Santai

5 Pertimbangan Sebelum Membeli iPhone 16 Pro Beserta Alasannya

5 Pertimbangan Sebelum Membeli iPhone 16 Pro Beserta Alasannya

MOMSMONEY.ID - Apple telah resmi mengeluarkan model iPhone 16 Pro. Namun, ada beberapa pertimbangan sebelum membeli iPhone 16 Pro berikut ini. 

Model iPhone 16 Pro Apple memiliki beberapa peningkatan besar, seperti chip A18 Pro yang lebih cepat dan lebih efisien serta kaca Ceramic Shield yang lebih tahan lama. Sebelum membeli iPhone 16 Pro, terdapat beberapa pertimbangan yang harus diketahui. 

Tak dipungkiri bahwa fitur iPhone 16 Pro canggih dan memiliki banyak peningkatan. Akan tetapi, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut:

Baca Juga: Apa Beda iPhone Ori, Inter dan OEM? Wajib Tahu Sebelum Beli iPhone Second

1. Tidak Ada Peningkatan Kamera Depan dan Telefoto

Apple belum meningkatkan kamera iPhone 16 Pro secara signifikan. Berkat sensor yang lebih baru, kamera utama dan ultrawide menjanjikan peningkatan kualitas gambar. Namun, kamera telefoto 12MP 5x dan kamera TrueDepth depan 12MP tetap tidak berubah.

Satu-satunya "peningkatan" adalah iPhone 16 Pro yang lebih kecil kini juga dilengkapi kamera telefoto 5x, yang sebelumnya eksklusif untuk iPhone 15 Pro Max.

Ponsel kamera Android terbaik memiliki kamera optik 5x dengan resolusi 48MP atau lebih tinggi. Google Pixel 9 Pro bahkan memiliki kamera swafoto 42MP dengan bidang pandang yang lebar.

Resolusi yang lebih tinggi akan memungkinkan telefoto dan kamera depan untuk mengambil gambar yang lebih detail dengan ketajaman yang lebih baik.

2. Tombol Tindakan Terletak di Lokasi yang Buruk

iPhone 16

Pertama kali diperkenalkan pada iPhone 15 Pro, tombol Action tampaknya berguna di atas kertas. Anda dapat menyesuaikan tombol Action untuk memicu pintasan, membuka aplikasi pihak ketiga, mengaktifkan senter, dan banyak lagi. 

Namun, Apple gagal dalam pelaksanaannya dengan penempatannya. Tombol ini ditempatkan terlalu tinggi, sehingga tidak nyaman untuk digunakan secara teratur.

Baca Juga: Ragam Fitur iOS 18 Terbaru yang Semakin Canggih dan Segera Dirilis Bulan Ini

Dengan seri iPhone 16 Pro, Apple mempertahankan tombol Action di lokasi yang sama, sehingga membatasi kegunaannya. Kustomisasi dan potensi tombol tersebut tidak berguna jika sulit dijangkau.

Ini menjadi masalah yang lebih besar sekarang karena iPhone 16 Pro dan Pro Max memiliki layar yang lebih besar, sehingga sedikit lebih tinggi daripada seri iPhone 15 Pro.

3. Tidak Ada Fitur Intelijen Apple Eksklusif iPhone 16 Pro

iPhone 16 Pro dan Pro Max menggunakan chip A18 Pro terbaru Apple. Berdasarkan fabrikasi 3nm generasi kedua TSMC, chip ini menjanjikan peningkatan performa yang signifikan untuk CPU, GPU, dan Neural Engine. Apple juga banyak membicarakan Apple Intelligence saat memperkenalkan seri iPhone 16 Pro.

Meskipun memiliki begitu banyak daya, iPhone baru tidak mendapatkan akses eksklusif ke fitur-fitur Apple Intelligence apa pun. Seperti seri iPhone 15 Pro, iPhone baru hanya menjalankan tugas-tugas AI tertentu di perangkat, sedangkan sisanya diproses di cloud.

Namun, di kemudian hari, chip A18 Pro pada iPhone 16 Pro, dengan Neural Engine yang lebih cepat, akan menunjukkan kekuatannya dan mungkin mendapatkan fitur AI baru. Namun untuk saat ini, hal itu belum terjadi.

4. iPhone 15 Pro Masih Berperforma Hebat

Kurangnya fitur eksklusif Apple Intelligence pada seri iPhone 16 Pro semakin menyakitkan jika mempertimbangkan seberapa baik performa iPhone 15 Pro. Setahun setelah dirilis, chip A17 Pro di dalam iPhone 15 Pro mampu menjalankan semua aplikasi dan game iOS favorit Anda dengan lancar.

iOS 18.1 akan memperkenalkan Apple Intelligence dan integrasi ChatGPT juga diharapkan hadir pada akhir tahun 2024. Jadi, hampir tidak ada perbedaan antara pengalaman perangkat lunak iPhone 15 Pro dan iPhone 16 Pro, sehingga pemutakhiran ke yang terakhir hampir tidak ada gunanya.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Headset Tidak Ada Suara Beserta Penyebabnya

5. Tidak Ada Peningkatan Perangkat Keras yang Terobosan

Seri iPhone 16 Pro Apple hanya dilengkapi dengan pembaruan perangkat keras tahunan yang biasa: chip yang lebih cepat, layar yang lebih besar, dan bezel yang lebih kecil. 

Tombol Kontrol Kamera kapasitif adalah satu-satunya tambahan utama tahun ini. Namun, hal itu tidak akan memberikan manfaat yang signifikan bagi alur kerja Anda kecuali Anda menggunakan iPhone untuk mengambil ratusan gambar hampir setiap minggu.

Demikian pula, layar 6,3 inci dan 6,9 inci yang lebih besar merupakan peningkatan yang disambut baik tetapi bukan keharusan saat ini. 

Selain itu, Apple tidak menawarkan opsi multitasking baru pada iPhone 16 Pro Max untuk memanfaatkan sepenuhnya layar 6,9 inci yang lebih besar.

Sebagai pengguna iPhone 15 Pro Max, saya tidak melihat bagaimana peningkatan ke iPhone 16 Pro Max akan meningkatkan pengalaman penggunaan harian saya. 

iPhone yang lebih baru memang menjanjikan pengalaman yang lebih baik, terutama dengan masa pakai baterai yang lebih lama dan manajemen termal yang lebih baik.

Namun, alasan-alasan ini saja tidak cukup meyakinkan untuk melakukan peningkatan. Lebih baik Anda menabung uang dan meningkatkan ke iPhone 17 Pro pada 2025.

Nah, itulah beberapa pertimbangan sebelum membeli iPhone 16 Pro beserta alasannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News