Keluarga

12 Tips dan Cara Membuat Bunga Mawar Mekar Fantastis, Begini Merawatnya

12 Tips dan Cara Membuat Bunga Mawar Mekar Fantastis, Begini Merawatnya

MOMSMONEY.ID - Berikut ini cara membuat bunga mawar mekar fantastis. 

Bunga mawar menjadi primadona untuk berbagai perayaan. Mawar dihargai tidak hanya karena keharumannya yang eksotis tetapi juga karena penampilannya yang mencolok. 

Namun tahukah Anda bagiamana cara membuat bunga mawar mekar fantastis? Tak semua orang bisa membuat bunga mawar mekar fantastis. 

Merawat bunga mawar memanglah tidak boleh semarangan. Untuk itu, berikut ini cara membuat bunga mawar mekar fantastis. 

Baca Juga: Cari Tahu Arti Warna Bunga Mawar di Sini Sebelum Dikirim Jadi Kado Valentine

Mengutip Balcony Garden Web, berikut cara membuat bunga mawar mekar fantastis:

1. Pemangkasan reguler

Ini adalah salah satu tip terbaik untuk membuat tanaman Anda mekar dengan indah! Pangkas cabang yang tumbuh di dalam tanaman dan juga cabang yang sakit atau mati. 

Penghapusan bunga lama juga diperlukan karena mendorong pertumbuhan bunga baru. Untuk tanaman berukuran sedang, potong kembali menjadi 14-16 inci. Untuk tanaman yang lebih besar, potong menjadi 22-26 inci.

Tipsnya:

- Daerah yang Lebih Dingin: Pangkas saat musim dingin berakhir.

- Daerah Sedang: Pangkas pada waktu terdingin sepanjang tahun, tepat ketika kuncup mulai membengkak.

- Daerah Hangat: Tanaman akan mulai menunjukkan pertumbuhan yang lambat di musim dingin. Ini adalah waktu yang ideal untuk memangkas.

2. Gunakan alfalfa

Ini cara yang luar biasa untuk memberikan lebih banyak nutrisi bagi tanaman Anda. Tambahkan setengah cangkir tepung alfalfa ke tanaman. Anda juga bisa merebus alfalfa di dalam air, mendinginkannya, dan menyirami tanaman dengannya.

3. Kulit pisang

Cara Mengolah Daging Sapi Pakai Bahan Tradisional kulit pisang agar empuk

Karena pisang kaya akan fosfor, pisang akan membantu bunga mawar mekar! Cukup haluskan kulit pisang dalam blender dengan air. Sekarang tambahkan pasta ini ke tanah mawar. Sederhana!

4. Pemilihan tanah 

Mawar tumbuh subur di tanah yang memiliki drainase yang baik. Pastikan tanah memiliki drainase yang baik di tempat tersebut. Mawar tumbuh subur di bawah sinar matahari, jadi lokasi yang menerima sinar matahari langsung setidaknya 5-6 jam dalam sehari adalah yang terbaik.

5. Mulsa 

Seringkali aspek yang paling diabaikan dalam memelihara mawar, mulsa, adalah yang paling penting. 

Karena mulsa menambahkan lapisan pelindung di bagian dasarnya, mulsa menyerap dan mencegah percikan air pada daun, sehingga mengurangi kemungkinan penyakit dan infeksi pada tanaman. 

Ini juga membantu tanaman mempertahankan kelembapan, menekan gulma, dan memberikan nutrisi tambahan.

Baca Juga: Kurangi Kerutan hingga Minyak Berlebih, Ini 5 Manfaat Bunga Mawar untuk Kulit

6. Pemupukan 

Pupuk lepas lambat adalah yang terbaik untuk mawar, dan pupuk ini akan melepaskan nutrisi secara perlahan dan memberikan nutrisi untuk durasi yang lebih lama. 

Untuk hasil terbaik, gunakan campuran 10-18-9, 2-3 kali per musim tanam. Periksa label untuk instruksi. Alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan pupuk ringan seperti emulsi ikan, setiap 4-5 minggu sekali.

7. Memilih variasi yang tepat

Karena ada lebih dari 300 spesies, selektif menjadi penting. Pilihlah mawar pusaka karena keharuman dan ketahanannya. 

Tetapi jika Anda ingin lebih banyak bunga mekar dari tanaman yang sama, Anda perlu memilih varietas yang mekar kembali sebanyak-banyaknya pada musim mekarnya.

8. Ampas kopi

Karena ampas kopi mengandung nitrogen, mereka membantu tanaman. Tanah yang Buruk, rendah bahan organik akan sangat bermanfaat bila diubah dengan ampas kopi. Taburkan sedikit pada bagian pangkal tanaman.

Pastikan Anda tidak melakukannya secara berlebihan karena dapat merusak tanaman.

Alternatifnya, Anda juga bisa memanfaatkan teh celup bekas. Daun teh mengandung sekitar 4,15 persen nitrogen dan nutrisi lain yang menyuburkan tanah. Daun teh juga memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan drainase. 

Baca Juga: Cara Membuat Buket Bunga Sendiri untuk Orang Tersayang di Hari Valentine

9. Kulit telur

Kaya akan kalsium, mereka membantu memperkuat jaringan tanaman mawar, sehingga meningkatkan pembungaan. Hancurkan saja kulit telur hingga halus dan campurkan ke dalam tanah.

10. Pengendalian hama

Pembungaan dapat dipengaruhi secara langsung maupun tidak langsung oleh hama. Kutu daun, tungau, thrips, dan lalat putih adalah beberapa hama umum yang menyebabkan kerusakan pada taman mawar.

Anda dapat menghilangkannya dengan menggunakan pestisida komersial, atau Anda dapat menyiapkan larutan buatan sendiri untuk pendekatan yang hemat biaya.

Jadi, itulah beberapa tips dan cara membuat bunga mawar mekar fantastis. Anda sudah bisa mencobanya untuk dapat menghasilkan bunga mawar cantik! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News