Santai

5 Perbedaan Samsung Galaxy S24 Ultra dan Samsung Galaxy S23 Ultra

5 Perbedaan Samsung Galaxy S24 Ultra dan Samsung Galaxy S23 Ultra

MOMSMONEY.ID - Samsung memperkenalkan smartphone andalan terbarunya Samsung Galaxy S23 Ultra. Namun, tahukah Anda perbedaan Samsung Galaxy S24 Ultra dan Samsung Galaxy S23 Ultra?

Ada beberapa perbedaan Samsung Galaxy S24 Ultra dan Samsung Galaxy S23 Ultra. 

Kedua smartphone milik Samsung ini selalu dikaitkan karena memiliki model yang sama. Akan tetapi, Samsung Galaxy S24 Ultra dan Samsung Galaxy S23 Ultra memiliki perbedaan. 

Baca Juga: Perbandingan Spesifikasi: Samsung Galaxy S23 vs Samsung Galaxy S24

Nah, berikut ini 5 perbedaan Samsung Galaxy S24 Ultra dan Samsung Galaxy S23 Ultra. 

1. Bingkai Titanium dengan Tepi Datar

Meskipun S24 Ultra dan S23 Ultra memiliki layar AMOLED 6,8 inci, S24 Ultra memiliki bezel yang sedikit lebih tipis dengan tepi datar. Samsung tampaknya telah mengambil catatan dari iPhone 15 Pro yang kami ulas pada tahun 2023, karena membuang bingkai aluminium S23 Ultra untuk mengganti bingkai titanium yang lebih tahan lama.

Layar S24 Ultra dapat menghadirkan kecerahan puncak hingga 2.600 nits, sedangkan pendahulunya dibatasi hingga 1.750 nits. 

Samsung Galaxy S24 Ultra

Meskipun Anda tidak akan melihat perbedaannya di dalam ruangan, peningkatan ini lebih baik jika digunakan di luar ruangan di bawah sinar matahari langsung. Galaxy S24 Ultra juga sedikit lebih tipis, yakni 0,3 mm.

2. Lensa Telefoto 5X 50MP

Anda mungkin familiar dengan lensa telefoto 10x pada S23 Ultra. Samsung mengganti kamera 10x 10MP ini dengan lensa telefoto 5x 50MP yang lebih praktis di S24 Ultra.

Perubahan ini mempertahankan kualitas gambar dengan jumlah megapiksel yang lebih tinggi, memungkinkan zoom digital 10x dalam penggunaan sehari-hari sekaligus menawarkan manfaat zoom optik 5x.

Selain itu, S24 Ultra dan S23 Ultra memiliki spesifikasi kamera yang sama, yaitu kamera utama 200 MP, kamera ultra lebar 12 MP, dan kamera depan 10 MP.

Baca Juga: Perbedaan Samsung Galaxy S23 dan Samsung Galaxy S23 FE

Galaxy S24 Ultra meningkatkan Nightography dengan OIS yang menampilkan sudut koreksi 2x lebih lebar. Hal ini membantu meningkatkan stabilitas untuk memastikan video Anda tetap berkualitas tinggi, bahkan saat Anda berpindah-pindah. 

Ini juga mencakup pengoptimal pemandangan dan peningkat gambar AI. Fitur-fitur ini menganalisis setiap foto dan mengoptimalkan detail gambar Anda untuk menghasilkan hasil yang lebih jelas dan akurat.

3. Snapdragon 8 Generasi 3

Samsung Galaxy S24 Ultra ditenagai chip Snapdragon 8 Gen 3 yang menggunakan proses 4nm TSMC. Qualcomm mengklaim chip tersebut memberikan peningkatan kinerja CPU sebesar 30% dan peningkatan kinerja GPU sebesar 25%. 

Di sisi lain, Galaxy S23 Ultra dilengkapi dengan Snapdragon 8 Gen 2, yang masih sangat mumpuni bahkan untuk pengguna tingkat lanjut.

Sementara varian penyimpanan 256 GB pada S23 Ultra dikirimkan hanya dengan RAM 8 GB, S24 Ultra mendapat RAM 12 GB di semua varian. Dan meskipun kedua model mengemas baterai 5.000 mAh yang sama, chip Snapdragon 8 Gen 3 yang lebih hemat daya akan memungkinkan S24 Ultra bertahan lebih lama jika kita mengikuti klaim Qualcomm.

Baca Juga: Perbandingan Harga & Spesifikasi: Samsung Galaxy S23 FE - Samsung Galaxy S23

Samsung Galaxy S24 Ultra juga menawarkan sistem pendingin yang ditingkatkan, menampilkan ruang uap yang 1,9x lebih besar dari pendahulunya. 

4. Galaxy AI 

Meskipun sebagian besar perbedaan antara S23 Ultra dan S24 Ultra minimal, ponsel baru ini dilengkapi dengan beberapa fitur kecerdasan buatan. Diantaranya yaitu :

- Terjemahan Langsung 

- Bantuan Obrolan

- Note Assist

5. Pilihan Warna Baru dan Dukungan Perangkat Lunak

Galaxy S24 Ultra tersedia dalam empat warna standar: Titanium Violet, Titanium Yellow, Titanium Black, dan Titanium Grey. 

Demikian pula, S23 Ultra tersedia dalam empat warna standar: Hijau, Phantom Black, Lavender, dan Cream.

Baca Juga: Simak Prediksi Spesifikasi Samsung Galaxy S24 Ultra, Siap Rilis Awal Tahun 2024

Jika Anda menginginkan smartphone yang mendukung pembaruan perangkat lunak selama beberapa tahun, S24 Ultra tidak akan mengecewakan.

Sebagai perbandingan, S23 Ultra dibatasi pada pembaruan OS selama empat tahun dan pembaruan keamanan selama lima tahun.

Secara keseluruhan, Galaxy S24 Ultra adalah investasi yang layak jika Anda yakin akan mendapat manfaat dari peningkatan bertahap. Namun, jika Anda sudah memiliki S23 Ultra, melewatkan produk andalan Samsung tahun 2024 mungkin merupakan ide yang lebih baik karena Anda tidak perlu mengupgrade ponsel cerdas Anda setiap tahun. 

Nah itulah perbedaan Samsung Galaxy S24 Ultra dan Samsung Galaxy S23 Ultra yang tidak banyak diketahui orang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News