Keluarga

8 Jus untuk Mengatasi Kulit Kusam Secara Alami, Yakin Tak Mau Coba?

8 Jus untuk Mengatasi Kulit Kusam Secara Alami, Yakin Tak Mau Coba?

MOMSMONEY.ID - Inilah 8 jus untuk mengatasi kulit kusam secara alami yang patut Anda konsumsi secara rutin.

Skincare yang mencerahkan memang bisa membantu mengatasi kulit kusam. Namun, alangkah baiknya Anda juga menerapkan cara mengatasi kulit kusam dari dalam, salah satunya dengan minum minuman sehat seperti jus buah segar.

Melansir Kolors Health Care, ada 8 jus untuk mengatasi kulit kusam secara alami. Simak dan catat, berikut daftarnya.

Baca Juga: Survei Manulife : Masyarakat Indonesia Hadapi Tekanan Finansial

1. Jus jeruk

Jus untuk mengatasi kulit kusam secara alami yang pertama adalah jus jeruk.

Jus jeruk efektif dalam meningkatkan sintesis kolagen serta mengurangi peradangan, kerusakan DNA, hingga kerusakan oksidatif.

Anda akan mendapatkan kurang lebih 54 mg vitamin C apabila mengonsumsi sekitar 100 gram jus jeruk segar. Vitamin C sendiri sarat akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kulit kusam dan penuaan dini.

2. Jus lemon

Jus untuk mengatasi kulit kusam secara alami yang kedua adalah jus lemon.

Sama seperti jus jeruk, jus lemon juga kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat untuk mencegah hiperpigmentasi, racun, dan kerusakan kulit akibat sinar UV.

Minum jus lemon yang dicampur jahe dan madu sangat baik untuk kulit dengan masalah keratinisasi, bekas jerawat, dan hiperpigmentasi. Anda bisa meminumnya saat perut kosong untuk membuat kulit lebih cerah tanpa bekas luka maupun tanda-tanda penuaan.

3. Jus semangka

Jus untuk mengatasi kulit kusam secara alami yang ketiga adalah jus semangka.

Jus buah tropis dengan rasa yang menyegarkan ini memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga menjadi pilihan tepat untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Hidrasi sendiri penting untuk menciptakan kulit yang lebih cerah dan kenyal.

Jus semangka mengandung likopen, vitamin B6, vitamin B1, vitamin A dan vitamin C yang bermanfaat untuk menghaluskan tekstur kulit, menurunkan tanda-tanda penuaan, dan mencegah kerusakan jaringan. Yang terpenting, jus semangka tidak mengandung lemak sehingga cocok dikonsumsi saat diet.

4. Jus delima

Jus untuk mengatasi kulit kusam secara alami yang keempat adalah jus delima.

Jus delima kaya akan mineral seperti potasium, fosfor, magnesium, dan kalsium serta vitamin meliputi vitamin K, vitamin C, dan asam folat (vitamin B9).

Dalam biji, membran, dan kulit buah delima, ada kandungan asam ellagic yang tinggi. Ini adalah sejenis antioksidan yang mampu melindungi kulit dari pigmentasi dan kerusakan akibat sinar UV.

Baca Juga: Apa Penyebab Sakit Kepala setelah Keramas ya? Cek 3 Kemungkinan Penyebabnya

5. Jus mangga

Jus untuk mengatasi kulit kusam secara alami yang kelima adalah jus mangga.

Selain menyegarkan, jus mangga juga dapat memperkaya kulit Anda dengan kandungan xanthophylls, beta-karoten, polifenol, flavonoid, vitamin K, vitamin C, vitamin E, dan vitamin A yang ada di dalamnya.

Buah mangga sendiri telah terbukti dapat melawan peradangan dan kerusakan DNA. Buah favorit banyak orang ini juga memiliki kemampuan penyembuhan luka, membalikkan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, dan meremajakan kulit agar tampak lebih cerah sekaligus sehat.

6. Jus nanas

Jus untuk mengatasi kulit kusam secara alami yang keenam adalah jus nanas.

Jus dengan cita rasa asam manis ini mengandung berbagai vitamin seperti vitamin B9, vitamin K, vitamin C, dan vitamin A serta beragam mineral seperti fosfor, kalium, dan kalsium.

Kehadiran enzim bromelin dalam buah nanas mampu memberikan sifat penyembuhan luka, anti-kanker, dan anti-inflamasi. Plus, efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, bekas jerawat, dan bintik-bintik akibat sinar matahari serta meningkatkan tekstur dan warna kulit.

7. Jus anggur

Jus untuk mengatasi kulit kusam secara alami yang ketujuh adalah jus anggur.

Jus anggur kaya akan antioksidan seperti resveratrol. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa resveratrol dapat melindungi kulit dari kanker kulit dan kerusakan akibat sinar UV. Dalam jus anggur, ada juga vitamin B9, vitamin K, vitamin C, fosfor, kalium, dan kalsium.

Tak hanya buahnya yang bermanfaat, biji anggur pun memiliki khasiat penyembuhan, perlindungan, peremajaan, dan pencerah kulit yang cepat.

8. Jus tomat

Jus untuk mengatasi kulit kusam secara alami yang terakhir adalah jus tomat.

Berdasarkan sebuah penelitian, karotenoid yang ada dalam tomat kaya akan likopen. Adapun ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dengan meminimalkan stres oksidatif dan mencegah ekspresi gen berbahaya yang disebabkan oleh sinar UV.

Ketika dikombinasikan dengan polifenol, itu dapat bekerja sama untuk mengatasi kerusakan sel kulit akibat sinar UV.

Karotenoid dalam tomat juga mampu meningkatkan elastisitas, hidrasi, dan tekstur kulit. Juga, mengurangi kehilangan air, sehingga mencerahkan kulit.

Manfaat lain dari karotenoid yaitu bertindak sebagai anti-aging dengan meningkatkan produksi kolagen. Alhasil, tomat sangat bermanfaat untuk kulit yang mulai menua.

Penelitian lebih lanjut telah membuktikan potensi tomat sebagai bahan pencerah kulit dengan menghambat enzim tirosinase.

Itulah 8 jus untuk mengatasi kulit kusam secara alami. Kira-kira, Moms tertarik coba yang mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News