Keluarga

Kapan Harus Pakai Sunscreen? Ini 5 Waktu yang Tepat untuk Memakai Sunscreen

Kapan Harus Pakai Sunscreen? Ini 5 Waktu yang Tepat untuk Memakai Sunscreen

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 waktu yang tepat untuk memakai sunscreen di sini.

Sunscreen merupakan salah satu produk perawatan kulit paling dasar. Sunscreen sangat disarankan untuk digunakan setiap hari mengingat isu pemanasan global yang kian meningkat.

Dengan memakai sunscreen setiap hari, kulit Anda akan terlindungi dari kerusakan akibat sinar UV, penuaan dini, hingga kanker kulit.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk memakai sunscreen? Melansir Labore, berikut 5 waktu yang tepat untuk memakai sunscreen.

Baca Juga: 14 Tips Diet Sehat untuk Dapatkan Berat Badan Ideal, yuk Intip di Sini!

1. Pagi hari

Waktu yang tepat untuk memakai sunscreen pertama yaitu pada pagi hari.

Sebagai basic skincare, sunscreen akan bekerja maksimal saat digunakan pada pagi dan siang hari. Jadi, pastikan Anda tidak lupa memakai sunscreen setiap pagi ya, Moms.

Meskipun Anda tidak berencana untuk keluar rumah atau terpapar sinar matahari secara langsung, namun penggunaan sunscreen tetap disarankan. Memakai sunscreen di pagi hari akan sangat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, walaupun Anda hanya berada di dalam rumah.

Perlu Anda tahu bahwa sinar UV dapat menembus kaca jendela dan menyebabkan kerusakan kulit. Bahkan, cahaya dari lampu dan peralatan elektronik juga dapat menyebabkan kerusakan kulit jika tidak dilindungi dengan sunscreen. Oleh karena itu, selalu ingat untuk mengaplikasikan sunscreen setiap pagi guna membantu memastikan kulit terlindungi sepanjang hari.

2. Saat berada di luar ruangan

Waktu yang tepat untuk memakai sunscreen kedua yaitu saat berada di luar ruangan.

Paparan sinar matahari cenderung kuat terutama di tempat yang terbuka seperti taman, lapangan, dan trotoar. 

Ingat, sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kulit bahkan dalam waktu yang sangat singkat. Jika kulit tidak dilindungi dengan sunscreen, paparan sinar matahari akan meningkatkan risiko kerusakan kulit termasuk sunburn, penuaan dini, dan kanker kulit.

Oleh sebab itu, penting untuk selalu menggunakan sunscreen tatkala beraktivitas di luar ruangan yang mengharuskan Anda terpapar sinar matahari secara langsung.

3. Saat beraktivitas di dalam air atau pantai

Waktu yang tepat untuk memakai sunscreen ketiga yaitu saat beraktivitas di dalam air atau pantai.

Kegiatan di air seperti berenang, berlayar, atau berjemur di pantai diketahui berpotensi meningkatkan risiko kerusakan kulit. Pasalnya, air dan pasir dapat memantulkan sinar UV secara efektif. 

Itulah mengapa, penggunaan sunscreen yang tahan air menjadi sangat penting dalam situasi ini agar kulit senantiasa terlindungi.

Pastikan untuk memakai sunscreen dengan SPF yang cukup tinggi dan mengaplikasikannya secara merata ke seluruh tubuh, terutama pada area yang rentan terpapar sinar matahari.

Baca Juga: 4 Benda Ini Perlu Anda Singkirkan dari Dapur

4. Setelah menggunakan skincare yang mengandung AHA, BHA, atau retinol

Waktu yang tepat untuk memakai sunscreen keempat yaitu setelah menggunakan skincare yang mengandung AHA, BHA, atau retinol.

Produk perawatan kulit yang mengandung retinol, AHA, dan BHA dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari serta bisa meningkatkan risiko terbakar atau kerusakan kulit. 

Kabar baiknya, penggunaan sunscreen pada keesokan paginya dapat membantu melindungi kulit dari efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan skincare yang mengandung bahan-bahan tersebut.

5. Saat berkendara atau berada di dalam kendaraan

Waktu yang tepat untuk memakai sunscreen kelima yaitu saat berkendara atau berada di dalam kendaraan.

Ternyata, sinar UV dapat menembus kaca kendaraan dan menyebabkan kerusakan kulit, terutama pada bagian wajah dan tangan yang terpapar langsung.

Maka dari itu, pemakaian sunscreen selama berkendara sangat disarankan, terutama jika Anda sering melakukan perjalanan jarak jauh atau menghabiskan banyak waktu di dalam mobil.

Sebaiknya, pilihlah sunscreen yang tahan air serta memiliki perlindungan UVA dan UVB untuk melindungi kulit Anda sepenuhnya.

Demikian 5 waktu yang tepat untuk memakai sunscreen. Setelah mengetahuinya, jangan malas lagi pakai sunscreen dan re-apply setiap 2 jam sekali ya, Moms!

 

Selanjutnya: Kata Menhub Budi Karya Sumadi Terkait Subsidi KRL Berbasis NIK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News