Keluarga

5 Jenis Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Bayi Usia Di Bawah 1 Tahun

5 Jenis Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Bayi Usia Di Bawah 1 Tahun

MOMSMONEY.ID - Meski sering dikira aman, namun sebenarnya beberapa jenis makanan berikut ini tak boleh dikonsumsi bayi usia di bawah 1 tahun.

Ada banyak penyebabnya, mulai dari mengandung bakteri berbahaya hingga kurangnya nutrisi baik dalam makanan.

Lantas apa saja sih makanan-makanan tersebut? Untuk mengetahuinya, simak artikel berikut yang dilansir dari Moms Junction, Family Education, dan Cerelac, selengkapnya.

Baca Juga: Cegah Serangan Jantung dan Stroke, Konsumsi 7 Sayuran Murah Penurun Kolesterol

Cokelat & permen

Permen

Meski manis dan mungkin disukai si kecil, namun Moms tak boleh memberikan cokelat & permen kepada si kecil, terutama apabila usianya di bawah 1 tahun.

Makanan manis merangsang karies pada gigi bayi yang sedang tumbuh dan membuatnya jadi rusak.

Madu

Madu mentah

Baca Juga: Indonesia Wajib Bangga, Inilah 7 Warisan Budaya Tak Benda yang Diakui UNESCO

Madu adalah pemanis alami yang baik untuk tubuh. Sayangnya, madu tak boleh dikonsumsi bayi usia di bawah 1 tahun, loh! Tahukah apa penyebabnya?

Madu yang dikonsumsi bayi dapat menyebabkan risiko infant botulism yang menurut Kementrian Kesehatan merupakan kondisi saat bayi mengonsumsi makanan yang mengandung spora bakteri C. Botulium.

Spora bakteri yang tertelan bayi akan berkembang melepaskan racun di saluran pencernaan.

Susu sapi

Susu sapi selalu digembar-gemborkan memiliki banyak nutrisi, namun susu sapi tak boleh dikonsumsi bayi usia dibawah 1 tahun.

Melansir dari Moms Junction, fakta membuktikan bahwa susu sapi kekurangan nutrisi penting seperti zat besi, seng, dan vitamin E yang sangat dierlukan bagi pertumbuhan bayi. Bayi juga cenderung mengalami reaksi alergi.

Susu sapi juga memiliki protein & mineral berat yang memberi tekanan berlebih pada ginjal bayi yang masih berkembang.

Baca Juga: Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan, 5 Makanan Sehat Ini Bisa Berubah Jadi Racun

Jus buah

Jus semangka

Meski terdengar menyehatkan, jus buah juga tak boleh dikonsumsi bayi usia dibawah 1 tahun. Sebab jus buah mengandung tambahan gula yang dapat sebabkan kerusakan gigi.

Dan jangan lupa untuk sediakan air mineral setiap kali Moms memberi bayi minuman selain ASI atau susu formula hanya jika bayi sudah berusia di atas 6 bulan. Ini agar gigi yang baru tumbuh tak jadi rusak.

Baca Juga: 5 Makanan Teraneh dan Paling Menjijikkan di Dunia, Semuanya Bikin Bergidik

Jenis keju tertentu

Tak semua keju tak boleh dikonsumsi bayi usia dibawah 1 tahun. Ada juga jenis-jenis keju yang aman untuk bayi berusia di bawah 1 tahun, seperti cheddar ataupun cottage yang telah melalui proses pasteurisasi.

Namun Moms wajib berhati-hati dengan jenis keju yang tak dipasteurisasi. Sebab keju-keju ini masih mengandung Listeria, yakni bakteri berbahaya yang sebabkan keracunan makanan.

Jenis keju yang tak dipasteurisasi ialah seperti keju Brie, Goat Cheese, dan Blue Cheese.

Itulah berbagai jenis makanan yang tak boleh dikonsumsi bayi usia dibawah 1 tahun. Pastikan Moms tak memberi buah hati makanan berbahaya & tak menyehatkan seperti di atas, ya.

Selanjutnya: China's Factory Activity Recovery Slows in September - Caixin PMI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News