M O M S M O N E Y I D
HOME, BisnisYuk

5 Tips Brand Usaha Bersaing di Pasar Digital

5 Tips Brand Usaha Bersaing di Pasar Digital
Reporter: Jane Aprilyani  |  Editor: Jane Aprilyani


MOMSMONEY.ID - Di era seperti sekarang, jika Anda menjalankan sebuah bisnis namun tidak memiliki rekam digital, kemungkinan besar Anda kurang beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Memanfaatkan media sosial, pemasaran digital, dan e-commerce menawarkan peluang besar kepada pelaku bisnis di berbagai skala dan industri untuk memasarkan brand dan produk dengan mudah serta menjangkau dan memperluas cakupan pasar mereka.

Zilingo Indonesia sebagai platform B2B dengan solusi bisnis satu atapnya memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha untuk dapat mengembangkan usaha mereka, salah satunya melalui layanan pemasaran sehingga brand Anda tetap relevan dengan perkembangan zaman.

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat dari kehadiran brand secara virtual sehingga tak heran lagi mengapa para pelaku usaha berbondong-bondong melakukan promosi melalui media digital dengan menggunakan berbagai platform, termasuk e-commerce untuk mengembangkan merek usaha mereka.

Baca Juga: Banyak Diidamkan Orang, Ternyata Ini Kerugian Tinggal di Rumah Besar

Namun, banyaknya jumlah merek yang tengah bersaing untuk mendapatkan perhatian konsumen juga semakin meningkat sehingga persaingan penjualan menjadi semakin ketat dan susah.

Tut Wuri Handayani, Head of Services Zilingo mengatakan, di era yang serba modern ini, rekam digital menjadi sangat penting bagi keberlangsungan dan masa depan sebuah usaha. Kehadiran media sosial, pemasaran digital, dan e-commerce memberikan peluang besar dan wadah bagi para pemain bisnis untuk memperkenalkan dan mengembangkan usaha mereka.

Tut Wuri pun membeberkan beberapa tips jitu bagi pelaku usaha seperti Anda untuk dapat meningkatkan performa penjualan dan membangun strategi digital yang tepat,

Baca Juga: Simpel dan Minimalis, Ini Tips Dekorasi Rumah untuk Zodiak Virgo

1. Pentingnya kesan pertama

Dibutuhkan waktu kurang dari 50 milidetik bagi pelanggan untuk memutuskan apakah mereka menyukai halaman e-commerce Anda. Komunikasi yang menarik secara visual sangat penting karena 80% pelanggan akan mengingat apa yang mereka lihat, serta 20% di antaranya tidak pernah lupa apa yang mereka temukan di situs web.

Foto produk yang berkualitas tinggi, konten yang relevan, dan desain situs web yang bagus dan user-friendly menjadi perpaduan elemen yang sempurna untuk membangun sebuah toko e-commerce yang menarik di tahun 2022.

Baca Juga: Vaksin Merah Putih Mulai Masuk Tahap Uji Klinis Pertama

2. Target audiens yang tepat dengan rekomendasi yang sesuai

Jika Anda ingin memberikan pengalaman belanja yang baik dan lebih personal, maka pemberian rekomendasi produk yang relevan merupakan strategi yang tepat. Faktanya, 53% pelanggan suka melihat rekomendasi produk di situs web yang umumnya serupa dengan riwayat penelusuran mereka.

Jadi, sangat penting untuk memasukan daftar produk yang juga disesuaikan dengan target promosi Anda.

3. Bangunlah narasi yang tepat

Sebuah bisnis bukan hanya sekadar tentang produk dan layanan.  Anda harus memiliki kekuatan untuk menceritakan nilai-nilai yang dibawa oleh sebuah brand untuk dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan yang sesuai dengan target pasar Anda.

Pastikan konten yang dibagikan konsisten dengan pesan dan nilai yang dimiliki brand Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui pembuatan konten yang relevan seperti artikel blog dan video yang melibatkan audiens Anda secara langsung agar memberikan dampak yang lebih besar untuk perkembangan brand dan penjualan Anda.

Baca Juga: 4 Manfaat Masker Oatmeal untuk Perawatan Kulit Wajah, Cobain Yuk!

4. Manfaatkan pemasaran kreatif dan influencer

Setiap merek memiliki keunikan tersendiri, begitu juga dengan strategi pemasaran yang akan digunakan. Terus amati perkembangan platform serta media terbaru yang dapat digunakan untuk membangun strategi konten yang kuat dan kreatif.

