Santai

Ada 3 Tahap Interview Kerja, Fresh Graduate Wajib Tahu

Ada 3 Tahap Interview Kerja, Fresh Graduate Wajib Tahu

MOMSMONEY.ID - Fresh graduate wajib tahu beberapa tahapan interview atau wawancara kerja ini, ya.

Interview atau wawancara kerja merupakan serangkaian proses sebelum mendapatkan pekerjaan. Biasanya proses ini dilaksanakan setelah menyeleksi berkas data para calon pekerja yang berpotensi.

Tahapan wawancara yang berlaku pada masa kini cenderung berbeda dengan tahapan wawancara pada zaman dahulu. Tentu saja karena adanya perkembangan zaman dan teknologi dalam dunia kerja.

Baca Juga: Mau CV Dilirik HRD, Gunakan Format CV ATS Berikut Ini Yuk

Proses wawancara kerja masa kini biasanya terbagi menjadi 3 jenis wawancara.

Wawancara bersama HRD, wawancara User, dan wawancara panel. Berikut ini adalah beberapa penjelasan singkatnya.

Wawancara HRD

Wawancara dengan HRD merupakan proses wawancara pertama yang umum dilaksanakan. Dalam tahap ini calon pekerja akan diwawancara oleh HRD di perusahaan tersebut.

Biasanya pertanyaan yang diajukan berdasarkan dari CV yang dikirimkan ke perusahaan. Ada juga pertanyaan lain yang menyangkut pekerjaan sebelumnya, kelebihan dan kekurangan, dan rencana ke depan.

Wawancara User

User dalam wawancara ini merupakan calon atasan di perusahaan tersebut. Biasanya setelah lolos dari tahap interview dengan HRD maka proses selanjutnya adalah interview dengan user.

Baca Juga: Perhatikan, 5 Hal Ini Bisa Buat Lamaran Kerja Anda Ditolak

Pertanyaan yang ditanyakan pun cenderung berbeda dengan HRD, Pada wawancara ini pertanyaannya cenderung lebih tajam dan spesifik. Pertanyaan yang relatif subjektif pun kerap kali ditanyakan.

Hal ini di karena kan user yang akan lebih sering memiliki kontak hubungan kerja dengan calon pekerja. Sehingga biasanya user akan memilih calon yang berpotensi dalam hal prestasi dan chemistry.

Wawancara Panel

Setelah melakukan proses wawancara dengan user, selanjutnya proses wawancara akan dilakukan dengan panel. Panel di sini adalah beberapa pekerja senior yang nantinya akan lebih sering bekerja bersama calon pekerja.

Dalam tahap ini, calon pekerja akan diwawancara oleh beberapa orang bahkan dalam lintas departemen. Hal tersebut digunakan untuk mengetahui bagaimana karakter pekerja dan bagaimana ia berkomunikasi dengan teman kerja.

Jika sudah mengetahui tahapan interview atau wawancara kerja itu tadi, pastikan untuk memberikan kemampuan maksimal saat sedang wawancara, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News