Keluarga

6 Cara Mengembalikan Gairah Seks Setelah Melahirkan, Moms Wajib Tahu!

6 Cara Mengembalikan Gairah Seks Setelah Melahirkan, Moms Wajib Tahu!

MOMSMONEY.ID - Gairah seks menurun drastis setelah si kecil lahir? Ini 6 cara mengembalikan gairah seks setelah melahirkan yang wajib Moms ketahui.

Gairah seks yang menurun setelah melahirkan sering terjadi pada wanita. Dan, hampir setiap wanita melewati fase ini.

Selain ketidakseimbangan hormon, ada faktor lain yang mungkin menyebabkan gairah seks menurun setelah melahirkan seperti kelelahan serta gangguan dan ketakutan psikologis.

Banyak dokter menyarankan untuk tidak berhubungan seks selama 6 bulan setelah bayi lahir. Apabila setelah 6 bulan gairah seks Anda tak kunjung kembali, pastikan Anda segera menindaklanjutinya.

Melansir laman Lybrate, seorang Sexologist bernama Dr. Naval Kumar Verma membagikan 6 cara mengembalikan gairah seks setelah melahirkan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 5 Bahaya Minum Obat Tidak Teratur, Salah Satunya Resistensi Obat

1. Komunikasikan dengan pasangan

Cara mengembalikan gairah seks setelah melahirkan yang pertama yaitu berkomunikasi dengan pasangan.

Berbicara tentang seks dengan pasangan merupakan hal yang penting lho, Moms. Namun, sering kali wanita menghindari hal ini. Di sisi lain, kurangnya komunikasi tentang seks bisa membuat pria merasa bahwa dirinya tidak mampu memuaskan pasangannya.

Sebelum semuanya menjadi tidak terkendali, pastikan Anda mengomunikasikan perasaan Anda dan jelaskan kepada pasangan tentang kondisi tubuh Anda apabila Anda belum mampu berhubungan seks dengan maksimal setelah melahirkan.

2. Kunjungi dokter

Cara mengembalikan gairah seks setelah melahirkan yang kedua yaitu berkunjung ke dokter.

Kurangnya minat untuk berhubungan seks setelah melahirkan merupakan hal yang normal. Namun, jika hal ini terus bertahan selama berbulan-bulan, itu tandanya Anda harus segera mengunjungi dokter.

Dokter yang bersangkutan akan melakukan tes sederhana untuk mengungkap penyebab dari masalah seks yang mungkin Anda miliki.

3. Atasi kelelahan Anda

Cara mengembalikan gairah seks setelah melahirkan yang ketiga yaitu atasi kelelahan Anda.

Lebih dari 70% wanita menderita kelelahan setelah melahirkan. Adapun kelelahan merupakan salah satu penyebab utama rendahnya gairah seks di kalangan wanita.

Guna membantu mengatasi kelelahan, Anda bisa membiasakan diri untuk tidur siang singkat sepanjang hari. Tidur siang singkat sepanjang hari dapat membantu Anda melawan kelelahan, menstabilkan hormon, sekaligus meningkatkan libido.

Baca Juga: Bukan Hanya Buahnya, Ini Manfaat Daun Mangga yang Tidak Banyak Diketahui

4. Coba olahraga lari

Cara mengembalikan gairah seks setelah melahirkan yang keempat yaitu olahraga lari.

Jalan cepat maupun jogging selama 30 menit per hari dapat membuat Anda merasa lebih baik. Aktivitas fisik ini akan memastikan jantung Anda memompa lebih cepat dan gairah seksual Anda tidak luntur.

Lari juga bisa membantu Anda menjadi lebih aktif dan lebih mampu mengendalikan kehidupan seks Anda. Plus, sangat membantu dalam menghilangkan kelebihan lemak akibat kehamilan.

5. Konsumsi suplemen

Cara mengembalikan gairah seks setelah melahirkan yang kelima yaitu mengonsumsi suplemen.

Ada banyak suplemen di pasaran yang bermanfaat untuk meningkatkan libido. Mulai dari herbal, vitamin, hingga krim, Anda bisa memilih salah satunya.

Contoh suplemen yang layak Anda coba adalah suplemen ginseng. Suplemen ginseng terbukti dapat meningkatkan hasrat seksual wanita. Menariknya, sebagian besar suplemen berbahan ginseng tidak menyebabkan efek samping yang serius.

6. Persiapkan diri Anda secara mental

Cara mengembalikan gairah seks setelah melahirkan yang terakhir yaitu mempersiapkan diri Anda secara mental.

Sebelum berhubungan seks, sebaiknya persiapkan diri Anda dengan maksimal. Misal, ciptakan tempat tidur yang hangat, pakai pakaian seksi, dan putar film romantis untuk membantu Anda bertransformasi dari seorang ibu menjadi seorang kekasih.

Sering kali, persiapan kecil semacam ini sangat membantu dalam meningkatkan dorongan seksual dan menyalakan kembali percikan cinta yang lama.

Itulah 6 cara mengembalikan gairah seks setelah melahirkan. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News