Santai

6 Langkah Memperbaiki Jam Tidur Malam Agar Berkualitas dan Nyenyak

6 Langkah Memperbaiki Jam Tidur Malam Agar Berkualitas dan Nyenyak

MOMSMONEY.ID - Untuk mendapatkan tidur malam dengan kualitas bagus, coba praktikkan beberapa langkah memperbaiki tidur malam berikut ini.

Tidur malam merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan untuk mengisi kembali tenaga dan beristirahat setelah seharian bekerja.

Untuk bisa tidur dengan nyenyak bukanlah hal yang mudah dilakukan banyak orang. Ada beberapa orang yang kesulitan tidur di malam hari karena banyak faktor seperti stres dan gangguan tidur.

Lalu, apakah ada cara untuk memperbaiki jadwal tidur malam yang sudah telanjur terganggu? Tenang saja, berikut ada beberapa langkahnya.

Baca Juga: Bisa Terjadi Kapan Saja, Kenali 5 Cara Mengatasi dan Mencegah Burnout Ini yuk

Kurangi melihat cahaya biru

Cahaya biru yang datang dari ponsel atau layar komputer sebaiknya mulai dikurangi jika ingin mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari. 

Melansir dari laman Health Line, cobalah untuk tidak menggunakan gadget dua jam sebelum tidur malam yang bisa menjadi tanda bagi tubuh untuk terus beraktivitas layaknya di siang hari. 

Coba ganti dengan membaca buku selama 30 menit sebelum tidur. Perhatikan juga lingkungan tempat tidur dan coba miliki suasana tidur yang nyaman dan terhindar dari banyak gadget, ya.

Atur situasi kamar

Mengatur situasi kamar menjadi tempat yang nyaman dan bersih juga perlu dilakukan agar bisa tidur nyenyak di malam hari. Untuk mulai memperbaiki jadwal tidur di malam hari, siapkan kamar yang bersih, nyaman, dan memiliki suhu ruang yang tepat.

Sebaiknya, hindari melakukan pekerjaan, makan, hingga bermain ponsel di atas kasur, ya. Sebab tempat tidur sebaiknya hanya digunakan untuk tidur agar tercipta atmosfer menenangkan.

Baca Juga: Merasa Tak Punya Emosi? Ketahui Emotional Numbness dan Tandanya Berikut Ini

Konsisten

Hal utama yang menjadi kunci ketika ingin memperbaiki jam tidur malam adalah dengan menerapkan konsistensi. Menurut laman Byrdie, mengikuti rutinitas yang konsisten dapat menjadi cara berguna untuk membiasakan tubuh dan pikiran terbiasa tidur ketika tiba waktunya tidur.

Apalagi, tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari juga penting untuk menjaga ritme sirkadian yang dapat membantu mendapatkan tidur lebih baik di malam hari.

Perhatikan makanan dan minuman

Langkah selanjutnya untuk memperbaiki jadwal tidur di malam hari adalah dengan memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum tidur.

Hindari untuk mengonsumsi makanan yang terlalu berat atau mengandung karbohidrat tinggi sebelum tidur. Hindari juga mengonsumsi kafein atau alkohol yang juga membuat tidur malam menjadi tidak nyenyak dan tidak berkualitas.

Baca Juga: 6 Ide Kencan Rumahan Ini Bisa Dilakukan di Rumah Semua lo

Olahraga

Olahraga rutin bisa juga membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Ada korelasi antara hubungan olahraga dan kualitas tidur yang meningkat, loh.

Olahraga bisa menciptakan situasi “lelah” yang baik dan akhirnya memaksa tubuh untuk beristirahat bahkan di malam hari.

Meditasi

Berlatih meditasi sebelum tidur dapat membantu mencegah gangguan tidur dan meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan. Sebab, kegiatan meditasi ini bisa membawa rasa tenang pada pikiran, tubuh, dan jiwa.

Serta mampu menghasilkan keadaan yang lebih rileks saat akan tidur dan secara umum memberikan hasil tidur yang positif.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa digunakan untuk memperbaiki jam tidur malam yang berantakan. Cobain, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News