Keluarga

5 Vitamin Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rontok, Konsumsi dengan Rutin!

5 Vitamin Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rontok, Konsumsi dengan Rutin!

MOMSMONEY.ID - Rambut rontok terus-menerus? Ini 5 vitamin terbaik untuk mengatasi rambut rontok yang patut Anda konsumsi.

Para ahli mengatakan bahwa kerontokan rambut antara 50-100 helai setiap hari adalah hal yang normal. Namun, jika Anda mengalami kerontokan rambut secara teratur, itu bisa menjadi peringatan akan adanya masalah yang lebih besar.

Faktor-faktor seperti kondisi medis, stres, dan kekurangan vitamin dapat memengaruhi kekuatan rambut. Untuk membantu mengatasi kerontokan rambut, awalilah dengan mengevaluasi pola makan dan memenuhi asupan vitamin harian Anda.

Kenapa vitamin? Karena, vitamin dapat membantu pertumbuhan sel, mencegah kerusakan akibat radikal bebas, mencegah pertumbuhan uban prematur, serta memberi nutrisi pada folikel yang merangsang pertumbuhan rambut.

Sebagai solusi dari kerontokan rambut yang sedang Anda alami, berikut 5 vitamin terbaik untuk mengatasi rambut rontok yang patut Anda konsumsi sebagaimana dilansir dari CNET.

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Wajah Tidak Simetris, Genetik Hingga Gaya Hidup!

1. Biotin

Vitamin terbaik untuk mengatasi rambut rontok yang pertama adalah biotin.

Dikenal juga sebagai vitamin B7, biotin mampu merangsang produksi keratin untuk meningkatkan pertumbuhan folikel rambut.

Vitamin ini bisa Anda temukan di banyak makanan termasuk telur, daging, ikan, kacang-kacangan, ubi, dan biji-bijian.

Adapun asupan biotin yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 30 mikrogram per hari.

2. Vitamin A

Vitamin terbaik untuk mengatasi rambut rontok yang kedua adalah vitamin A.

Vitamin A termasuk bahan bakar yang sempurna untuk pertumbuhan rambut. Saat tubuh menyerap vitamin A, tubuh akan menghasilkan sebum atau zat berminyak yang melembabkan kulit kepala dan menjaga folikel rambut tetap sehat. Apabila tubuh kekurangan vitamin A, itu bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak vitamin A, sebaiknya konsumsilah makanan tinggi beta-karoten yang pada gilirannya akan berubah menjadi vitamin A. Beberapa makanan tinggi beta-karoten antara lain ubi, labu kuning, wortel, bayam, dan kangkung.

Untuk pria, asupan vitamin A harian yang direkomendasikan maksimal 900 mikrogram. Sementara wanita maksimal 700 mikrogram.

3. Vitamin C

Vitamin terbaik untuk mengatasi rambut rontok yang ketiga adalah vitamin C.

Salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap kerontokan rambut adalah stres oksidatif. Stres oksidatif sendiri terjadi tatkala ada ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh sehingga menyebabkan ketidakseimbangan elektron yang dapat memicu kerontokan rambut.

Sebagai solusi, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin C. Selain mampu menyeimbangkan elektron, vitamin C juga bisa membantu tubuh memproduksi kolagen dan menyerap zat besi yang dapat membantu pertumbuhan rambut.

Vitamin C bisa Anda temukan dalam jeruk, paprika, stroberi, tomat, dan jambu biji. Untuk menambah asupan vitamin C mengingat tubuh tidak mampu memproduksinya sendiri, pertimbangkanlah untuk mengonsumsi suplemen vitamin C. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi vitamin C terlalu banyak karena dapat menyebabkan mulas, kram otot, kelelahan, kemerahan pada kulit, serta kemungkinan batu ginjal.

Baca Juga: Rasa Ingin Menyakiti, Kenali Gejala Depresi Pasca Melahirkan dan Tangani Segera

4. Vitamin D

Vitamin terbaik untuk mengatasi rambut rontok yang keempat adalah vitamin D.

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kondisi rambut rontok seperti alopecia dan kerontokan berlebih.

Agar rambut tidak rontok akibat kekurangan vitamin D, maka Anda perlu mendapatkan lebih banyak asupan vitamin D dengan mengonsumsi ikan berlemak, minyak ikan cod, sereal, telur, roti, yogurt, atau jamur. Disarankan juga bagi Anda untuk rutin berjemur di pagi hari.

Dosis vitamin D yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 600 IU. Hindari mengonsumsi vitamin D melebihi dosis yang dianjurkan guna menghindari mual, penurunan berat badan, disorientasi, dan masalah irama jantung.

5. Vitamin E

Vitamin terbaik untuk mengatasi rambut rontok yang terakhir adalah vitamin E.

Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang sama kuatnya dengan vitamin C. Artinya, vitamin E dapat mengekang stres oksidatif penyebab rambut rontok dengan menyeimbangkan tingkat elektron dalam radikal bebas.

Sebuah penelitian kecil mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen vitamin E selama 8 bulan mengalami peningkatan pertumbuhan rambut sebesar 34,5%.

Vitamin E dapat ditemukan dalam makanan seperti biji bunga matahari, bayam, alpukat, dan kacang almond. Apabila Anda ingin menambah asupan vitamin E melalui suplemen, dosis yang disarankan adalah 15 miligram per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News