Keluarga

5 Makanan Penyebab Kulit Kering, Nomor 4 Mengejutkan!

5 Makanan Penyebab Kulit Kering, Nomor 4 Mengejutkan!

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 makanan penyebab kulit kering yang harus Anda hindari.

Apabila Anda sudah menggunakan beragam produk yang melembabkan namun kulit tetap saja kering dan bersisik, mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk mulai mengubah pola makan.

Selain mengonsumsi makanan yang mampu melembabkan kulit dari dalam, para pemilik kulit kering juga dianjurkan untuk menjauhi makanan dan minuman yang dapat memperparah kondisi kulit kering.

Simak dan catat, berikut MomsMoney bagikan daftar makanan penyebab kulit kering, sebagaimana dirangkum dari laman Bustle:

Baca Juga: 5 Manfaat Air Garam untuk Wajah, Hilangkan Jerawat hingga Komedo

1. Makanan asin

Makanan penyebab kulit kering yang pertama adalah makanan asin.

Kelebihan garam dalam tubuh akan menarik lebih banyak cairan keluar dari sel untuk membantu menetralkan garam dan mengeluarkannya dari tubuh. Akibatnya, kulit cenderung menjadi lebih kering karena kekurangan cairan.

Untuk para pemilik kulit kering yang sudah terlanjur mengonsumsi banyak makanan asin seperti fast food, pastikan untuk minum lebih banyak air putih guna menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh.

2. Makanan tinggi gula

Makanan penyebab kulit kering yang kedua adalah makanan tinggi gula.

Terlalu banyak gula dalam aliran darah dapat memengaruhi jaringan seperti kolagen yang pada gilirannya bisa melemahkan dan mengeringkan kulit.

Apabila kebiasaan makan makanan tinggi gula terus berlanjut, bukan tidak mungkin tubuh akan mengalami kerusakan dan kolagen akan kehilangan elastisitasnya.

3. Karbohidrat sederhana

Makanan penyebab kulit kering yang ketiga adalah karbohidrat sederhana.

Karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti, dan pasta memiliki indeks glikemik yang tinggi. Indeks glikemik yang tinggi ini dapat merusak kulit seperti halnya gula.

Adapun tubuh akan memetabolisme karbohidrat sederhana dengan cara yang sama seperti gula. Artinya, karbohidrat sederhana mampu menyebabkan lebih banyak keriput pada kulit kering dengan memengaruhi dan bahkan merusak jaringan kolagen.

Baca Juga: Jus untuk Kolesterol Tinggi yang Bisa Anda Coba, Praktis dan Sehat!

4. Makanan tinggi vitamin A

Makanan penyebab kulit kering yang keempat adalah makanan tinggi vitamin A.

Makanan tinggi vitamin A jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengeringkan kulit. Oleh sebab itu, Anda yang memiliki kulit kering harus mengurangi makanan tinggi vitamin A jika tidak mau kulit semakin kering.

Selain menyebabkan kulit kering, jumlah vitamin A yang terlalu banyak juga bisa membuat rambut menjadi rapuh lho.

5. Kopi

Terakhir adalah kopi. Kopi dapat mengeringkan kulit dengan menyempitkan pembuluh darah, sehingga cairan yang mengalir ke kulit pun menjadi lebih sedikit.

Efek dari mengonsumsi kopi terutama secara berlebihan bisa terlihat jelas di area sekitar mata.

Dan, efek tersebut cenderung menjadi lebih buruk saat kopi dikonsumsi dalam kondisi perut kosong.

Itulah 5 makanan penyebab kulit kering. Ingat, langkah pertama yang baik untuk merawat kulit kering adalah mengubah pola makan. Jadi, waspadalah terhadap makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap hari, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News