Santai

Cocok Buat Diet, Ini 4 Jenis Pilihan Roti Sehat Selain Roti Gandum

Cocok Buat Diet, Ini 4 Jenis Pilihan Roti Sehat Selain Roti Gandum

MOMSMONEY.ID - Cari tahu, yuk, beberapa jenis pilihan roti sehat lain yang bisa digunakan sebagai pengganti roti gandum.

Roti merupakan salah satu bahan makanan yang biasa digunakan sebagai pengganti nasi. Roti gandum adalah jenis roti yang digunakan dalam menu diet karena rendah kalori.

Di samping roti gandum, ternyata ada jenis roti lain yang juga bisa dikonsumsi sebagai menu makanan sehat.

Berikut adalah beberapa referensi pilihan roti sehat selain roti gandum yang bisa dikonsumsi saat diet:

Baca Juga: Moms, Ini Olahraga Ringan yang Bisa Anda Lakukan Selama Bulan Puasa

Multigrain

Pilihan roti pertama yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti roti gandum adalah roti multigrain. Roti ini merupakan roti yang mengandung banyak jenis biji-bijian.

Contoh beberapa jenis biji-bijian atau grain yang digunakan pada roti multigrain adalah oat, biji bunga matahari, quinoa, dan jenis biji lainnya. Roti ini sendiri mengandung banyak serat dan juga lemak baik yang diperoleh dari grain atau biji-bijian.

Gluten free

Roti jenis gluten free merupakan roti yang aman dikonsumsi saat diet sebagai pengganti roti gandum. Roti jenis ini tidak mengandung gluten atau tepung-tepung tambahan yang tidak baik bagi tubuh.

Laman Medical News Today menyebutkan, roti gluten free ini memang memiliki rasa yang berbeda dibanding roti pada umumnya. Namun, roti ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan pastinya rendah kalori yang membuatnya aman untuk diet.

Baca Juga: Bisa Pengaruhi Rasa dan Nutrisi, 6 Bahan Makanan Ini Jangan Disimpan di Kulkas

Low GI

Jenis roti selanjutnya yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti roti gandum adalah roti low GI. Roti jenis ini adalah roti yang memiliki skala Glikemik Index rendah sehingga diberi nama roti low GI.

Semakin rendah angka GI yang dimiliki makanan, maka makanan tersebut lebih lama terurai dan diserap dalam tubuh. Sehingga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, gula darah menjadi lebih stabil, dan memberi energi lebih banyak.

Sourdough

Sourdough merupakan roti yang terbuat dari fermentasi biji-bijian atau grain. Karena terbuat dari bahan fermentasi, sourdough akan memiliki sedikit rasa asam dibanding roti lainnya.

Mengutip laman Health Line, sourdough adalah jenis roti yang lebih mudah dicerna tubuh dan bernutrisi dibanding roti lainnya. Sebab, proses fermentasi membuang antinutrisi dari biji-bijian sehingga yang tersisa hanyalah nutrisi saja.

Jadi pilih yang mana, nih? Itu tadi ragam pilihan roti lain yang tak kalah bernutrisi dan sehat dari roti gandum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News