Keluarga

6 Ide Kreasi Olahan Puff Pastry Instan, dari Bolen Pisang hingga Croissant

6 Ide Kreasi Olahan Puff Pastry Instan, dari Bolen Pisang hingga Croissant

MOMSMONEY.ID - Hanya dengan menggunakan adonan puff pastry instan yang biasa tersedia di supermarket, Anda bisa mengkreasikan banyak olahan kue yang tak kalah lezat dari toko pastry terkenal, lho!

Melansir dari Kompas, puff pastry merupakan adonan kue berbentuk lembaran yang dibuat dari tepung terigu & mentega, tanpa tambahan ragi.

Dari selembar adonan puff pastry, Anda bisa mengolahnya jadi beragam kue lezat yang mudah dibuat.

Nah, berikut ini MomsMoney sajikan aneka ide olahan puff pastry yang bisa Anda tiru di rumah.

Baca Juga: Mengenal 7 Sambal Unik di Dunia, Ada yang Menyengat sampai ke Hidung

Bolen pisang

Olahan Puff Pastry Bolen pisang

Salah satu ide olahan puff pastry adalah bolen pisang khas Bandung yang sudah sangat terkenal.

Bolen pisang, singkatan dari bolu molen pisang, terbuat dari 1 isian pisang & 2 lapis puff pastry yang menutupinya, persis seperti sandwich. Bagian atas bolen pisang akan dilapisi oleh kuning telur supaya warnanya kuning cerah.

Zuppa Soup

Sering menyantap zuppa soup? Bagian kue krispi di atas mangkuk dibuat dari adonan puff pastry, lho! Puff pastry ternyata cocok dipadukan dengan sup krim. Dan jadilah sajian zuppa soup yang kita kenal.

Baca Juga: Perbedaan 3 Bumbu Masakan Indonesia: Terasi, Belacan, dan Petis dari Bahan-Rasa

Palmier

Olahan Puff Pastry Palmier

Palmier, kue asal Prancis berbentuk kuping gajah atau menyerupai bentuk love adalah kue yang terbuat dari 3 bahan saja, yakni puff pastry, mentega, dan gula.

Untuk bisa membuat kue ini sebenarnya sangatlah mudah. Melansir Tulip Chocolate, Anda hanya perlu menggulung adonan puff pastry ke bagian dalam dari 2 arah yang berbeda. Lalu kue akan dipanggang hingga matang.

Turnover

Olahan Puff Pastry Turnover

Turnover adalah salah satu kreasi puff pastry berbentuk segitiga yang biasa diisi oleh aneka isian buah seperti apel atau buah nanas, kemudian diisi sirup ataupun pasta cokelat.

Kue olahan puff pastry, Turnover, ini sebenarnya cukup mirip dengan kue pastel isi sayuran yang juga menggunakan adonan dari puff pastry.

Baca Juga: Jenis Pisang Paling Popular di Indonesia, Ada yang Manis hingga Asam lo

Cinnamon roll

Kue lezat Cinnamon Roll merupakan salah satu kreasi ide olahan puff pastry yang kerap disajikan di wilayah Amerika & Eropa. Di Swiss, Cinnamon Roll lebih dikenal dengan sebutan Kanelbulle.

Untuk membuatnya, Anda tak perlu lagi menggiling adonan. Sebab cinnamon roll memang dibuat dalam ukuran jumbo.

Croissant

Croissant

Baca Juga: Ala Thai Resto, Ini 5 Makanan Khas Thailand yang Jadi Inspirasi Menu Buka Puasa

Pastry lezat croissant bisa dibuat dengan mudah hanya menggunakan adonan puff pastry instan yang dijual di banyak supermarket.

Sedikit saran oleh baker Yoel Natanael Wijaya yang dikutip dari Kompas mengungkapkan agar adonan puff pastry yang dipakai harus berada pada suhu ruang. Ini ditujukan agar adonan lebih mudah diolah.

Adonan juga harus digiling kembali jika dirasa memiliki tekstur yang masih cukup tebal. Kemudian, potonglah menyerupai bentuk segitiga, lalu gulung perlahan.

Itulah deretan ide kreasi olahan puff pastry yang bisa Anda coba buat di rumah hanya dari bahan puff pastry instan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News