Keluarga

6 Kelebihan Physical Sunscreen Dibandingkan Chemical Sunscreen, Benarkah Lebih Aman?

6 Kelebihan Physical Sunscreen Dibandingkan Chemical Sunscreen, Benarkah Lebih Aman?

MOMSMONEY.ID - Inilah 6 kelebihan physical sunscreen dibandingkan chemical sunscreen yang harus Anda tahu.

Physical sunscreen atau disebut juga mineral sunscreen sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar skincare. Ini tidak terlepas dari banyaknya produk physical sunscreen yang bermunculan di pasaran.

Dibandingkan chemical sunscreen, physical sunscreen cenderung menyebabkan whitecast yang mungkin kurang nyaman bagi sebagian orang. Kendati demikian, physical sunscreen punya banyak kelebihan yang tidak dimiliki chemical sunscreen lho.

Bisa jadi bahan pertimbangan, berikut 6 kelebihan physical sunscreen dibandingkan chemical sunscreen sebagaimana dilansir dari Purplle.

Baca Juga: Kapan Harus Pakai Sunscreen? Ini 5 Waktu yang Tepat untuk Memakai Sunscreen

1. Memberikan perlindungan kulit yang sangat baik

Kelebihan physical sunscreen yang pertama yaitu mampu memberikan perlindungan kulit yang sangat baik.

Spektrum penuh radiasi terdiri dari sinar UVA dan UVB. Artinya, kedua sinar ini cukup kuat untuk menembus awan dan kaca. Serta, memiliki efek penuaan dini pada kulit yang menyebabkan bintik-bintik hitam, garis-garis halus, dan kerutan.

Untungnya, physical sunscreen mengandung titanium dioxide dan zinc oxide yang mampu melindungi kulit dengan baik dari paparan sinar UVA dan UVB.

Saat memilih physical sunscreen, pastikan ada label “spektrum luas” atau “broad spectrum” pada kemasannya. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa physical sunscreen tersebut benar-benar bisa menyaring radiasi sinar UVA dan UVB.

2. Aman untuk kulit sensitif

Kelebihan physical sunscreen yang kedua yaitu aman untuk kulit sensitif.

Physical sunscreen tidak langsung terserap ke dalam kulit layaknya chemical sunscreen. Sehingga, physical sunscreen hanya menempel di permukaan kulit. Hal ini menjadikan physical sunscreen memiliki kemungkinan yang kecil menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

Sebaliknya, chemical sunscreen dapat menyebabkan dermatitis kontak fotoalergi karena bahan-bahannya cenderung menembus ke dalam kulit.

Jadi, apabila Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya pilihlah physical sunscreen karena formulanya dapat ditoleransi dengan baik oleh kulit sensitif.

3. Tidak perlu ditunggu

Kelebihan physical sunscreen yang ketiga yaitu tidak perlu ditunggu.

Agar dapat bekerja maksimal, chemical sunscreen harus benar-benar terserap oleh kulit. Hal ini tentu membutuhkan waktu ekstra sebelum Anda bisa beraktivitas di luar ruangan.

Berbeda dengan chemical sunscreen, Anda bisa langsung pergi keluar rumah sesaat setelah menggunakan physical sunscreen. Inilah salah satu kelebihan physical sunscreen.

Kenapa bisa begitu? Karena, physical sunscreen hanya memantulkan sinar dengan tetap berada di permukaan kulit. Alhasil, Anda tidak perlu menunggu hingga physical sunscreen terserap untuk mendapatkan perlindungan langsung terhadap sinar matahari.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sunscreen Gel Terbaik, Ringan dan Mudah Menyerap

4. Kecil kemungkinan menyebabkan jerawat

Kelebihan physical sunscreen yang keempat yaitu kecil kemungkinan menyebabkan jerawat.

Tidak sedikit orang yang enggan menggunakan sunscreen karena takut menyebabkan jerawat. Hal ini tidak mengherankan, karena memang chemical sunscreen diketahui dapat terserap ke dalam kulit dan memperburuk jerawat. Sementara itu, physical sunscreen dapat menyumbat pori-pori.

Namun, berkat evolusi dalam industri kosmetik, kini banyak physical sunscreen yang mampu melindungi jenis kulit acne-prone atau rentan berjerawat.

Cukup cari physical sunscreen berlabel “non-comedogenic”guna menghindari pori-pori tersumbat penyebab jerawat.

5. Mudah diaplikasikan kembali

Kelebihan physical sunscreen yang kelima yaitu mudah diaplikasikan kembali.

Umumnya, sunscreen perlu diaplikasikan ulang (re-apply) setiap 2 jam agar mampu bekerja secara efektif.

Apabila Anda sering menggunakan makeup, Anda bisa melakukan re-apply sunscreen dengan mudah menggunakan physical sunscreen.

Physical sunscreen terbilang aman untuk diaplikasikan di atas makeup tanpa membuatnya rusak.

6. Aman untuk anak-anak

Kelebihan physical sunscreen yang keenam yaitu aman untuk anak-anak.

Physical sunscreen tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa terserap ke lapisan kulit lebih dalam. Plus, hanya menempel di permukaan kulit untuk menyaring sinar UV. Kedua faktor ini menjadikan physical sunscreen sangat aman untuk anak-anak.

Physical sunscreen hanya berfungsi sebagai penghalang fisik antara kulit dan sinar matahari tanpa melibatkan cairan tubuh dalam prosesnya. Sehingga, benar-benar aman dan bermanfaat untuk kulit anak-anak dibandingkan chemical sunscreen.

Itulah 6 kelebihan physical sunscreen dibandingkan chemical sunscreen. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengganti sunscreen Anda dengan physical sunscreen?

 

Selanjutnya: Asumsi Kurs Rupiah Rp 16.000 per Dolar AS di 2025, Ini Kata Kalbe Farma (KLBF)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News