Keluarga

Ada Gorengan, Ini 4 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi bersama Kopi

Ada Gorengan, Ini 4 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi bersama Kopi

MOMSMONEY.ID - Inilah 4 makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama kopi.

Penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan stres oksidatif dan inflamasi, seperti diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker.

Namun, kopi juga dapat memengaruhi penyerapan beberapa nutrisi, yang dapat mengurangi atau meningkatkan efek beberapa makanan.

Kopi bisa berinteraksi dengan aspek lain dari pola makan Anda. Misalnya, kopi dapat menghambat penyerapan atau membatasi ketersediaan hayati banyak vitamin dan mineral penting seperti kalsium, zat besi, dan zinc.

Keasaman kopi juga dapat berdampak negatif pada sistem pencernaan, tekanan darah, dan kadar kolesterol terutama jika dikombinasikan dengan beberapa makanan.

Kira-kira, makanan apa saja yang termasuk? Melansir laman Health, berikut 4 makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama kopi.

Baca Juga: Coba Konsumsi, Berikut 10 Makanan Pencegah Kanker yang Baik untuk Tubuh

1. Buah jeruk

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama kopi pertama adalah buah jeruk.

Minum kopi sambil makan buah jeruk dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan, karena kopi secara alami bersifat asam. Buah jeruk beserta sarinya juga sangat asam dan dapat menyebabkan penyakit GERD.

GERD sering ditandai dengan gejala-gejala yang tidak nyaman seperti mual, kembung, dan nyeri ulu hati. Mengonsumsi kopi dan buah jeruk secara bersamaan dapat mengiritasi lapisan lambung dan memperparah gejala-gejala tersebut.

2. Daging merah

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama kopi kedua adalah daging merah.

Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat memengaruhi penyerapan nutrisi dalam usus, terutama zat besi. Daging merah merupakan salah satu sumber zat besi heme terbaik, yang berarti mengonsumsinya bersama kopi dapat mengurangi manfaat kesehatannya.

Satu studi meneliti efek kopi pada kadar feritin serum dan menemukan bahwa mengonsumsi tiga cangkir kopi atau lebih setiap hari secara signifikan mengurangi kadar zat besi. Bahkan, penyerapan zat besi setelah makan menurun sekitar 39% setelah minum kopi.

Zat besi sendiri memainkan beberapa peran penting dalam tubuh termasuk mendukung sirkulasi darah, produksi hormon, dan fungsi kekebalan tubuh.

Baca Juga: 7 Kebiasaan untuk Memudahkan Persalinan, Bumil Wajib Tahu!

3. Gorengan

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama kopi ketiga adalah gorengan.

Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi kopi dapat menyebabkan peningkatan risiko dislipidemia, yaitu kadar lemak abnormal dalam aliran darah. Minum tiga cangkir kopi atau lebih sehari dapat meningkatkan LDL atau kolesterol jahat, yang berdampak negatif pada kesehatan jantung. Hal ini juga dapat menurunkan HDL atau kolesterol baik, yang mendukung kesehatan jantung.

Karena mengonsumsi makanan yang digoreng secara sering dikaitkan dengan meningkatnya risiko penyakit kardiovaskular, maka orang-orang yang rutin mengonsumsi minuman kopi perlu membatasi asupan makanan yang digoreng untuk menjaga kesehatan jantung.

Walaupun kebutuhan gizi bervariasi antara setiap individu, namun penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang digoreng empat kali atau lebih per minggu dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kronis. Jadi, perhatikan seberapa sering Anda mengonsumsi makanan yang digoreng serta diskusikan rasio konsumsi kopi dan gorengan Anda dengan dokter spesialis.

4. Makanan tinggi natrium

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama kopi keempat adalah makanan tinggi natrium.

Kopi mengandung banyak senyawa aktif biologis yang secara langsung memengaruhi tekanan darah. Untungnya, penelitian menunjukkan bahwa minum 1-3 cangkir kopi setiap hari tidak akan berdampak buruk pada tekanan darah. Namun, asupan kafein yang berlebihan dapat memperburuk hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Penelitian telah berulang kali membuktikan bahwa asupan natrium berkorelasi langsung dengan tekanan darah. Oleh karena itu, mengonsumsi kopi dengan cermat mungkin bermanfaat saat mengonsumsi makanan tinggi natrium.

American Heart Association menyarankan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 2.300 miligram (mg) natrium setiap hari, apalagi jika Anda suka minum kopi.

Itulah 4 makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama kopi. Anda bisa mengganti makanan-makanan di atas dengan oatmeal, buah beri, dan kacang almond sebagai pendamping kopi.

Oatmeal kaya akan serat yang membantu mengatur kadar gula darah. Pengendalian kadar gula darah yang lebih efisien dapat memberikan energi yang berkelanjutan.

Buah beri segar menawarkan banyak vitamin dan rasa manis alami di samping rasa kopi yang kuat. Sementara itu, kacang almond mampu memberikan kerenyahan yang memuaskan sekaligus lemak sehat yang melengkapi kekayaan kopi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News