Keluarga

Jauh dari Keluarga, Tiru 6 Cara Atasi Kesepian saat Hari Natal Tiba Menurut Psikolog

Jauh dari Keluarga, Tiru 6 Cara Atasi Kesepian saat Hari Natal Tiba Menurut Psikolog

MOMSMONEY.ID - Belum ada kesempatan untuk pulang ke rumah di momen Natal tahun ini? Anda dapat mengurangi rasa kesepian saat Natal dengan cara-cara berikut.

Kesepian wajar dialami, terutama bagi Anda yang baru pertama kali merasakan momen Natal jauh dari keluarga & orang tersayang.

Namun, jangan salah, menurut Rachel Boyd, manajer informasi di badan amal kesehatan mental Mind, yang dikutip melalui Red Online, mengatakan, ada banyak orang yang dikelilingi keluarga & orang tersayang, tetapi masih merasa kesepian.

Baca Juga: 5 Tradisi Unik Perayaan Natal di Negara-negara Asia, Ada dari Taiwan-Suriah!

Tetapi, ada juga orang-orang yang memilih hidup sendirian tanpa merasa kesepian sama sekali.

Sehingga sebetulnya, rasa kesepian dapat diatasi dengan cara yang tepat, sesuai dengan saran para ahlinya.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk atasi kesepian saat Natal tiba? Melansir dari Fakaza News, The Conversation, dan Health Agenda, berikut artikelnya.

Terhubung dengan orang lain

Untuk mengatasi rasa kesepian saat Natal tiba, cobalah untuk selalu terhubung dengan orang lain dan hindari berdiam diri di kamar.

Anda bisa menghubungi keluarga/teman lewat telepon/video call, atau dapat juga bergabung dengan suatu komunitas untuk merayakan Natal bersama mereka.

Jangan ragu untuk mengungkapkan rasa rindu pada orang-orang terdekat meski hanya diungkapkan dengan sekadar mengobrol.

Baca Juga: 7 Film Barat Bertema Liburan Natal, Banyak Film Romantisnya lo

Ikut menjadi volunteer

Pepatah mengatakan, “'kesepian tidak sama dengan sendirian”. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengisi rasa kesepian, salah satunya menjadi volunteer/sukarelawan.

Anda dapat mengikuti suatu komunitas & menjadi sukarelawan dalam bidang apapun, mulai dari badan amal, sukarelawan bencana alam, tempat penampungan hewan, hingga komunitas/organisasi tertentu.

Menjadi volunteer suatu komunitas dapat mengurangi rasa kesepian yang dirasakan ketika Natal tiba, serta membuat Anda lebih merasa saling terhubung dengan manusia lainnya.

Baca Juga: 5 Ide Kegiatan Sederhana tapi Bermakna untuk Merayakan Natal bersama Keluarga

Luangkan waktu untuk bersyukur

Natal bersama keluarga

Saat kita merasa kesepian, pikiran akan ipenuhi oleh hal-hal negatif yang berujung memperburuk kondisi mental. Maka The Conversation menyarankan Anda untuk meluangkan waktu sejenak hanya untuk bersyukur atas apa yang telah Anda miliki sekarang.

Dengan bersyukur, pikiran akan diarahkan ke hal-hal positif yang membuat kita semangat hidup.

Bahkan dikatakan bahwa, latihan bersyukur yang dilakukan secara teratur terbukti dapat mengurangi kesepian dan depresi.

Baca Juga: Resep Choco Truffle, Ide Camilan Manis untuk Hidangan Natal Nanti

Hubungi tetangga atau teman

Saat Anda merasa kesepian, ingatlah bahwa ada banyak orang lain yang juga hidup sendirian dan memiliki pemikiran yang sama dengan Anda.

Maka Health Agenda menyarankan Anda untuk mengundang tetangga/teman yang juga hidup sendirian untuk merayakan Natal bersama, sekedar untuk minum teh di sore hari ataupun bertukar kado.

Undang orang-orang yang Anda kenal yang memiliki situasi serupa denganmu supaya Anda dan mereka tetap merasakan suasana khidmat khas Natal meski jauh dari keluarga.

Nikmati kesendirian

Kesepian saat Natal

Untuk mengatasi rasa kesepian saat Natal tiba, cobalah untuk menerima keadaan & mulai menikmati kesendirian.

Belilah barang via online, memasak makanan favorit, atau sekedar menonton film marathon untuk mengisi kekosongan.

Baca Juga: 3 Ide Resep Natal, Gingerbread Cookies si Kue Jahe Manis untuk Dijadikan Hampers

Bicara dengan 1 orang per hari

Kepada Red Online, Ellie, perantau yang tinggal di London, menyarankan, untuk bertemu dan berbicara pada minimal 1 orang setiap harinya, untuk dapat mengatasi rasa kesepian, terutama saat Natal tiba.

“Jangan hanya duduk di rumah. Pergi keluar dan berusahalah untuk berbicara dengan seseorang setiap hari,” ujarnya.

Seseorang yang dimaksud bisa jadi pekerja toko, rekan kerja, hingga orang-orang yang tak sengaja bertemu dengan Anda di jalanan.

Jadi, jika sedang merantau jauh dari keluarga dn orang-orang tercinta, Anda dapat mencoba berbagai cara di atas untuk atasi kesepian saat Natal tiba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News