Bugar

6 Cara Mengobati Migrain Secara Alami Tanpa Obat, Mau Coba?

6 Cara Mengobati Migrain Secara Alami Tanpa Obat, Mau Coba?

MOMSMONEY.ID - Migrain bukan hanya sakit kepala biasa. Bagi banyak penderita migrain, menemukan cara untuk mengelola kondisi tersebut tanpa selalu bergantung pada obat bisa sangat berharga. Tahukah bahwa ada sejumlah cara mengobati migrain secara alami tanpa obat, lho. Bagaimanakah caranya?

Bersumber dari Healthline, berikut telah MomsMoney rangkumkan cara mengobati migrain secara alami tanpa obat:

1. Menggunakan Kompres Es atau Hangat

Migrain sering kali berasal dari aktivasi sistem trigeminovaskular, yang melibatkan saraf trigeminal dan pembuluh darah terkait. Menggunakan kompres dingin dapat membantu meredakan rasa sakit migrain dengan menyebabkan pembuluh darah menyempit, yang mengurangi peradangan dan memperlambat sinyal nyeri yang berjalan sepanjang saraf Anda.

Sebaliknya, jika migrain Anda diperparah oleh ketegangan otot, kompres hangat di bahu dapat membantu merilekskan otot dan mengurangi rasa sakit.

Baca Juga: Sering Mengganggu Aktivitas, Begini 10 Cara Mengatasi Anxiety yang Efektif

2. Melakukan Kegiatan Penghilang Stres

Stres adalah pemicu umum migrain. Mengelola stres bisa sangat membantu mengurangi frekuensi dan intensitas serangan migrain. Teknik seperti latihan pernapasan, meditasi, relaksasi otot progresif, dan mendengarkan musik yang menenangkan dapat membantu mengurangi stres pada saat itu.

3. Pijat dan Akupresur

Memijat kulit kepala dapat meningkatkan sirkulasi dan melepaskan ketegangan, yang bisa sangat bermanfaat selama serangan migrain. Teknik pijat tertentu seperti tuina juga dapat efektif menangani migrain. Titik akupresur lain di sekitar tubuh juga bisa membantu meredakan rasa sakit migrain.

Baca Juga: Mengulik 7 Khasiat Daun Jeruk untuk Kesehatan, Bisa Mengusir Stres lo

4. Tidur Siang Jika Memungkinkan

Migrain sering membuat penderitanya ingin tidur. Tidur siang bisa memberikan bantuan dari serangan migrain karena bersifat restoratif dan membantu tubuh mengatur peradangan dan menghilangkan kelelahan.

5. Rehidrasi

Dehidrasi bisa memperburuk gejala migrain. Minum air atau minuman yang mengandung elektrolit bisa membantu mengembalikan keseimbangan cairan tubuh dan mengurangi gejala migrain yang disebabkan oleh dehidrasi.

Baca Juga: Intip Kandungan Nutrisi dan 11 Manfaat Serai untuk Kesehatan Anda

6. Rendam Kaki dalam Air Panas

Merendam kaki dalam air panas bisa membantu meredakan migrain bagi sebagian orang. Teori di balik metode ini adalah bahwa peningkatan sirkulasi ke kaki bisa membantu mengalihkan darah dari kepala, sehingga mengurangi tekanan dan peradangan.

Itulah beberapa cara mengobati migrain secara alami tanpa obat yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News