Keluarga

5 Minuman Terbaik untuk Meningkatkan Imun Tubuh, Pas Diminum Saat Musim Hujan

5 Minuman Terbaik untuk Meningkatkan Imun Tubuh, Pas Diminum Saat Musim Hujan

MOMSMONEY.ID - Ketahui beberapa minuman terbaik untuk meningkatkan imun tubuh.

Sistem imun atau kekebalan tubuh adalah jaringan pertahanan alami tubuh yang terdiri dari sel, jaringan, serta organ yang membantu melindungi tubuh dari bakteri, virus, jamur, dan zat berbahaya lainnya.

Sistem imun tubuh menyediakan penghalang untuk mencegah zat berbahaya memasuki tubuh sekaligus melawan patogen jika mereka menemukan cara untuk memasuki tubuh.

Untuk membantu meningkatkan imun tubuh, ada beberapa minuman sehat yang dapat Anda konsumsi selain air putih.

Melansir Eat This, Not That!, berikut 5 minuman terbaik untuk meningkatkan imun tubuh yang pas diminum saat musim hujan.

Baca Juga: Kenapa Apel Bagus untuk Diet? Ini 5 Alasan Apel Bagus untuk Menurunkan Berat Badan

1. Teh hijau

Teh hijau

Minuman terbaik untuk meningkatkan imun tubuh yang pertama adalah teh hijau.

Teh hijau kaya akan polifenol flavonoid yang menyimpan segudang manfaat kesehatan, mulai dari mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker tertentu hingga mengatasi peradangan sistemik.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecules, teh hijau dapat meningkatkan imun tubuh berkat kandungan antioksidannya yang membantu melindungi sel dari oksidasi dan spesies oksigen reaktif. Teh hijau juga bebas kalori, sehingga cocok dikonsumsi saat diet.

2. Kefir

Kefir

Minuman terbaik untuk meningkatkan imun tubuh yang kedua adalah kefir.

Kefir adalah minuman fermentasi mirip yogurt yang terbuat dari berbagai jenis susu, seperti susu sapi, domba, dan kambing. Sama halnya dengan yogurt, kefir juga kaya akan berbagai probiotik (bakteri baik) bermanfaat yang membantu menjaga keseimbangan mikrobiota saluran pencernaan.

Adapun jenis probiotik yang banyak ditemukan dalam kefir adalah Lactobacillus kefiri. Mengutip Healthline, Lactobacillus kefiri dapat menghambat pertumbuhan berbagai bakteri berbahaya termasuk Salmonella, Helicobacter pylori, dan E. coli.

Sebuah artikel ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients melaporkan bahwa kefir mampu memberikan efek antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, penyembuhan luka, dan banyak manfaat kesehatan lainnya.

3. Jus tomat

Jus tomat

Minuman terbaik untuk meningkatkan imun tubuh yang ketiga adalah jus tomat.

Tomat kaya akan vitamin C serta likopen yang memiliki banyak khasiat, termasuk meningkatkan imun tubuh dan membantu meredakan peradangan sistemik.

Sup tomat mungkin sering direkomendasikan saat Anda sedang pilek atau flu karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Namun, Anda juga bisa mengonsumsi tomat dalam bentuk jus untuk mendapatkan jumlah vitamin C yang sama. Agar manfaatnya maksimal, pastikan untuk tidak menambahkan gula ke dalam jus tomat Anda ya.

Baca Juga: Mau Tirus? Ini 5 Kebiasaan Sehat untuk Mengurangi Lemak Wajah yang Bisa Anda Coba

4. Jus jeruk

Jus jeruk

Minuman terbaik untuk meningkatkan imun tubuh yang keempat adalah jus jeruk.

Satu porsi jus jeruk menyediakan lebih dari 100% total vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Immunology, kandungan vitamin C dan folat dalam jus jeruk mampu menjaga integritas pertahanan kekebalan dan melindungi berbagai jenis sel imun. Terlebih lagi, senyawa bioaktif pada jeruk memiliki efek anti-inflamasi untuk mendukung kekebalan tubuh.

Apabila Anda tidak punya waktu untuk membuatnya sendiri, jus jeruk kemasan bisa jadi pilihan. Saat membeli jus jeruk kemasan, sebaiknya pilih jus jeruk yang diperkaya dengan vitamin D. Pasalnya, vitamin D merupakan nutrisi yang telah lama dikenal penting untuk kekebalan tubuh.

5. Teh lemon jahe

Teh lemon jahe

Minuman terbaik untuk meningkatkan imun tubuh yang kelima adalah teh lemon jahe.

Teh lemon jahe dibuat dengan menggabungkan parutan jahe dan jus lemon ke dalam air panas. Kaya akan vitamin C, teh lemon jahe dapat membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif.

Kandungan vitamin C dalam teh lemon jahe juga mampu memberikan sifat anti-inflamasi dan membantu menolak respons imun negatif, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Antioxidants.

Sementara itu, jahe memiliki lebih dari 100 senyawa bioaktif yang membantu menangkis mual, mengurangi risiko kanker tertentu, meningkatkan lipid darah, mengurangi peradangan, dan banyak lagi, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients.

Itulah 5 minuman terbaik untuk meningkatkan imun tubuh. Jangan lupa dicatat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News