Keluarga

6 Makanan Penambah Kadar Magnesium Secara Alami, dari Ikan hingga Alpukat

6 Makanan Penambah Kadar Magnesium Secara Alami, dari Ikan hingga Alpukat

MOMSMONEY.ID - Berikut ini makanan penambah kadar magnesium secara alami.

Magnesium merupakan salah satu jenis mineral penting yang memainkan fungsi vital pada tubuh. Terdapat lebih dari 300 reaksi kimia di tubuh yang bergantung pada jenis mineral ini.

Beberapa fungsi magnesium di antaranya dapat mengatur tekanan darah, mengatur gula darah, kontraksi otot, fungsi saraf, menjaga kepadatan tulang, hingga mengatur metabolisme.

Mengutip dari WebMD, jika tubuh kekurangan magnesium, maka saraf, irama jantung, gula darah, bahkan tulang & sendi pada tubuh tidak akan dapat bertahan. Sebab magnesium membantu tubuh memproduksi protein, tulang, dan DNA.

Baca Juga: 7 Buah dan Sayur yang Paling Sedikit Kandungan Nutrisinya, Ada Apa Saja?

Magnesium

Lantas, bagaimana cara agar produksi magnesium dalam tubuh selalu berjalan lancar? Cara paling efektif adalah dengan mengonsumsi aneka makanan sehat, terutama makanan penambah kadar magnesium.

Berikut ini beberapa jenis makanan penambah kadar magnesium secara alami yang baik untuk tubuh. Jangan lupa konsumsi makanan yang satu ini.

Kacang-kacangan

Kacang kacangan seperti almond, kacang tanah, mede, dan jenis kacang lainnya merupakan makanan penambah kadar magnesium, lemak sehat, dan juga protein yang baik, dikutip dari Prevention.

Setiap 1 ons kacang panggang yang Anda konsumsi, maka tubuh akan menyerap sebanyak 76,5 mg magnesium.

Baca Juga: 7 Jenis Magnesium Berbeda dan Khasiatnya bagi Tubuh, Ada yang Bisa Obati Kecemasan!

Bayam & sayuran hijau

sayur bayam

Bayam dan sejenis sayuran hijau lainnya juga merupakan sumber magnesium yang baik untuk tubuh.

Dalam 1 cangkir bayam mentah, terdapat sebanyak 24 mg magnesium, lho! Sementara jika bayam matang, maka kandungan magnesiumnya bertambah hingga menghasilkan 157 mg.

Tentu mengonsumsi bayam setiap hari dapat membantu tubuhmu memproduksi darah merah lebih banyak yang dapat mengantarkan oksigen ke otak dan seluruh tubuh.

Baca Juga: 7 Tanda Mengerikan Akibat Dehidrasi yang Jarang Disadari, Bikin Otak Mengecil!

Cokelat hitam

Cokelat hitam juga salah satu makanan dengan kadar magnesium paling tinggi, yakni 1 ons mencapai 65 mg atau setara memenuhi 15% dari angka kebutuhan harian tubuh.

Tak cuma magnesium, cokelat hitam juga mengandung tembaga, zat besi, mangan, dan serat prebiotik yang memberi makan bakteri baik di usus.

Alpukat

buah alpukat dapat mengurangi lemak perut

Dilansir dari Healthline, dalam buah alpukat ukuran sedang tersedia sebanyak 58 mg magnesium atau setara dengan memenuhi sekitar 14% dari angka kebutuhan harian.

Baca Juga: Sering Kram dan Tremor? Hati-hati, Inilah 1 dari 7 Gejala Kekurangan Magnesium

Riset juga membuktikan bahwa rutin mengonsumsi alpukat bisa mengurangi peradangan, meningkatkan rasa kenyang setelah makan, hingga memperbaiki kadar kolesterol.

Tahu

Tahu goreng

Dalam satu porsi tahu berukuran 100 gram, terdapat 35 mg magnesium yang memenuhi 8% kebutuhan harian tubuh.

Dalam satu porsi itu pula, tahu menyediakan 10 gram protein & sejumlah selenium, kalsium, zat besi, dan mangan yang berguna untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Sering Dianggap Baik, Waspadai Ternyata 6 Suplemen Ini Berbahaya Bagi Tubuh

Ikan

Makanan laut seperti salmon, mackerel, dan halibut merupakan sumber magnesium yang baik.

Per 100 gram, salmon menyediakan magnesium sebanyak 27 mg. Sementara tuna menyediakan 44 mg gram magnesium yang dapat dengan mudah Anda tambahkan ke dalam asupan sehari-hari.

Itu dia sederet makanan penambah kadar magnesium secara alami yang berguna untuk segala jenis reaksi kimia dalam tubuh.

Selanjutnya: Faktor Risiko Serangan Jantung dan Cara Mencegahnya, Ayo Cek di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News