Keluarga

8 Manfaat Peace Lily yang Bikin Takjub Menurut Penelitian Ahli

8 Manfaat Peace Lily yang Bikin Takjub Menurut Penelitian Ahli

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda, ternyata ada manfaat peace lily bagi kesehatan juga, lo? Ya, ada beberapa manfaat peace lily yang bikin takjub. 

Peace lily merupakan salah satu tanaman yang populer. Memiliki bunga yang cantik, peace lily cocok untuk ditanam di dalam maupun di luar rumah. 

Menurut penelitian ahli, terdapat manfaat peace lily yang baik untuk kesehatan. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lokasi untuk Tanaman Peace Lily di Rumah biar Tumbuh Subur

Mengutip Balcony Garden Web, berikut 8 manfaat peace lily yang bikin takjub:

1. Memurnikan Udara

Berbagai polutan udara yang ada di rumah Anda dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah. Menurut sebuah penelitian, udara dalam ruangan bisa sama berbahayanya dengan udara luar ruangan. 

Namun, Anda dapat mengendalikan gas dan VOC berbahaya tersebut dengan memiliki ventilasi yang baik dan mengidentifikasi serta menghilangkan sumber di balik polusi ini.

Menanam tanaman hias di dalam ruangan juga merupakan salah satu cara untuk menguranginya. 

2. Mempercantik ruangan

Tidak perlu khawatir karena bunga lili perdamaian adalah salah satu tanaman hias paling populer karena keindahannya yang mempesona. 

Bunga berwarna putih dengan bentuknya yang unik ini sebenarnya bukanlah bunga melainkan kelopak melengkung yang menutupi bunga kecil sebenarnya. Anda bisa menanamnya di pot hias untuk menambah keindahannya.

3. Mudah dirawat

Bunga lili perdamaian bukan hanya tanaman yang perawatannya rendah, tetapi juga bisa tumbuh tanpa sinar matahari. 

“Tumbuh tanpa sinar matahari” berarti dapat tumbuh di bawah sinar matahari tidak langsung yang terang. Tampilannya yang bagus dan persyaratan yang rendah menjadikannya pilihan yang jelas di kalangan petani tanaman dalam ruangan.

4. Mencegah pembentukan jamur

Kelembapan di toilet menyediakan lingkungan yang subur bagi jamur dan jamur. Biasanya pada tirai kamar mandi dan nat ubin.

Karena bunga lili perdamaian suka tinggal di kondisi lembab, menyimpannya di kamar mandi tidak hanya akan membuat kondisinya menguntungkan, tetapi juga akan menyerap kelembapan berlebih dari udara di sekitarnya. Sehingga, berdampak pada berkurangnya perkembangan jamur di kamar mandi.

Baca Juga: Cara Merawat Peace Lily di Air dengan Mudah, Simak Keuntungannya

5. Menyerap uap aseton

Uap berbahaya dari alkohol dan aseton diketahui berdampak buruk pada kesehatan kita. Aseton umumnya ditemukan dalam penghapus cat kuku, pernis, cat, dan alkohol gosok.

Paparan aseton yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan aseton, yang dapat menyebabkan bicara tidak jelas, sakit kepala, kurang koordinasi, lesu, dan tekanan darah rendah. 

Bunga lili perdamaian menyerap uap aseton yang berbahaya dan menjaga keberadaannya di udara sekitar tetap terkendali.

6. Penghilang jamur

Spora jamur yang tumbuh subur di lingkungan yang lembap dan kaya kelembapan dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan banyak masalah kesehatan bagi orang yang sensitif terhadapnya. 

Paparannya dapat menyebabkan iritasi tenggorokan, iritasi mata, hidung tersumbat, batuk, iritasi kulit, atau mengi. Orang yang menderita penyakit paru-paru kronis, Asma, dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah mempunyai risiko kesehatan yang lebih tinggi terkena paparan jamur. 

Baca Juga: Dibuang Sayang, Ini 12 Manfaat Kulit Pisang yang Bikin Takjub

Kabar baiknya, Peace Lily dapat mengurangi spora jamur dari udara sekitar dengan cara menyerapnya.

7. Bantu tidur nyenyak

Tanaman Peace Lily (Spathiphyllum) menyaring udara dalam ruangan dan membantu mengurangi Senyawa Organik yang Mudah Menguap. Ia juga menyerap spora jamur di udara, yang merupakan alergen umum  dan membantu tidur nyenyak.

Tanaman ini terlihat indah dan menghadirkan ketenangan jika dilihat dari daunnya yang hijau mengilap dan daun bracts putih besar. Menurut Feng shui, bunga lili perdamaian membawa energi positif dan sentuhan damai ke dalam ruangan.

8. Tanaman hias yang aman

Peace lily tidak mengandung senyawa beracun yang benar-benar berbahaya. Ini mengandung kalsium oksalat yang tidak larut, yang juga ditemukan di banyak buah dan sayuran.

Mengunyah daunnya dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan rasa terbakar di lidah. Anda dapat menanamnya di dalam ruangan tanpa mengkhawatirkan hewan peliharaan Anda. 

Nah, itulah beberapa manfaat peace lily yang bikin takjub. Tertarik untuk merawat peace lily di rumah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News