Keluarga

6 Manfaat Tidur Menggunakan Masker Mata, Yuk Biasakan!

 6 Manfaat Tidur Menggunakan Masker Mata, Yuk Biasakan!

MOMSMONEY.ID - Tidak banyak yang tahu, inilah 6 manfaat tidur menggunakan masker mata untuk kecantikan dan kesehatan.

Tidur dengan memakai masker mata ternyata bukan sekadar tren lho, Moms. Faktanya, memakai masker mata saat tidur menyimpan beragam manfaat positif terutama bagi kulit.

Dilansir dari laman Byrdie, Dr. Joshua Zeichner, MD, selaku dokter kulit bersertifikat dan David Rubin selaku pelatih ilmu tidur bersertifikat memaparkan 6 manfaat tidur menggunakan masker mata untuk kecantikan dan kesehatan. Berikut penjelasan selengkapnya yang patut Anda simak sampai akhir.

Baca Juga: Shopeepay Bagikan Rekomendasi 5 Aktivitas Ngabuburit

1. Melindungi kulit mata saat tidur

Manfaat tidur menggunakan masker mata yang pertama yaitu melindungi kulit mata saat tidur.

Saat tidur, kemungkinan besar kulit wajah Anda termasuk di bagian mata akan bergesekan dengan bantal, seprai, maupun selimut. Nah, mengenakan masker mata saat tidur akan memberikan lapisan pelindung untuk menghindari kerusakan kulit di sekitar mata akibat gesekan.

Sebaliknya, tidur tanpa memakai masker mata rentan mengganggu skin barrier dan menyebabkan peradangan.

Tidur tanpa memakai masker mata juga bisa menyebabkan lipatan fisik pada kulit yang berkontribusi terhadap munculnya kerutan. Ingat, kulit di sekitar mata sangatlah halus. Jadi, sebaiknya Anda mulai menerapkan kebiasaan ini nanti malam.

2. Mengurangi ketegangan

Manfaat tidur menggunakan masker mata yang kedua yaitu mengurangi ketegangan.

Jika Anda cenderung menahan ketegangan di wajah atau rentan terhadap sakit kepala dan migrain, mengenakan masker mata saat tidur dapat membantu meringankan gejalanya.

Biasanya, masker mata yang berkualitas mengandung microbeads kecil yang menawarkan kompresi untuk membuat pemakainya merasa nyaman saat tidur.

Plus, bisa membantu meredakan ketegangan di sekitar mata serta sakit kepala atau migrain di malam hari.

3. Meningkatkan kualitas tidur saat bepergian

Manfaat tidur menggunakan masker mata yang ketiga yaitu meningkatkan kualitas tidur saat bepergian.

Tidak peduli seberapa banyak Anda merencanakan atau mencoba menyesuaikan diri dengan jadwal baru saat bepergian, tidur tanpa gangguan merupakan hal yang cenderung sulit didapatkan tatkala Anda dalam perjalanan.

Kabar baiknya, masker mata mampu membantu Anda merasa normal dan tidur lebih nyenyak di lingkungan baru.

Yang paling penting, masker mata mudah dibawa ke mana-mana serta dapat digunakan di dalam mobil maupun kendaraan umum sekali pun.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Memicu Kolesterol Tinggi, Anda Harus Tahu!

4. Mengurangi bengkak

Manfaat tidur menggunakan masker mata yang keempat yaitu mengurangi bengkak.

Masker mata yang berkualitas mampu memberikan tekanan fisik pada kulit di bawah mata dan menghilangkan kelebihan cairan yang menyebabkan kantong mata membengkak.

Bahkan, tidur dengan masker mata juga bisa membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata sampai taraf tertentu lho.

Untuk jenis masker mata yang memiliki sifat mendinginkan, itu dapat membantu menghilangkan bengkak dengan cara menyempitkan pembuluh darah.

5. Menyembuhkan kulit

Manfaat tidur menggunakan masker mata yang kelima yaitu menyembuhkan kulit.

Kulit kita menggunakan momen tidur sebagai kesempatan untuk menyembuhkan diri sendiri dari kerusakan yang mungkin dialaminya di siang hari.

Sebaliknya, saat Anda tidak tidur, kadar kortisol dalam tubuh Anda akan tetap tinggi. Adapun kondisi ini dapat mengganggu penyembuhan luka, memicu gangguan pada skin barrier, dan bahkan menyebabkan munculnya jerawat.

Menariknya, memakai masker mata saat tidur mampu membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih baik.

6. Meningkatkan fase tidur REM

Manfaat tidur menggunakan masker mata yang keenam yaitu meningkatkan fase tidur REM.

Masker mata dapat memberikan kegelapan total yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan dengan memastikan Anda tidak terganggu oleh cahaya eksternal.

Adapun sedikit gangguan di malam hari termasuk cahaya yang minim akan memberikan lebih banyak fase tidur REM. Mengutip Halodoc, fase tidur REM (Rapid Eye Movement) atau disebut juga sebagai tidur bermimpi adalah fase terakhir dan terdalam dari tidur.

Menurut The National Sleep Foundation, fase tidur REM didefinisikan sebagai tahap tidur di mana sebagian besar mimpi kita terjadi, terhitung sejak 25% dari waktu tidur. Fase ini sangat penting karena bisa merangsang area otak yang berhubungan dengan pembelajaran dan memori.

Demikian 6 manfaat tidur menggunakan masker mata untuk kecantikan dan kesehatan. Anda bisa memilih masker mata berbahan sutra karena cenderung lembut untuk kulit. Hindari masker mata berbahan sintetis seperti polyester dan jangan lupa untuk mencucinya secara teratur.

Apabila Anda tidak membersihkan wajah sebelum tidur atau banyak berkeringat, disarankan untuk mencuci masker mata setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News