Bugar

7 Cara Merawat Kuku Tangan Tanpa Harus ke Salon, Gimana?

 7 Cara Merawat Kuku Tangan Tanpa Harus ke Salon, Gimana?

MOMSMONEY.ID - Bisa rawat dari rumah, Anda bisa coba cara merawat kuku tangan tanpa harus ke salon. 

Kuku salah satu bagian tubuh yang bisa menarik perhatian orang. Jika ingin memiliki kuku sehat dan cantik, maka wajib untuk merawatnya. 

Anda bisa mencoba beberapa cara merawat kuku tangan tanpa harus ke salon, lo. Hanya dari rumah, Anda bisa memiliki kuku yang cantik.

Dengan perawatan kuku yang tepat, kuku bisa terlihat cantik secara alami. Bahkan dapat membuat tangan tampak lebih muda. Dilansir dari jovee.id, simak penjelasannya di bawah ini: 

1. Menjaga tangan selalu bersih

Pertama, cara merawat kuku adalah menjaga selalu kebersihan tangan Anda. Setelah mencuci tangan, pastikan kuku benar-benar bebas kotoran dengan terlebih dahulu menghilangkan semua sisa cat kuku menggunakan penghapus bebas aseton, yang tidak akan mengeringkan kuku.

Oleskan sabun ke sikat gigi yang bersih, lalu gosok perlahan kuku dan kulit di sekitarnya untuk menghilangkan kotoran dan mengelupas kulit mati tanpa bahan kimia yang keras dan mengeringkan

Baca Juga: 3 Resep Keripik Pisang Rasa Asin, Cokelat, dan Mentega

2. Memperlakukan kuku dengan lembut

Cara merawat kuku selanjutnya adalah perlakukan kuku dengan lembut. Kuku sangatlah halus, jadi perlakukan dengan lembut untuk merawatnya.

Hindari penggunaan alat logam di bawah kuku untuk mencongkel sudut-sudutnya, karena penggunaan yang sering dapat menyebabkan lempeng kuku terpisah dari kulit (suatu kondisi yang disebut onikolisis), yang umum terjadi pada orang berusia di atas 50 tahun.

Membersihkan rumah dengan bahan kimia, mencuci pakaian dengan deterjen menggunakan tangan, dan mencuci piring dengan tangan juga bisa melemahkan kuku. Lindungi mereka dengan mengenakan sarung tangan karet, vinil, nitril, atau plastik.

3. Menggunting kuku secara teratur

Anda harus menggunting kuku secara teratur, ya. Memotong kuku secara teratur adalah hal yang penting tetapi seringkali dilupakan.

Dengan memotong kuku secara teratur membuat kuku tidak mudah tersangkut dan patah. Jadi usahakan untuk memotongnya setiap dua minggu atau sesuaikan frekuensi dengan kebutuhan.

Yang paling penting adalah gunakan gunting kuku pribadi. Jangan saling meminjamkan gunting kuku sembarangan ya, karena ada risiko tertular hepatitis B.

Begitu pula hentikan hobi menggigiti kuku karena dikhawatirkan bisa berkembang menjadi jamur kuku.

4. Prioritaskan kesehatan kuku daripada panjangnya

Kemudian, prioritaskan kesehatan kuku daripada panjangnya. Kuku yang panjang memang terlihat elegan.

Tetapi jika kuku Anda tipenya mudah patah dan rapuh, sebaiknya jagalah kuku agar tetap pendek setidaknya untuk jangka waktu tertentu. Hal ini dapat membantu menjaga kuku agar tumbuh lebih kuat.

Model kuku yang lebih pendek dengan tepi membulat terlihat rapi dan cenderung lebih praktis untuk sehari-hari.

Baca Juga: 5 Variety Show Kuliner Baek Jong Won, Populer Semua

5. Selalu sediakan kikir kuku

Kikir kuku juga penting untuk selalu dibawa karena kikir kuku membantu mengikis bagian tepi kuku yang yang kasar.

Untuk hasil akhir yang paling halus, kikir kuku dalam satu arah mengikuti bentuk asli kuku Anda. Cobalah kikir kuku berbahan kaca (disebut juga kristal).

Kikir kaca akan menghasilkan tepian yang rata pada kuku dan dapat digunakan pada kuku yang paling lemah, rapuh, dan rusak sekalipun.

6. Rawat kutikula kuku

Cara merawat kuku berikutnya adalah dengan rawat kutikula kuku. Kutikula memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk menutup area di pangkal kuku.

Jadi pikirkan dua kali untuk memotong atau menghilangkan kutikula, karena dapat merusak lapisan pelindung tersebut.

Jika kutikula rusak, maka dapat membuat kuku Anda rentan terhadap bakteri dan kemungkinan infeksi (serta robekan yang menyakitkan dan tidak sedap dipandang).

7. Merawat peralatan kuku 

Terakhir, Anda juga harus merawat peralatan kuku. Mendisinfeksi peralatan kuku setiap kali digunakan sama pentingnya dengan membersihkan kuas riasan secara teratur.

Untuk menjaga kuku bebas dari infeksi, Dr. Prystowsky menyarankan untuk mencuci peralatan logam dengan sabun dan air lalu menyekanya dengan alkohol. Dan jangan lupa untuk rutin mengganti alat-alat sekali pakai, seperti amplas kuku (nail buffer).

Sekarang Anda sudah tahu cara merawat kuku tangan tanpa harus ke salon. Rawat kesehatan kuku Anda dari rumah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News