Keluarga

5 Jenis Serum Wajah Sesuai Kebutuhan Kulit, Jangan Salah Pilih Ya!

5 Jenis Serum Wajah Sesuai Kebutuhan Kulit, Jangan Salah Pilih Ya!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 jenis serum wajah sesuai kebutuhan kulit di sini.

Serum wajah merupakan salah satu produk skincare yang paling populer. Dibandingkan produk skincare lainnya, bahan-bahan yang terkandung di dalam serum biasanya memiliki konsentrasi yang tinggi.

Alhasil, efeknya pun cenderung lebih cepat dan terkadang keras, terutama serum yang mengandung bahan aktif.

Secara garis besar, serum wajah terbagi menjadi beberapa jenis saja. Simak penjelasannya, berikut 5 jenis serum wajah sesuai kebutuhan kulit sebagaimana dilansir dari Skindoze.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Kulit Wajah Tidak Sehat dan Butuh Perawatan, Salah Satunya Terasa Kasar

1. Acne serum

Jenis serum wajah sesuai kebutuhan kulit yang pertama yaitu acne serum.

Bagi Anda yang punya masalah jerawat, Anda bisa mencoba acne serum atau serum jerawat. Sesuai namanya, serum ini dapat membantu mencegah atau mengatasi jerawat pada wajah.

Bahan-bahan yang terkandung dalam acne serum biasanya adalah chemical exfoliant seperti salicylic acid (BHA) yang dapat membantu menghilangkan blackheads, whiteheads, dan minyak berlebih.

Kemudian, ada glycolic acid (AHA) untuk memudarkan hiperpigmentasi dan meminimalkan tampilan pori-pori besar.

2. Serum antioksidan

Jenis serum wajah sesuai kebutuhan kulit yang kedua yaitu serum antioksidan.

Serum antioksidan merupakan serum yang berfungsi untuk memberikan perlindungan pada kulit wajah secara menyeluruh dari efek buruk radikal bebas seperti sinar ultraviolet (UV), polusi, dan lainnya. 

Beberapa bahan yang sering ada di jenis serum wajah ini antara lain vitamin C, vitamin E, san niacinamide. 

3. Hydrating serum

Jenis serum wajah sesuai kebutuhan kulit yang ketiga yaitu hydrating serum.

Kulit Anda terasa kering, dehidrasi, dan membutuhkan kelembaban ekstra? Jika iya, maka Anda bisa mencoba hydrating serum untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Hydrating serum berguna untuk memberikan kelembaban dan hidrasi pada kulit. Umumnya, hydrating serum mengandung bahan-bahan pelembab seperti hyaluronic acid yang berfungsi seperti spons untuk menangkap air dan menariknya ke dalam kulit.

Untuk membantu mengunci kelembaban di wajah, pastikan Anda mengoleskan moisturizer setelah menggunakan hydrating serum ya, Moms.

Baca Juga: 6 Kelebihan Physical Sunscreen Dibandingkan Chemical Sunscreen, Benarkah Lebih Aman?

4. Brightening serum

Jenis serum wajah sesuai kebutuhan kulit yang keempat yaitu brightening serum.

Anda bisa mencoba brightening serum untuk mencerahkan kulit wajah, mengatasi kulit kusam, atau meratakan warna kulit.

Brightening serum atau serum pencerah biasanya mengandung bahan-bahan seperti vitamin C. Kandungan vitamin C pada brightening serum bisa membantu memblokir produksi pigmentasi abnormal.

Selain vitamin C, rata-rata brightening serum juga mengandung bahan lain seperti niacinamide, tranexamic acid, alpha arbutin, dan kojic acid.

5. Serum anti-aging

Jenis serum wajah sesuai kebutuhan kulit yang kelima yaitu serum anti-aging.

Serum anti-aging dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi masalah kerutan, garis-garis halus, kulit kendur, dan flek hitam. Jenis serum wajah ini biasanya mengandung bahan aktif retinol yang berguna untuk mempercepat produksi kolagen, sehingga kulit wajah terasa lebih kencang. 

Meskipun retinol dapat bekerja sangat baik, namun penggunaan serum yang mengandung retinol membutuhkan waktu minimal 3 bulan untuk bisa melihat hasilnya secara nyata. 

Perlu Anda tahu bahwa penggunaan serum anti-aging dengan kandungan retinol bisa membuat kulit kering selama beberapa minggu pertama. Oleh karena itu, ketika pertama kali menggunakan serum ini, cobalah mulai dari dosis yang rendah. Jangan lupa juga untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 pada keesokan paginya.

Itulah 5 jenis serum wajah sesuai kebutuhan kulit yang bisa Anda jadikan pilihan.

 

Selanjutnya: 6 Fitur iPhone 16 yang Jadi Series Regular Apple Terbaru September 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News