Keluarga

5 Kandungan Skincare Comedogenic yang Bisa Menyumbat Pori-Pori, Hindari Ya!

5 Kandungan Skincare Comedogenic yang Bisa Menyumbat Pori-Pori, Hindari Ya!

MOMSMONEY.ID - Jangan lupa dicatat, ini 5 kandungan skincare comedogenic yang bisa menyumbat pori-pori.

Selain makeup dan kotoran, pori-pori tersumbat juga dapat disebabkan oleh penggunaan skincare dengan kandungan yang bersifat comedogenic atau cenderung menyumbat pori-pori.

Jika terus-menerus digunakan, itu bisa meningkatkan kemungkinan terbentuknya jerawat. Pada orang-orang yang memiliki kulit berminyak atau acne-prone, penggunaan skincare dengan kandungan comedogenic dapat memperparah kondisi jerawat dan bahkan menyebabkan jerawat tanpa henti.

Setelah mengetahui berbagai risikonya, kini saatnya bagi Anda untuk mempelajari kandungan skincare apa saja yang cenderung menyumbat pori-pori.

Melansir laman Byrdie, berikut 5 kandungan skincare comedogenic yang bisa menyumbat pori-pori.

Baca Juga: 4 Hal yang Harus Orang Tua Lakukan saat Anak Menstruasi Pertama Kali

1. Coconut oil

Kandungan skincare comedogenic yang bisa menyumbat pori-pori pertama adalah coconut oil.

Meskipun menyimpan berbagai manfaat kesehatan, faktanya coconut oil atau minyak kelapa memiliki sifat yang sangat menyumbat pori-pori terutama jika dioleskan pada wajah.

Coconut oil tidak mudah terserap ke dalam kulit, sehingga residunya dapat menjebak bakteri dan sel kulit mati. Hal ini tentu bisa sangat merugikan para pemilik kulit acne-prone.

2. Petroleum jelly

Kandungan skincare comedogenic yang bisa menyumbat pori-pori kedua adalah petroleum jelly.

Kerap digunakan dalam berbagai tren kecantikan, petroleum jelly termasuk bahan comedogenic lainnya yang patut dihindari khususnya oleh para pejuang jerawat.

Formula petroleum jelly yang sangat tebal bisa bertahan di permukaan kulit dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Penggunaan petroleum jelly pada wajah juga rentan menyebabkan penumpukan minyak dan sel kulit mati yang pada akhirnya dapat berubah menjadi jerawat.

3. Cocoa butter

Kandungan skincare comedogenic yang bisa menyumbat pori-pori ketiga adalah cocoa butter.

Bahan-bahan yang mengandung asam oleat berkonsentrasi tinggi seperti cocoa butter cenderung bersifat comedogenic. Itulah mengapa cocoa butter patut Anda hindari jika tidak mau pori-pori menjadi tersumbat.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan shea butter yang mampu melembabkan kulit sebaik cocoa butter tanpa menyumbat pori-pori.

Baca Juga: Bukan Cuma Hamil, Ketahui 11 Penyebab Telat Haid Lainnya di Sini

4. Silicone

Kandungan skincare comedogenic yang bisa menyumbat pori-pori keempat adalah silicone.

Silicone lebih sering ditemukan dalam produk makeup khususnya primer daripada skincare. Menurut seorang dermatologist bernama Melanie Palm, MD, silicone merupakan salah satu bahan yang sangat comedogenic.

Jadi, pastikan Anda menghindari bahan yang satu ini apabila tidak mau komedoan atau jerawatan akibat pori-pori tersumbat. Selalu ingat juga untuk menghindari turunan silicone termasuk cyclomethicone dan dimethicone.

5. Lanolin

Kandungan skincare comedogenic yang bisa menyumbat pori-pori kelima adalah lanolin.

Lanolin adalah bahan oklusif atau bahan pelembab lainnya yang cenderung menyumbat pori-pori.

Lanolin dapat memperburuk kondisi jerawat dengan menciptakan lapisan di atas permukaan kulit sekaligus menjebak sel kulit mati, bakteri, dan minyak di dalam pori-pori.

Demikian 5 kandungan skincare comedogenic yang bisa menyumbat pori-pori. Pastikan untuk menghindarinya terutama jika kulit Anda bertipe acne-prone.

Selanjutnya: Kisah Sukses Produk Tosca di Helcy Store, Taklukkan Pelanggan dengan Formulasi Alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News