Anda dapat meningkatkan performa strategi pemasaran Anda dengan melibatkan jaringan influencer yang relevan dengan brand Anda. Contohnya Poppy Theodorin, sebuah brand fashion di Indonesia yang memanfaatkan layanan manajemen media sosial bersama Zilingo dengan memperbaiki kualitas konten sosial media untuk dapat meningkatkan jumlah pengikut mereka.

Sebagai hasilnya, konten media sosial mereka mengalami peningkatan 145% dalam jumlah pengikut dan impression yang juga ikut meningkat hingga 27%.

Baca Juga: Inilah 3 Bahan Alami untuk Meredakan Jerawat Meradang, Coba Yuk!

5. Integrasikan bisnis Anda dengan sebuah tujuan

Brand yang modern tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan para konsumen, tetapi juga memberikan pengaruh dan dampak positif di lingkungan atau masyarakat sekitar.

Studi menunjukkan bahwa 87% pelanggan bersedia membeli produk dari brand yang mendukung tujuan & masalah sosial yang mereka pedulikan. Anda juga dapat memperkuat bisnis Anda dengan mendukung suatu tujuan sosial dan memenangkan banyak hati calon pelanggan Anda.

Inisiatif penggunaan bahan ramah lingkungan, kesadaran kesehatan, dukungan terhadap suatu LSM, keikutsertaan dalam perubahan sosial adalah beberapa strategi yang dapat Anda angkat untuk mengumpulkan banyak simpati dan perhatian demi pertumbuhan bisnis Anda di masa depan.

“Membenahi kualitas konten dalam saluran digital serta menyusun strategi komunikasi dan pemasaran yang tepat adalah proses yang krusial. Pastikan Anda menginvestasikan sumber daya yang cukup di dalamnya," tutup Tut Wuri Handayani.

Baca Juga: Cara Transfer Paket Data Tri, Bisa Kirim Kuota ke Orang Terdekat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Strategi Ibu Modern Jaga Kesehatan Keluarga, Preventif Lebih Utama

Pahami tantangan ibu modern menjaga kesehatan keluarga. Laporan Halodoc menyoroti pentingnya kualitas, biaya, dan langkah preventif.

Hasil Kumamoto Masters 2025, Empat Wakil Indonesia Menembus Babak 16 Besar

Hasil Kumamoto Masters 2025 Babak 32 Besar, empat wakil Indonesia menembus babak 16 besar turnamen yang berlangsung di Jepang ini.

Xiaomi Hadirkan Promo Spesial 11.11, Tawarkan Produk Rumah Pintar dan AIoT Unggulan

Xiaomi hadirkan promo spesial 11.11 yang berlaku hingga 15 November 2025, berikut produk-produk yang ditawarkan

Ramalan Cinta Zodiak Tahun 2026, Ada yang Bertemu Cinta Sejati

Seperti apa kehidupan asmara zodiak Anda di tahun 2026? Cari tahu ramalan cinta zodiak tahun 2026 di sini.

Jawara Kripto Top Gainers, Kripto Canton Memimpin dengan Naik 20%

Saat pasar kripto tertekan, Canton naik 20% ke puncak kripto top gainers 24 jam terakhir.           

Ramalan Zodiak Keuangan dan Karier Besok Kamis 13 November 2025: Ada Peluang Baru!

Berikut ramalan zodiak besok Kamis 13 November 2025, dimana energi besar mendorong Anda mendapat peluang baru dalam karier dan keuangan.

Ini Cerita di Balik Cita Rasa Bali yang Berhasil Raih Penghargaan Internasional

​Beberapa chef dan peracik minuman di The Apurva Kempinski Bali baru saja meraih penghargaan internasional​.

Harga Emas Berfluktuasi di atas US$ 4.100, Setelah Rebound Tiga Hari

Harga emas kemungkinan akan terkonsolidasi lebih lanjut sebelum kenaikan berikutnya pada tahun 2026.

Hasil Kumamoto Masters 2025, Dua Tunggal Putri Indonesia Melenggang ke Babak 16 Besar

Hasil Kumamoto Masters Japan 2025 Babak 32 Besar hari kedua Rabu (12/11), dua tunggal putri Indonesia melenggang ke babak selanjutnya.

Promo Alfamart Home Care 12-15 November 2025, Mama Lemon Mulai Rp 5.900 Saja!

Promo Alfamart Home Care periode 1-15 November 2025. Cek dan manfaatkan untuk belanja hemat kebutuhan rumah tangga.