Keluarga

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Semakin Berminyak, Nomor 5 Mengejutkan!

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Semakin Berminyak, Nomor 5 Mengejutkan!

MOMSMONEY.ID - Ada 5 kebiasaan penyebab kulit semakin berminyak. Cari tahu selengkapnya di sini.

Jenis kulit memang ditentukan oleh faktor genetik. Akan tetapi, kondisi kulit yang semakin berminyak dapat terjadi akibat kesalahan kita sendiri.

Saat kulit bertipe berminyak menjadi semakin berminyak, itu bisa memicu stres dengan mudah dan menimbulkan lebih banyak masalah bawaan seperti komedo dan jerawat.

Sebelum berfokus pada solusi, kondisi kulit yang semakin berminyak justru harus diketahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Hal ini dilakukan guna memudahkan Anda mencari cara terbaik dan tepat untuk mengatasi permasalahan kulit yang semakin berminyak.

Dilansir dari makeupandbeauty.com, ada 5 kebiasaan penyebab kulit semakin berminyak. Yuk, simak sebagai bahan evaluasi!

Baca Juga: 4 Rekomendasi Skincare untuk Mengatasi Jerawat Punggung, Semuanya Merek Lokal!

1. Menggunakan produk berbasis alkohol

Kebiasaan penyebab kulit semakin berminyak yang pertama yaitu menggunakan produk berbasis alkohol.

Apapun jenis kulit Anda, hindarilah penggunaan produk skincare berbasis alkohol. Alkohol seperti ethanol dan isopropyl dapat mengeringkan kulit dan merobek minyak alami yang ada di dalamnya.

Penggunaan produk-produk skincare berbasis alkohol juga bisa menghancurkan penghalang alami kulit. Jika terus digunakan, itu akan memicu produksi sebum yang berlebihan guna mengimbangi kekeringan pada kulit. Alhasil, kulit akan terlihat lebih berminyak dari sebelumnya.

2. Menggunakan face wash yang mengandung sabun

Kebiasaan penyebab kulit semakin berminyak yang kedua yaitu menggunakan face wash yang mengandung sabun.

Sebagian besar kandungan sabun dalam produk face wash memiliki sifat yang keras dan bisa merobek minyak alami kulit sama halnya dengan pembersih berbasis alkohol.

Akibatnya, kulit akan bekerja lebih ekstra guna menggantikan minyak alami yang telah hilang dengan cara meningkatkan produksi minyak itu sendiri.  Apabila terus dibiarkan, kulit pun akan menjadi sangat berminyak.

3. Tidak menggunakan moisturizer

Kebiasaan penyebab kulit semakin berminyak yang ketiga yaitu tidak menggunakan moisturizer.

Tidak peduli apapun jenis kulit Anda, moisturizer atau pelembab sama sekali tidak boleh dilewatkan penggunaannya. Bahkan, kulit berminyak pun wajib menggunakan moisturizer lho Moms. Jika Anda bersikeras untuk tidak menggunakan moisturizer, kulit akan kehilangan kelembabannya dan secara otomatis meningkatkan produksi sebum berlebih untuk mengimbangi kekeringan.

Kendati begitu, pastikan produk moisturizer yang Anda pilih berbasis air atau berbentuk gel jika tipe kulit Anda berminyak. Selalu ingat juga untuk memilih moisturizer yang memiliki label non-comedogenic supaya tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Baca Juga: Ternyata Ini yang Akan Anda Alami Saat Jadi Ibu Rumah Tangga

4. Membiarkan tubuh dehidrasi

Kebiasaan penyebab kulit semakin berminyak yang keempat yaitu membiarkan tubuh dehidrasi.

Kulit cenderung memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbangi kelembaban yang kurang. Sering kali, kurangnya kelembaban pada kulit terjadi akibat dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

Jika Anda tidak ingin kulit menjadi kering dan semakin berminyak, selalu ingat untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari. Secara perlahan, kulit akan kembali sehat, lembab, dan bercahaya dari dalam jika Anda rajin minum air putih dengan cukup.

5. Mengeringkan wajah dengan menggosok-gosokkan handuk

Kebiasaan penyebab kulit semakin berminyak yang kelima yaitu mengeringkan wajah dengan menggosok-gosokkan handuk.

Apakah Anda termasuk orang yang kerap mengeringkan wajah dengan menggunakan handuk yang digosok-gosokkan secara kasar? Jika benar, alangkah baiknya Anda menghentikan kebiasaan itu mulai sekarang.

Penggunaan handuk secara abrasif pada kulit wajah akan merobek minyak alami kulit sekaligus menimbulkan bercak-bercak kering pada wajah akibat tarikan handuk yang kuat. Apabila kebiasaan buruk ini terus Anda pelihara, lama-kelamaan kulit akan mengalami kekeringan dan menghasilkan lebih banyak minyak untuk mengimbanginya. Sebagai gantinya, gunakanlah kapas pembersih atau wash cloth untuk mengeringkan wajah secara lembut.

Moms, itulah 5 kebiasaan penyebab kulit semakin berminyak yang harus Anda hentikan dan perbaiki dengan segera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News