Santai

5 Cara Cadangkan Data Penting dan Menjaga Tetap Aman

5 Cara Cadangkan Data Penting dan Menjaga Tetap Aman

MOMSMONEY.ID - Menyimpan data penting Anda adalah hal yang cerdas, tetapi tidak ada satu pun cara terbaik untuk menyimpan file. Berikut ini cara cadangkan data penting dan menjaga tetap aman. 

Ada banyak cara cadangkan data penting, seperti melalui Google Drive hingga cara konvensional melalui flashdisk

Artikel ini memberikan cara cadangkan data penting dan menjaga tetap aman. 

Baca Juga: 4 Cara Utama biar Data dan Akun Sosmed Aman dari Hacker

Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Akan tetapi, cara cadangkan data ini dapat menjadi referensi bagi Anda. 

1. Online

Salah satu tempat Anda dapat menyimpan data Anda adalah di internet. Disebut penyimpanan cloud, ayanan ini menjaga data Anda tetap online. Metode ini memberikan dua manfaat utama jika dibandingkan dengan cara pencadangan lainnya:

- File cadangan Anda dapat diakses dari perangkat apa pun yang tersambung ke internet, meskipun komputer Anda mati total atau dicuri.

- Data Anda dienkripsi dan hanya dapat diakses setelah Anda memasukkan detail login Anda. 

Beberapa perusahaan penyimpanan file online menggunakan apa yang disebut enkripsi tanpa pengetahuan, yang berarti mereka tidak dapat melihat data yang Anda simpan di server mereka kecuali mereka mengetahui kata sandi Anda.

Ada banyak cara untuk mencadangkan data dari komputer Anda ke akun penyimpanan file online. Beberapa opsi gratis dan lainnya berbayar.

2. Hard Drive Eksternal

Hard disk Western Digital

Baca Juga: Bagaimana Menjaga Keamanan Data Penting di HP yang Hilang? Simak Cara Melindunginya

Hard drive eksternal terhubung ke komputer melalui koneksi USB. Yang harus Anda lakukan hanyalah menyambungkannya lalu menyalin atau memindahkan file Anda ke drive, yang dapat Anda lakukan secara manual atau otomatis dengan alat pencadangan. 

Anda dapat mencabut drive kapan pun Anda mau, namun cara kerjanya sama seperti hard drive internal Anda, sehingga Anda dapat membuat folder dan menyimpan serta menghapus file dengan mudah.

Beberapa perusahaan membuat hard drive eksternal dan tersedia dalam berbagai ukuran. Ini berarti Anda bisa mendapatkannya dengan jumlah penyimpanan yang tepat untuk menghindari membayar kelebihan ruang yang tidak akan pernah Anda gunakan.

3. CD, DVD, Disk BluRay

Dulunya merupakan standar emas dalam pencadangan data, membakar data ke disk kini menjadi metode pencadangan data yang kurang populer, meskipun masih dapat diandalkan.

Jika komputer Anda memiliki drive disk optik atau Anda tidak keberatan membeli drive eksternal, ini bisa menjadi cara sederhana dan terjangkau untuk mencadangkan data dari komputer Anda.

Baca Juga: 8 Tips Melindungi WiFi di Rumah agar Tetap Aman dan Tidak Dibobol

4. Flash Drive

Cara solid lainnya untuk menyimpan file adalah dengan flash drive. Ini seperti hard drive kecil yang dapat Anda masukkan ke dalam saku, sehingga mudah untuk mentransfer file penting Anda ke komputer lain atau menyembunyikannya di tempat yang aman.

Beberapa flash drive terbaik memiliki harga yang sangat terjangkau untuk ukuran penyimpanan yang Anda dapatkan; Anda tidak akan mengalami masalah saat mencadangkan koleksi media yang sangat besar ke dalam flash drive.

5. Perangkat NAS

Semacam penyimpanan cloud combo + hard drive eksternal, NAS (penyimpanan terlampir jaringan) adalah server yang didedikasikan untuk menyimpan data. 

Ini dapat beroperasi dengan kabel atau nirkabel—tergantung pada drive dan komputer Anda dan setelah dikonfigurasi, dapat ditampilkan sebagai drive lain di komputer Anda.

Nah, itulah beberapa cara cadangkan data penting dan menjaganya tetap aman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News