Keluarga

5 Jenis Makanan Terbaik untuk Kesehatan Otak, Bisa Tingkatkan Daya Ingat!

5 Jenis Makanan Terbaik untuk Kesehatan Otak, Bisa Tingkatkan Daya Ingat!

MOMSMONEY.ID - Butuh makanan sehat yang bisa tingkatkan daya ingat & memori? Atau butuh makanan yang bisa mencegah penyakit Alzheimer? Semuanya bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi deretan makanan berikut ini.

Penelitian membuktikan bahwa makanan terbaik untuk otak adalah jenis makanan yang sama, yang dapat melindungi jantung & pembuluh darah.

Jika Anda rutin menjaga kesehatan jantung dengan mengonsumsi pola makan sehat, maka secara tidak langsung Anda sudah memberi makanan terbaik bagi kesehatan otak.

Lantas apa saja sih makanan terbaik untuk otak? Melansir dari laman Culinary Nutrition dan Health Harvard Edu, intip rangkumannya berikut ini!

Baca Juga: Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan, 5 Makanan Sehat Ini Bisa Berubah Jadi Racun

Buah berry

Blueberry

Buah berry seperti stroberi, blueberry, hingga blackberry mengandung flavonoid yang dapat membantu tingkatkan daya ingat & menjaga kesehatan otak.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard’s Brigham and Women Hospital yang dilansir dari laman Health Harvard Edu menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 2 atau lebih porsi buah beri setiap minggu dapat menunda penurunan memori otak hingga 2,5 tahun.

Baca Juga: Cegah Serangan Jantung dan Stroke, Konsumsi 7 Sayuran Murah Penurun Kolesterol

Gandum utuh bebas gluten

Sumber vitamin E yang luar biasa seperti gandum, quinoa, soba, hingga beras merah dapat berkontribusi pada kesehatan kognitif. Ini karena vitamin E dikenal memberikan perlindungan terhadap otak untuk mencegah berbagai penyakit serius.

Biji-bijian utuh juga merupakan sumber serat yang baik untuk usus dan kebutuhan otak.

Ikan laut

Salmon segar

Baca Juga: Indonesia Wajib Bangga, Inilah 7 Warisan Budaya Tak Benda yang Diakui UNESCO

Ikan laut seperti sarden, makarel, salmon, dan ikan hering merupakan sumber omega-3 yang tinggi.

Omega-3 memiliki fungsi yang spesifik untuk otak, di antaranya untuk meningkatkan kinerja memori otak, fleksibilitas berpikir, serta pengendalian diri yang baik. Studi terbaru bakan mengatakan bahwa mengonsumsi minyak ikan dapat membuat risiko terkena demensia jadi menurun.

Coklat hitam

Coklat hitam

Coklat hitam menjadi salah satu makanan terbaik bagi otak. Coklat hitam yang mengandung kokoa lebih dari 70% mengandung flavonoid yang dapat mencegah inflamasi serta mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh otak.

Bahkan beberapa penelitian yang dilansir dari Culinary Nutrition membuktikan coklat hitam mampu meningkatkan memori otak dan mood kita!

Baca Juga: Tips Atur Pola Makan untuk Usia di Atas 40 Tahun, Makin Sehat dan Bugar!

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan nutrisi yang menyehatkan otak seperti vitamin K, lutein, folat, dan beta karoten.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran berdaun hijau secara rutin dapat memperlambat penurunan fungsi kognitif.

Jika Anda ingin memelihara kesehatan otak & meningkatkan daya ingat, coba rutin konsumsi 5 jenis makanan sehat di atas, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News