Keluarga

5 Efek Samping Mengonsumsi Suplemen Kolagen yang Perlu Anda Waspadai

5 Efek Samping Mengonsumsi Suplemen Kolagen yang Perlu Anda Waspadai

MOMSMONEY.ID - Jangan berlebihan! Ini 5 efek samping mengonsumsi suplemen kolagen yang perlu Anda waspadai.

Kolagen adalah senyawa protein tak larut air yang berperan penting dalam proses pembentukan jaringan di dalam tubuh, termasuk jaringan kulit.

Oleh karena itu, kolagen kerap dijadikan sebagai suplemen untuk membantu menjaga sekaligus mempercantik penampilan kulit.

Meski menyimpan banyak manfaat, namun mengonsumsi suplemen kolagen secara berlebihan sangat tidak disarankan.

Pasalnya, ada sejumlah efek samping yang mengintai dari mengonsumsi suplemen kolagen secara berlebihan.

Simak baik-baik, berikut 5 efek samping mengonsumsi suplemen kolagen yang perlu Anda waspadai sebagaimana dilansir dari laman Siloam Hospitals.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Compact Powder yang Tepat untuk Kulit Berminyak, Jangan Keliru

1. Bau mulut

Efek samping mengonsumsi suplemen kolagen yang pertama yaitu bau mulut. Mungkin Anda berpikir bahwa semakin banyak kolagen yang masuk ke dalam tubuh maka semakin baik.

Faktanya, mengonsumsi suplemen kolagen secara berlebihan dapat mengubah keseimbangan bakteri di dalam mulut sekaligus meningkatkan pertumbuhannya.

Adapun peningkatan pertumbuhan bakteri tertentu di dalam mulut bisa memicu produksi senyawa berbau yang mengakibatkan bau mulut.

2. Gangguan pencernaan

Efek samping mengonsumsi suplemen kolagen yang kedua yaitu gangguan pencernaan. Sering kali, suplemen kolagen diperkaya dengan biotin guna mengoptimalkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, senyawa biotin dalam suplemen kolagen justru berisiko menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut kembung, kram perut, diare, atau sembelit.

Kendati demikian, efek samping tersebut biasanya dapat mereda dengan sendirinya. Untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan akibat mengonsumsi suplemen kolagen, pastikan untuk banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan tinggi serat secukupnya.

3. Reaksi alergi

Efek samping mengonsumsi suplemen kolagen yang ketiga yaitu reaksi alergi. Beberapa macam kolagen terbuat dari sisik atau kulit ikan.

Adapun kolagen yang terbuat dari sisik atau kulit ikan kerap menimbulkan reaksi alergi terutama pada orang-orang yang sensitif dengan makanan laut atau seafood.

Reaksi alergi yang ditimbulkan di antaranya mengi, kulit gatal, sesak napas, sakit kepala, hingga pingsan.

Baca Juga: Ini Manfaat hingga Efek Samping Retinol pada Produk Skincare

4. Batu ginjal

Efek samping mengonsumsi suplemen kolagen yang keempat yaitu batu ginjal. Batu ginjal merupakan efek samping mengonsumsi suplemen kolagen secara berlebihan yang perlu diwaspadai.

Umumnya, suplemen kolagen terutama dalam bentuk minuman mengandung asam amino hydroxyproline yang tinggi. Sehingga, dapat meningkatkan kadar asam oksalat di dalam tubuh.

Bila terjadi dalam kurun waktu yang lama, penumpukan asam oksalat berisiko memicu terbentuknya batu ginjal.

5. Hiperkalsemia

Efek samping mengonsumsi suplemen kolagen yang kelima yaitu hiperkalsemia. Hiperkalsemia adalah kondisi medis ketika kadar kalsium dalam darah terlalu tinggi atau melebihi batas normal.

Sejumlah gejala umum dari hiperkalsemia di antaranya susah buang air besar (sembelit), mudah lelah, nyeri tulang, mual dan muntah, serta irama jantung tidak teratur (aritmia).

Adapun hiperkalsemia dapat dipicu oleh konsumsi suplemen yang berasal dari sumber hewani secara berlebihan, salah satunya adalah suplemen kolagen.

Itulah 5 efek samping mengonsumsi suplemen kolagen yang perlu Anda waspadai. Ingat, mengonsumsi suplemen kolagen memang diperbolehkan selama Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan dan sesuai takaran. Sebaiknya, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen kolagen guna mencegah timbulnya efek samping.

Selanjutnya: Ini Manfaat hingga Efek Samping Retinol pada Produk Skincare

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News