Santai

5 Fakta Tentang Thanksgiving, Perayaan Syukur Orang Barat

5 Fakta Tentang Thanksgiving, Perayaan Syukur Orang Barat

MOMSMONEY.ID - Walau tak banyak dirayakan oleh masyarakat Indonesia, apa sih sebenarnya perayaan Thanksgiving itu?

Thanksgiving adalah perayaan yang banyak dirayakan oleh masyarakat Barat sebagai sebagian dari budaya mereka.

Bahkan di budaya Barat, Thanksgiving dijadikan hari libur nasional yang di mana beberapa sekolah, kantor, serta toko-toko tutup untuk memperingati Thanksgiving.

Bagi yang ingin tahu, simak beberapa fakta unik tentang Thanksgiving berikut ini, ya.

Baca Juga: Mau Natalan di Busan Korea Selatan? Ikut Paket Tur Wisata dari Golden Rama Tours

Perayaan keluarga

Thanksgiving adalah hari di mana banyak keluarga berkumpul untuk menikmati waktu bersama. Acara ini adalah bentuk perayaan syukur atas segala hal yang mereka miliki, seperti makanan dan hal-hal lainnya.

Maka dari itu, banyak pusat kegiatan, kantor, sekolah, hingga toko-toko tutup agar bisa merayakan Thanksgiving bersama keluarga.

Sejarah Thanksgiving

Perayaan Thanksgiving merupakan perayaan turun temurun yang sudah dilakukan sebagai bagian dari sejarah Barat. Pada awalnya, tak banyak yang merayakan perayaan ini karena dianggap mistis dan tidak diterima oleh penduduk asli Amerika.

Dalam sejarahnya, Thanksgiving sudah dilakukan sejak tahun 1600-an sebagai bentuk syukur atas panen dan dilakukan selama setahun sekali.

Hingga kemudian pada tahun 1789, presiden pertama Amerika Serikat, George Washington, menetapkan Thanksgiving bagi masyarakat Amerika secara nasional.

Laman Time and Date mencatat bahwa Thanksgiving sudah menjadi libur nasional di Amerika Serikat sejak 1863.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ternyata Ini 5 Keuntungan Pakai Kartu Kredit

Makanan khas

Untuk merayakan Thanksgiving, biasanya keluarga-keluarga menyiapkan hidangan khas. Thanksgiving sendiri identik dengan beberapa jenis makanan untuk disantap bersama keluarga.

Kalkun panggang, isian, kentang, sayuran, saus cranberry, saus, dan pai labu adalah beberapa hidangan khas yang disuguhkan untuk merayakan Thanksgiving.

Dirayakan setiap hari Kamis

Keunikan dari Thanksgiving adalah, perayaan ini jatuh setiap hari Kamis keempat di bulan November setiap tahunnya. Penetapan hari tersebut awalnya menuai banyak kebingungan bagi para pemimpin Amerika.

Laman CBS News menulis bahwa menurut Koloni Puritan, hari Kamis dianggap memiliki jangka waktu yang cukup menjelang hari Sabat.

Sementara itu, pada awal penetapannya, Presiden Abraham Lincoln menetapkan Thanksgiving diperingati setiap hari Kamis terakhir di bulan November pada tahun 1863.

Sempat diganti pada Kamis ketiga oleh Presiden Roosevelt, namun karena tidak terlalu populer akhirnya kembali diperingati pada Kamis keempat di bulan November.

Liburan panjang

Perayaan Thanksgiving biasa diikuti dengan perayaan libur panjang di lebih dari 20 negara bagian Amerika Serikat. Waktu ini digunakan sebagai waktu untuk mengunjungi kerabat dan keluarga jauh.

Selain itu, ada juga perayaan Black Friday yang jatuh satu hari tepat setelah perayaan Thanksgiving. Black Friday adalah waktu di mana semua pusat perbelanjaan menawarkan produk mereka dengan harga termurah dan menjadi waktu berbelanja terbesar dalam satu tahun.

Itulah tadi beberapa fakta tentang perayaan Thanksgiving yang tahun ini jatuh pada tanggal 23 November 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News