Bugar

Ada Covid Varian Arcturus, Begini Cara Menjaga Kesehatan Saat Mudik dan Lebaran

Ada Covid Varian Arcturus, Begini Cara Menjaga Kesehatan Saat Mudik dan Lebaran

MOMSMONEY.ID - Sebentara lagi Idul Fitri akan menyambut, banyak orang pun sudah bersiap-siap dan mulai pulang kampung (mudik). Di tengah menyambut kebahagiaan ini, kini Covid-19 varian Arcturus atau Omicron XBB.1.16 telah ditemukan di Indonesia.

Untuk menjaga kesehatan saat mudik dan lebaran, Benny Fajarai sebagai Co-Founder dan CMO Lifepal.co.id pun membagikan sejumlah tips.

1. Menerapkan Protokol Kesehatan 5M

Benny berpendapat, kunci untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 adalah dengan menerapkan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan memakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

"Seperti diketahui, membiasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik untuk menghindari penyebaran penyakit. Dengan begitu, aktivitas ini dapat memberikan pertahanan yang baik bagi tubuh kita," ujar Benny.

Langkah pencegahan lain adalah menggunakan masker saat bepergian. Tak hanya menjaga dari penyebaran virus, masker juga dapat melindungi organ pernapasan dari debu, asap, dan udara kotor.

2. Menghindari konsumsi makanan tidak sehat secara berlebihan

Kunci untuk menjaga kesehatan tubuh adalah memperbaiki sistem imun. Ini dapat dilakukan dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin, protein, lemak, dan mineral. Karenanya penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dengan porsi yang cukup, hindari konsumsi makanan yang berlemak, berminyak, dan terlalu manis. Selain itu, cukup minum air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Baca Juga: Ini Yang Harus Dilakukan Jika Orang Tua Meminjam Modal Usaha Pada Anak

3. Mendapatkan istahahat yang cukup

Istirahat yang cukup adalah hal penting dalam menjaga kesehatan tubu,h. Sering mengabaikan kebutuhan istirahat, dapat melemahkan stamina tubuh, dan menurunkan daya tahan tubuh yang membuat rentan terhadap penyakit. Upayakan untuk menjaga waktu istirahat minimal 6 jam bagi orang dewasa.

4. Rajin berolahraga
Lakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan santai atau peregangan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Aktivitas ini tidak hanya melancarkan peredaran darah dan membakar kalori saja, tapi juga membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Anda dapat menyisihkan waktu sekitar 15-30 menit untuk berolahraga setiap hari.

5. Menghindari stres
Benny berpendapat menghindari stres pun perlu dilakukan. Dia menyarankan untuk menghindari situasi yang dapat menimbulkan stres dan melakukan relaksasi seperti meditasi.

6. Melindungi tubuh dengan asuransi kesehatan

Benny juga mengatakan perlu bagi seseorang untuk memiliki asuransi kesehatan mengingat berbagai macam penyakit bisa datang kapan saja dan tanpa diduga, terutama di masa covid-19. Menurutnya,  dengan asuransi kesehatan, biaya pengobatan dan perawatan akan lebih ringan. Pasalnya, asuransi kesehatan dapat memberikan jaminan dalam biaya rawat inap, menjalani pengobatan penyakit kritis, operasi, dan bisa memberi penanganan terhadap kecelakaan tak terduga. Sebagian asuransi kesehatan juga menjamin biaya pemeriksaan kehamilan dan persalinan, serta imunisasi untuk bayi dan anak-anak sesuai dengan polis yang dimiliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News