Keluarga

4 Produk Skincare untuk Melindungi Kulit dari Polusi Udara, Nomor 3 Wajib!

4 Produk Skincare untuk Melindungi Kulit dari Polusi Udara, Nomor 3 Wajib!

MOMSMONEY.ID - Ada 4 produk skincare untuk melindungi kulit dari polusi udara. Cari tahu di sini.

Polusi udara telah terbukti berkontribusi pada kerusakan kulit yang menyebabkan penuaan termasuk bintik-bintik hitam, kerutan, dan hilangnya kelembaban.

Gejala penyakit kulit inflamasi kronis seperti jerawat dan dermatitis atopik (eksim) juga cenderung memburuk ketika terpapar tingkat polusi yang tinggi.

Banyak penelitian mendukung penggunaan produk perawatan kulit dengan kandungan anti-polusi untuk menjauhkan kulit dari bahaya buruk polusi udara.

Melansir Healthline, berikut 4 produk skincare untuk melindungi kulit dari polusi udara yang patut Anda pakai sehari-hari.

Baca Juga: Polusi Udara Kian Memburuk, Ini 5 Cara Melindungi Kulit Wajah dari Polusi Udara

1. Skincare yang mengandung antioksidan

Serum Vitamin C

Produk skincare untuk melindungi kulit dari polusi udara yang pertama yaitu skincare yang mengandung antioksidan.

Antioksidan mampu mengikat radikal bebas sebelum merusak sel kulit. Sebuah penelitian terbatas menunjukkan bahwa produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan dapat melawan kerusakan kulit akibat polusi.

Studi tahun 2020 oleh peneliti Korea Selatan menemukan bahwa orang yang menggunakan serum antioksidan dengan kandungan vitamin C, vitamin E, dan ferulic acid 2 kali sehari selama 2 minggu setelah perawatan laser mengalami lebih banyak pengurangan bintik-bintik hitam terkait polusi.

Beberapa antioksidan yang terbukti paling efektif untuk mencegah kerusakan kulit akibat polusi antara lain vitamin C, retinol (vitamin A), vitamin E, niacinamide, resveratrol, ferulic acid, astaxanthin, dan glutathione.

2. Moisturizer

Krim anti-aging

Produk skincare untuk melindungi kulit dari polusi udara yang kedua yaitu moisturizer.

Melembabkan kulit secara teratur dapat memperkuat skin barrier untuk meminimalkan potensi polutan udara menembus sel kulit dan menyebabkan stres oksidatif.

Adapun cara termudah untuk melembabkan kulit yaitu dengan menggunakan moisturizer yang mengandung ceramide atau hyaluronic acid.

Ceramide bermanfaat untuk membantu meningkatkan fungsi pelindung kulit. Sementara itu, hyaluronic acid bermanfaat untuk menarik dan mempertahankan kelembaban sehingga pelindung kulit akan senantiasa terjaga.

Baca Juga: 5 Kandungan Serum yang Tidak Cocok untuk Kulit Sensitif, Sebaiknya Dihindari!

3. Physical sunscreen

Sunscreen

Produk skincare untuk melindungi kulit dari polusi udara yang ketiga yaitu physical sunscreen.

Selain bisa merusak kolagen dan meningkatkan risiko kanker kulit, sinar UV matahari juga dapat mengaktifkan beberapa polutan sebelum menimbulkan efek yang merugikan bagi kulit.

Oleh sebab itu, jangan sampai Anda melewatkan penggunaan sunscreen terutama sebelum beraktivitas di luar ruangan. Untuk memberikan penghalang fisik terhadap sinar UV dan polusi, pilihlah sunscreen dengan jenis physical atau mineral dengan SPF 30 atau lebih.

4. Skincare yang mengandung probiotik dan prebiotik

Serum wajah

Produk skincare untuk melindungi kulit dari polusi udara yang keempat yaitu skincare yang mengandung probiotik dan prebiotik.

Polusi udara telah terbukti memengaruhi mikrobioma kulit secara negatif. Mikrobioma sendiri adalah bakteri dan mikroorganisme yang hidup di kulit dan berkontribusi pada kesehatan kulit.

Nah, untuk membantu mengembalikan keseimbangan mikrobioma kulit yang terganggu akibat polusi, Anda bisa menggunakan skincare yang mengandung probiotik maupun prebiotik.

Itulah 4 produk skincare untuk melindungi kulit dari polusi udara yang bisa Anda catat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News