bergengsi di dunia

Baca Juga: Anak Sering Masuk Dapur? Ini 6 Tips Membuat Dapur yang Aman Bagi Anak Usia Balita

MasterChef: The Professional, menurut Auguste Escoffier School of Culinary Arts, dianggap sebagai kompetisi memasak bergengsi dunia meski diwarnai dengan drama khas televisi.

Ajang MasterChef original dilahirkan di Inggris dalam 4 versi berbeda, yaitu MasterChef, MasterChef: The Professional (untuk para koki profesional), Celebrity MasterChef (untuk para selebriti terkenal), dan Junior MasterChef (untuk anak-anak).  

Setiap musimnya, terdapat 32 koki profesional yang berkompetisi dalam banyak tantangan selama 6 minggu.

Itulah deretan kompetisi memasak paling bergengsi di dunia yang paling diperebutkan oleh para koki ternama. Adakah dari Anda yang tertarik mengikuti ajang memasak di atas?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News