Keluarga

6 Cara Merayakan Natal Meriah dengan Budget Terbatas, Perlu Diikuti!

6 Cara Merayakan Natal Meriah dengan Budget Terbatas, Perlu Diikuti!

MOMSMONEY.ID - Tak perlu mengeluarkan banyak uang menjelang pergantian tahun, terutama saat Natal akan tiba. Karena Anda dapat tetap merayakan natal dengan budget terbatas lewat cara-cara berikut ini.

Untuk yang sedang berhemat uang, Anda tetap bisa merayakan Natal yang meriah bersama keluarga tanpa harus mengeluarkan budget berlebihan.

Bagaimana caranya? Yuk ikuti langkah-langkahnya berikut yang dilansir dari Love To Know, Eyowo, dan Heritage:

Baca Juga: Berbeda dan Lebih Menyenangkan, Coba 6 Cara Seru Menyambut Natal Sepanjang Desember

Siapkan anggaran terencana

Uang

Untuk dapat menghemat budget natal, anda wajib menyiapkan anggaran untuk mengantisipasi adanya pengeluaran yang tak terduga.

Melansir Eyowo, anggaran keuangan akan dapat mengendalikan keputusan keuangan yang bijaksana agar anda tak mengeluarkan uang berlebihan untuk hal-hal yang tak dibutuhkan.

“Berpegang teguh pada anggaran adalah cara yang baik untuk menghindari hutang di tahun berikutnya,” saran Investopedia yang dikutip dari Eyowo.

Baca Juga: Jauh dari Keluarga, Tiru 6 Cara Atasi Kesepian saat Hari Natal Tiba Menurut Psikolog

Buat daftar prioritas

Untuk dapat mengelola keuangan sekaligus merayakan Natal dengan budget terbatas, buatlah daftar prioritas tentang apa yang akan Anda lakukan di hari Natal tiba.

Daftar prioritas ini termasuk juga jumlah orang yang akan anda kirimi hadiah, acara yang akan anda ikuti, tempat liburan saat akhir tahun, hingga pakaian/gaya apa yang ingin anda tampilkan ketika Natal & Tahun Baru.

Setelah semua terdata, prioritaskan orang-orang dan kegiatan yang penting juga dibutuhkan terlebih dahulu. Coret daftar orang yang tak penting. Anda juga dapat mengganti daftar liburan/acara yang akan anda ikuti.

Baca Juga: 5 Tradisi Unik Perayaan Natal di Negara-negara Asia, Ada dari Taiwan-Suriah!

Bikin hiasan natal sendiri

Jika biasanya Anda membeli banyak hiasan Natal di mal, maka untuk menghemat budget, cobalah membuat hiasan Natal sendiri.

Hiasa-hiasan ini bisa berupa origami yang dapat digantungkan menjadi hiasan pohon Natal, atau bisa juga digantungkan di sekeliling pintu rumah.

Jangan lupa siapkan spidol warna-warni, tali, lem, dan aneka gantungan mungil yang Anda miliki untuk dijadikan hiasan Natal.

Cetak sendiri kartu ucapan natal

Kartu ucapan natal

Tak perlu susah payah membeli kartu ucapan Natal, sebab Anda dapat mencetak dan mengkreasikannya sendiri untuk merayakan natal dengan budget terbatas.

Melansir Love To Know, Anda dapat mencari gambar/ucapan dari internet dan cetak sendiri. Setelah itu, kreasikan kartu ucapanmu sendiri juga kirimkan ke orang-orang terkasih.

Baca Juga: Sejarah Unik Terciptanya 5 Tradisi Natal Klasik, dari Pohon Natal-Kue Jahe

Bikin rencana tukar hadiah murah

Kado Natal

Menghemat budget Natal dapat dilakukan dengan saling bertukar hadiah murah dengan teman atau keluarga.

Tentukan budget maksimal dan minimal untuk membeli barang agar barang yang akan dihadiahkan kepada orang lain bernilai sama dengan apa yang akan kamu dapatkan nantinya.

Baca Juga: Ragam Arti Warna Natal yang Penuh Makna, Ada Hijau, Merah, hingga Putih

Belanja online

Melansir dari Heritage, belanja online menjadi salah satu cara ampuh untuk merayakan natal dengan budget terbatas.

Dengan belanja online, Anda akan lebih mudah membandingkan satu barang dengan beragam harga yang tersedia.

Jangan lupa manfaatkan berbagai promo diskon besar-besaran hingga gratis ongkir yang biasa hadir menjelang Natal & Tahun Baru.

Pastikan untuk tidak memesan barang-barang 1-2 hari sebelum Natal tiba untuk mencegah menumpuknya barang sehingga tak dapat diterima tepat waktu.

Itulah berbagai cara merayakan natal dengan budget terbatas. Cara-cara di atas sangat disarankan, terutama bagi Anda yang sedang ingin berhemat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News