Bugar

7 Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari yang Benar, Tidak Sulit!

7 Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari yang Benar, Tidak Sulit!

MOMSMONEY.ID - Masih bisa diatasi, inilah cara mengatasi kulit terbakar Matahari yang benar.

Kulit terbakar atau sunburn adalah masalah kulit yang terjadi setelah kulit terpapar sinar ultravioulet (UV) berlebih dari Matahari. 

Sinar UV dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan bahkan kanker kulit jika terpapar terlalu lama tanpa perlindungan. 

Kemudian, Sinar UV akan menyebabkan kerusakan sel-sel kulit dan peradangan yang menimbulkan rasa panas dan perih, bahkan mengelupas.

Namun, Anda masih bisa mengatasi masalah ini. Dikutip dari anessa.id, berikut cara mengatasi kulit terbakar matahari yang benar, yaitu: 

1. Menghindari paparan sinar Matahari langsung

Pertama, Anda harus menghindari paparan sinar Matahari langsung ke kulit. Terutama dari pukul 10 pagi hingga 4 sore dimana sinar UV paling intens.

Gunakan pakaian yang menutupi tubuh seperti celana panjang, kemeja, topi, atau masker wajah untuk melindungi bagian tubuh yang terpapar Matahari.

Baca Juga: 6 Tips Siapkan Anggaran Renovasi Rumah Agar Keuangan Tetap Aman

2. Kompres dengan air dingin

Anda juga bisa mengatasi paparan sinar matahari yang terasa panas dan perih dengan melakukan kompres menggunakan air dingin.

Air dingin dapat membantu menjaga suhu tubuh agar tidak meningkat akibat rasa panas pada kulit yang terbakar.

3. Memakai pelembap

Cara mengatasi kulit terbakar matahari selanjutnya dengan memakai pelembap kulit alami seperti lidah buaya. Bahan alami ini kaya akan nutrisi dan mampu mempercepat proses penyembuhan kulit.

4. Minum air putih 

Kemudian, pentingnya minum air putih secukupnya untuk kesehatan kulit. Minum air putih dapat menjaga hidrasi tubuh dari dalam. 

Saat terkena panas Matahari, tubuh akan kehilangan banyak cairan melalui keringat. Jika cairan yang keluar tidak diganti dengan air putih, kulit tidak dapat terhidrasi dengan baik.

Baca Juga: 6 Tips Siapkan Anggaran Renovasi Rumah Agar Keuangan Tetap Aman

5. Menghindari produk yang mengandung alkohol atau bahan kimia

Anda harus menghindari produk yang mengandung alkohol atau bahan kimia agar kulit terbakar matahari tidak semakin parah. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan iritasi dan memperparah kondisi kulit yang sedang terbakar.

6. Memakai obat pereda rasa sakit

Berikutnya, sunburn bisa menimbulkan rasa sakit yang sangat mengganggu, sehingga diperlukan penggunaan obat pereda nyeri.

Namun, penting untuk memilih obat yang tepat dan tanpa efek samping berlebih. Obat pereda nyeri hanya boleh dikonsumsi berdasarkan rekomendasi dari dokter.

7. Rutin memakai sunscreen

Cara mengatasi kulit terbakar matahari lainnya adalah rutin memakai sunscreen. Karena sunscreen adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah terjadinya kulit terbakar karena sinar ultraviolet Matahari. 

Sunscreen berfungsi untuk membentuk perisai pelindung di permukaan kulit sehingga dapat menyaring dan menyerap radiasi UV.

Sekarang Anda sudah tahu cara mengatasi kulit terbakar Matahari. Segera rawat kulit dengan tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News