Santai

6 Tanaman Dalam Ruangan yang Bisa Tumbuh dari Daun, Cocok untuk Pemula

6 Tanaman Dalam Ruangan yang Bisa Tumbuh dari Daun, Cocok untuk Pemula

MOMSMONEY.ID - Bagi pemula, menanam tanaman hias dengan bibit yang mudah merupakan hal yang disukai. Ternyata, ada beberapa tanaman dalan ruangan yang bisa tumbuh dari daun, lo.

Ya, Anda bisa menanam tanaman dalam ruangan menggunakan daun saja. Tanaman dalam ruangan bisa tumbuh dari daun ini memiliki perawatan yang mudah.

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini tanaman dalam ruangan yang bisa tumbuh dari daun. 

1. Kalanchoe Bunga

Menanam tanaman ini dari daunnya prosesnya cukup mudah. Pilih daun yang sehat dan potong dengan sedikit batang yang menempel di ujungnya.

Biarkan menjadi kalus, lalu taruh atau tanam dalam pot berisi campuran awal benih, sirami dengan baik, dan letakkan di tempat yang daunnya mendapat cahaya terang tetapi tidak langsung.

Baca Juga: 8 Tanaman Hias untuk Anak, Aman dan Cocok Ditanam di Dalam Kamar

2. Peperomia 

Untuk menanam peperomia, ambil daun yang sehat dari pangkal batangnya. Anda dapat menggunakan seluruh daun atau memotongnya menjadi dua bagian lebarnya. Celupkan pinggiran daun ke dalam hormon perakaran, buat lubang kecil di media tanam, dan masukkan daun sedalam 1-2 cm ke dalam campuran pot.

Siram hingga bersih dan tutupi bagian atas pot dengan kantong plastik. Jaga tanaman yang akan datang dalam cahaya terang tidak langsung. Daun Anda akan berakar dalam 3-5 minggu.

Baca Juga: 7 Tanaman Hias Mengurangi Debu di Ruangan, Bantu Jaga Kebersihan Udara

3. Rex Begonia

- Carilah daun yang paling sehat dengan urat utama yang montok dan tidak rusak.

- Potong daun beserta batangnya.

- Sekarang, balikkan daunnya, dan potong urat di tengahnya. Pemotongan ini merupakan tempat tumbuhnya planlet baru.

- Setelah Anda selesai memotong semua, balikkan daunnya dan letakkan mendatar di atas pot dengan campuran tanah ringan.

- Untuk memastikan urat daun bersentuhan langsung dengan media tanam, gunakan peniti T untuk menekan daun dengan lembut dan benar ke media tanam.

- Anda juga bisa menggunakan kerikil untuk mencegah daun menggulung terlalu banyak , karena akan menghambat proses perbanyakan, namun berhati-hatilah agar tidak merusak daun perbanyakan.

- Setelah selesai, pastikan Anda memberikan kelembapan yang baik dan cahaya terang dan tidak langsung. Sering menyemprotnya dengan air hangat juga merupakan pilihan yang bagus.

- Daunnya mungkin memerlukan waktu hingga 6-8 minggu untuk berkembang biak dan akan tumbuh 1-2 tanaman per potong. 

4. Kaktus Telinga Kelinci

Potong bantalan atau kuping menggunakan pisau atau penjepit dari tanaman utama, atau cukup putar menggunakan tangan Anda. Biarkan mengering dan sembuh selama beberapa hari, lalu tunggu hingga kalus terbentuk.

Tanam bantalannya (10 hingga 20 persen saja) dalam pot berisi campuran kaktus, potong menghadap ke bawah. Simpan wadah di tempat yang mendapat cahaya terang namun tidak langsung.

5. Tanaman Giok

Salah satu tanaman hias terpopuler juga merupakan salah satu tanaman yang paling mudah ditanam dari daun! Yang harus Anda lakukan adalah memetik beberapa daun dan membiarkannya sembuh.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias yang Meningkatkan Produktivitas, Cocok untuk Kantor

Setelah agak kering dari sisi potongannya, letakkan di atas media tanam apa pun, dan lihat pertumbuhannya!

6. Lidah Buaya

Meskipun menanam lidah buaya dari daun dapat dilakukan, hal ini dapat memakan waktu dan tidak sesukses menanam tanaman ini dari bagian atau anakan. Anda harus sangat berhati-hati.

Potong daun sehat berukuran 4-6 inci dari tanaman lidah buaya dan biarkan membentuk lapisan tipis. Mungkin diperlukan waktu 1-2 minggu.

Nah, itulah beberapa tanaman dalam ruangan yang bisa tumbuh dari daun. Selamat mencoba untuk menanam hanya menggunakan daunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News