Santai

6 Makanan Tinggi Protein Ini Bantu Tambah Massa Otot Tubuh

6 Makanan Tinggi Protein Ini Bantu Tambah Massa Otot Tubuh

MOMSMONEY.ID - Dikenal bisa membuat otot tumbuh, ini sederet jenis makanan tinggi protein yang bisa dikonsumsi.

Makanan tinggi protein merupakan sumber makanan penting yang wajib dikonsumsi jika ingin menambah massa otot pada tubuh, selain dengan berolahraga.

Ada beberapa jenis makanan yang ternyata mengandung tinggi protein dan bisa dikonsumsi untuk menambah massa otot tubuh. Berikut daftarnya:

Baca Juga: Biasa Dikonsumsi Saat Diet, Ini 4 Manfaat Makan Makanan Rebus Buat Kesehatan

Yogurt

Yogurt yang dimaksud adalah jenis plain yogurt atau greek yogurt ya. Kedua jenis yogurt tersebut adalah jenis yang memiliki kandungan tinggi protein.

Sedangkan yogurt yang memiliki rasa-rasa cenderung sudah ditambah banyak jenis gula dan mengurangi kadar proteinnya. Coba konsumsi plain yogurt atau greek yogurt saat sarapan untuk menambah kadar protein dalam tubuh.

Telur

Sudah bukan rahasia lagi, ya, jika telur merupakan sumber makanan tinggi protein yang banyak dikonsumsi dalam program diet. Putih telur adalah bagian yang mengandung tinggi protein.

Sehingga, banyak yang hanya mengonsumsi putih telur untuk menambah massa otot. Padahal jika dikonsumsi secara utuh, putih dan kuning telur bisa memberikan tambahan vitamin, nutrisi, mineral, anti oksidan, dan lemak baik.

Baca Juga: Bukan Cuma Smoothie, Coba 6 Snack Pre-Workout Enak Ini Sebelum Olahraga

Dada ayam

Selain kedua makanan tersebut, dada ayam juga bisa dikonsumsi untuk menambah protein dalam tubuh. Dada ayam merupakan jenis makanan yang mengandung tinggi protein hingga 27 gram dalam setiap 86 gram.

Selain bisa menambah kandungan protein dalam tubuh, dada ayam juga mengandung beragam jenis vitamin B dan mineral seperti zinc dan selenium. Yang tentunya baik untuk dikonsumsi bagi kesehatan tubuh.

Salmon

Salmon merupakan jenis ikan berlemak yang mengandung banyak kandungan omega-3. Ikan salmon adalah jenis ikan sehat, yang menurut laman Medical News Today, merupakan sumber makanan tinggi protein.

Mengonsumsi salmon dalam diet bisa membuat tubuh menjadi merasa kenyang lebih lama. Sebab, kandungan protein dalam salmon akan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang cenderung lebih lama.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Penting Ini Agar Terhindar dari Cedera Saat Olahraga

Tempe

Merupakan makanan khas Indonesia, tempe juga salah satu sumber makanan tinggi protein yang mudah didapatkan. Selain murah, tempe juga mengandung tinggi protein hingga mencapai 20 gram per 100 gramnya.

Selain tempe, makanan nabati lainnya seperti tahu atau tofu juga mengandung tinggi protein, lo.

Kacang almond

Bagi penganut gaya hidup vegan atau plant-based, almond bisa dikonsumsi sebagai makanan tinggi protein. Satu ons almond bisa mengandung 6gram protein.

Laman Health Line menyebutkan, selain mengandung tinggi protein, almond juga banyak mengandung nutrisi serat, vitamin E, magnesium, dan bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Cobalah untuk mengganti snack dengan menyiapkan almond beserta jenis kacang-kacangan tinggi protein lainnya. Misalnya, pistachio dan cashew atau kacang mete yang juga tinggi protein.

Itulah tadi beragam jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk menambah kadar protein pada tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News