Keluarga

7 Buah dan Sayur yang Kulitnya Aman Dimakan, Mengandung Lebih Banyak Nutrisi

7 Buah dan Sayur yang Kulitnya Aman Dimakan, Mengandung Lebih Banyak Nutrisi

MOMSMONEY.ID - Aman dimakan bersama kulitnya, beberapa buah dan sayuran mengandung beragam gizi dan nutrisi baik bagi tubuh.

Bahkan di beberapa jenis sayuran, bagian kulitnya justru mengandung setengah dari nutrisi yang sebenarnya.

Untuk menghindari terbuangnya gizi pada kulit buah dan sayur, yuk simak apa saja buah dan sayur yang kulitnya aman dimakan!

Buah persik

Buah Peach atau Persik

Buah persik atau yang lebih dikenal sebagai peach aman dimakan bersama kulitnya. Kulit halus pada buah ini kaya akan antioksidan, vitamin A, serat, dan karotenoid.

Rutin mengonsumsi buah persik akan mengurangi kemungkinan terkena katarak, serta dapat melancarkan sistem pencernaan.

Terong

Terong

Sayuran ungu ini aman dimakan bersama kulitnya yang mengandung banyak antioksidan.

Melansir dari webMD, kulit terong yang berwarna cenderung lebih gelap memiliki nutrisi lebih banyak daripada varietas terong berkulit terang.

Kentang

Kulit kentang kaya akan vitamin dan serat sehingga aman dikonsumsi. Selain dijadikan sebagai potato wedges, menu kulit kentang ini dapat dijadikan camilan unik, lho.

Caranya, cukup kumpulkan kulit kentang yang sudah dikelupas, kemudian campurkan dengan tepung terigu dan goreng hingga garing. Kulit kentang semakin enak dengan tambahan garam dan lada hitam.

Wortel

wortel

Nutrisi pada wortel tersebar merata di antara dagingnya dan kulitnya. Maka tak heran apabila ada sebagian orang yang mengonsumsi wortel bersama kulitnya sekaligus.

Adapun nutrisi bernama fitonutrien yang lebih terkonsentasi pada kulit wortel. Fitonutrien itu sendiri berfungsi sebagai penguat imun tubuh.

Mentimun

Melansir dari Times of India, kulit mentimun yang kerap dikonsumsi kaya akan aneka vitamin seperti vitamin K, potassium, serat, serta berkalori 0.

Banyak orang yang menjadikan mentimun sebagai salah satu menu diet karena dapat menurunkan berat badan.

Jeruk

Jeruk manis sunkist

Jangan salah, kulit jeruk dapat diolah menjadi aneka makanan yang enak dan aromatik.

Kulit jeruk dapat dijadikan manisan permen, bisa juga diparut tipisdengan sezter untuk tambahan rasa pada minuman seperti koktail, dikutip dari Food Network.

Apel

Buah Apel

Apel adalah buah-buahan yang paling sering kita konsumsi bersama kulitnya. Kulit apel mengandung sekitar setengah dari kandungan serat buahnya.

Jika Anda mengupas kulit apel, Anda juga akan kehilangan sekitar sepertiga kandungan vitamin C, vitamin A, dan potasium dalam apel.

Tak hanya itu, kandungan vitamin K empat kali lebih banyak ada pada kulit apel dibandingkan daging buahnya.

Itulah berbagai macam buah dan sayuran yang aman dimakan bersama kulitnya. Jadi mulai sekarang, jangan ragu konsumsi semua bagian buah di atas berama kulitnya, karena kulitnya mengandung banyak nutrisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News