Keluarga

7 Inspirasi Masakan Olahan Daging Kurban, dari Sate hingga Sop Buntut Ada di Sini

7 Inspirasi Masakan Olahan Daging Kurban, dari Sate hingga Sop Buntut Ada di Sini

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa menu inspirasi masakan olahan daging kurban yang bisa Anda buat untuk makan bersama di momen Idul Adha nanti.

Sate

Sate Jando

Sate adalah menu pertama yang terlintas di pikiran Anda saat ingin mengolah daging kurban, bukan? Bagaimana tidak, sate sangat mudah dibuat dan hanya memerlukan bahan dan bumbu yang tak terlalu banyak.

Selain itu, aneka jenis potongan daging dapat diolah jadi sate. Jadi, sate memang menu masakan paling aman untuk segala bagian daging yang didapatkan.

Baca Juga: Pakai 6 Bahan Tradisional Ini untuk Olah Daging Sapi Supaya Empuk

Gulai

Gulai bisa jadi inspirasi masakan olahan daging kurban yang cocok Moms hidangkan kepada keluarga.

Ada banyak jenis gulai di seluruh Nusantara, mulai dari gulai sapi, kambing, ayam, nangka, hingga gulai belacan khas Riau.

Gulai memiliki kekhasan berupa warna kuahnya yang kuning dan berasal dari berbagai rempah seperti kunyit, jahe, kemiri, lengkuas, adas, pala, hingga santan.

Tongseng

Daging kurban juga dapat diolah menjadi masakan seperti tongseng. Tongseng sendiri merupakan makanan sejenis gulai, namun memiliki bumbu yang lebih terasa yang berasal dari rempah-rempah.

Tongseng dibuat dengan daging yang masih melekat pada tulang, terutama iga dan tulang belakang. Umumnya, tongseng menggunakan daging kambing, tapi bisa juga menggunakan daging sapi.

Melansir dari Bango, aneka rempah yang digunakan dalam masakan tongseng di antaranya adalah jahe, kunyit, cabai, bawang putih, dan lada.

Baca Juga: Perbedaan 2 Jenis Daging Terbaik Sirloin vs Ribeye, Mana yang Lebih Enak dan Empuk?

Rawon

Rawon juga bisa jadi salah satu inspirasi masakan olahan daging kurban. Sup berkuah hitam pekat yang diambil dari bumbu kluwak ini asalnya dari daerah Ponorogo.

Menu rawon cocok disajikan sebagai salah satu masakan Lebaran yang dapat dihidangkan dengan aneka menu wajib lainnya seperti opor ayam hingga sambal goreng kentang.

Sop buntut

Resep Sop Buntut Sapi Sambal Kemiri

Baca Juga: Apakah Benar Hewan Kurban Harus Jantan? Begini Syarat Hewan Kurban Menurut Ulama

Jangan khawatir apabila Anda mendapat bagian daging kurban berupa buntut sapi. Anda dapat mengolahnya menjadi sop buntut yang beraroma.

Sop buntut dimasak dengan berbagai jenis rempah sehingga kuah maupun dagingnya punya cita rasa yang nendang abis. Tak hanya itu, kuah sop buntut juga mengandung kolagen super banyak yang baik untuk kulit, loh!

Semur daging

Semur juga bisa jadi salah satu inspirasi masakan olahan daging kurban yang wajib dihidangkan di meja makan saat perayaan Idul Adha.

Secara tampilan, semur daging mirip dengan rendang. Bedanya, jika rendang kuahnya sedikit bahkan tidak ada sama sekali, sedangkan semur daging berkuah cair.

Semur daging punya rasa manis & sedikit pedas. Poin utama semur terletak pada bumbu rahasianya, yakni kombinasi cengkih, pala, dan kayu manis.

Daging yang digunakan pun adalah daging sapi bagian has luar yang dipotong-potong.

Baca Juga: 6 Tips Memasak Daging Ala Chef Kelas Dunia, Hasilnya Matang Merata

Dendeng Balado

Dendeng daging

Jika daging kurban yang Anda dapatkan adalah bagian has dalam, Anda dapat mengolahnya menjadi dendeng balado khas Sumatera Barat.

Dendeng balado adalah jenis daging yang diiris tipis, direbus, dijemur, dan kemudian digoreng hingga garing.

Sambal yang digunakan pada menu olahan daging kurban, dendeng balado, ini tak terlalu pedas karena menggunakan jenis cabai yang besar-besar.

Itulah berbagai inspirasi masakan olahan daging kurban yang bisa Anda gunakan sebagai referensi memasak di momen Idul Adha nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News