Bugar

7 Tips Jitu Atasi Sembelit saat Puasa, Wajib Anda Coba

7 Tips Jitu Atasi Sembelit saat Puasa, Wajib Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Rasanya tidak enak di badan, terapkan tips jitu mengatasi sembelit saat puasa berikut!

Puasa merupakan ibadah yang dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia sebagai bentuk pengendalian diri dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Namun, bagi sebagian orang, puasa dapat menyebabkan masalah sembelit atau susah buang air besar.

Sembelit saat puasa dapat disebabkan oleh perubahan pola makan dan minum, serta kurangnya aktivitas fisik. Bersumber dari Dokter Sehat, inilah cara mengatasi sembelit saat puasa:

1. Konsumsi Serat Tinggi

Pastikan untuk menyertakan makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan dalam makanan berbuka dan sahur Anda. Serat membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit.

Baca Juga: Jus Alpukat Punya Khasiat untuk Asam Lambung lo, Simak Penjelasannya di Sini

2. Minum Banyak Cairan

Penting untuk memastikan Anda tetap terhidrasi selama berpuasa. Minumlah setidaknya delapan gelas air putih setiap hari. Jus buah dan sup buatan sendiri juga bisa membantu meningkatkan asupan cairan.

3. Hindari Makanan Tinggi Lemak

Batasi konsumsi makanan tinggi lemak seperti makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan berlemak selama berbuka. Ini membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan.

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Usus Buntu dan Cara Jitu untuk Mencegahnya!

4. Berolahraga Secara Teratur

Meskipun mungkin sulit untuk berolahraga selama berpuasa, tetaplah aktif sesuai kemampuan Anda. Berjalan kaki ringan atau melakukan latihan ringan setelah berbuka dapat membantu memperlancar pencernaan.

5. Jangan Menahan Buang Air Besar

Jika Anda merasa perlu buang air besar, jangan menahannya. Menahan buang air besar hanya akan memperburuk sembelit.

Baca Juga: 5 Buah Ini Bantu Melancarkan BAB selama Bulan Puasa

6. Konsumsi Yogurt

Yogurt mengandung bakteri sehat yang dapat membantu memperbaiki kesehatan usus dan mencegah sembelit.

7. Pertimbangkan Konsultasi dengan Dokter

Jika sembelit Anda berlanjut atau parah, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Mereka dapat memberikan saran atau resep yang sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga: Pencernaan Auto Lancar, Yuk Coba Olahraga untuk Mengatasi Sembelit!

Demikianlah uraian cara mengatasi sembelit saat puasa yang bisa Anda coba. Sembelit saat puasa dapat menjadi masalah yang mengganggu.

Namun, langkah-langkah sederhana seperti di atas dapat membantu mengatasi bahkan mencegahnya. Penting untuk tetap memperhatikan pola makan dan gaya hidup Anda selama bulan puasa agar tetap sehat dan nyaman selama ibadah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News