Keluarga

Kenapa Apel Bagus untuk Diet? Ini 5 Alasan Apel Bagus untuk Menurunkan Berat Badan

Kenapa Apel Bagus untuk Diet? Ini 5 Alasan Apel Bagus untuk Menurunkan Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Ada 5 alasan apel bagus untuk menurunkan berat badan. Cari tahu selengkapnya di sini.

Saat berusaha menurunkan berat badan, sangat dianjurkan bagi kita untuk memperbanyak mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan segar.

Berbicara tentang buah, apel terkenal sebagai salah satu buah yang bagus untuk diet. Faktanya, apel memang terbukti mampu membantu proses penurunan berat badan.

Kenapa apel bagus untuk menurunkan berat badan? Tenang, MomsMoney punya jawabannya!

Simak sampai akhir, berikut 5 alasan apel bagus untuk menurunkan berat badan sebagaimana dilansir dari EatingWell.

Baca Juga: Mau Tirus? Ini 5 Kebiasaan Sehat untuk Mengurangi Lemak Wajah yang Bisa Anda Coba

1. Rendah kalori

Alasan apel bagus untuk menurunkan berat badan yang pertama yaitu apel rendah kalori.

Apel mampu membantu penurunan berat badan karena apel secara alami rendah kalori. Tergantung ukurannya, apel menyediakan 80-130 kalori per buah.

Gula alami dalam apel juga dapat membantu mencegah keinginan untuk makan makanan manis, menurut Melissa Mitri, M.S., RDN, penulis nutrisi dan pemilik Melissa Mitri Nutrition.

2. Tinggi serat

Alasan apel bagus untuk menurunkan berat badan yang kedua yaitu apel tinggi serat.

Mekanisme utama penurunan berat badan adalah mengurangi asupan kalori. Makanan yang mengandung serat seperti apel dapat membantu Anda makan lebih sedikit kalori karena sifatnya yang mengenyangkan.

Sebuah apel mengandung 4-5 gram serat yang mana jumlah ini mampu menyediakan sekitar 12%-16% dari asupan serat harian yang direkomendasikan. Menurut artikel tahun 2019 di The Journal of Nutrition, penelitian menunjukkan bahwa serat makanan meningkatkan penurunan berat badan dan kepatuhan terhadap diet.

3. Memiliki indeks glikemik rendah

Alasan apel bagus untuk menurunkan berat badan yang ketiga yaitu apel memiliki indeks glikemik rendah.

Indeks glikemik akan mengukur seberapa cepat dan seberapa banyak gula dalam makanan meningkatkan kadar gula darah Anda.

Menurut American Diabetes Association, apel adalah makanan rendah glikemik, yakni antara 34 dan 38. Artinya, apel tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang besar setelah dimakan. Adapun pola makan rendah glikemik dikenal dapat mendukung penurunan berat badan yang berkelanjutan.

Baca Juga: Menurunkan Berat Badan dengan Konsumsi Makanan Tinggi Serat, Ini Daftarnya

4. Mengandung banyak air

Alasan apel bagus untuk menurunkan berat badan yang keempat yaitu apel mengandung banyak air.

Apel sangat berair karena kandungan airnya yang tinggi yakni mencapai 85% hingga 86% dari beratnya.

Selain serat, kelembaban dalam apel juga dapat membuat Anda kenyang dan terhidrasi, sehingga membantu mengurangi nafsu makan.

5. Kaya akan antioksidan

Alasan apel bagus untuk menurunkan berat badan yang kelima yaitu apel kaya akan antioksidan.

Salah satu alasan Anda mengalami kenaikan berat badan bisa jadi karena meningkatnya peradangan di tubuh yang memicu efek fisiologis lain seperti resistensi insulin, perubahan metabolisme, dan banyak lagi.

Dengan mengonsumsi makanan anti-inflamasi seperti apel, itu dapat membantu mengurangi peradangan kronis yang pada gilirannya berpotensi mengurangi penambahan berat badan.

Apel memiliki manfaat anti-inflamasi berkat nutrisi antioksidannya. Tinjauan tahun 2022 di Journal of Inflammation Research menunjukkan bahwa quercetin, sejenis antioksidan flavonoid (pigmen tumbuhan) yang ditemukan dalam apel, mungkin memiliki sifat anti-inflamasi untuk menangkal resistensi insulin dan perkembangan aterosklerosis. Studi lain yang diterbitkan pada tahun yang sama di Foods menunjukkan bahwa flavonoid juga dapat ditemukan pada kulit apel jenis tertentu, seperti varietas apel Fuji.

Demikian 5 alasan apel bagus untuk menurunkan berat badan. Ingat, mengonsumsi apel saja tidak cukup untuk mencapai penurunan berat badan. Namun, Anda bisa menggabungkan apel dengan pola makan yang sehat dan seimbang.

Anda juga harus menerapkan gaya hidup sehat. Beberapa gaya hidup yang membantu mendukung penurunan berat badan termasuk berolahraga, mengelola stres, dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News