Keluarga

5 Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi saat Diet, Cegah Berat Badan Naik!

5 Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi saat Diet, Cegah Berat Badan Naik!

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 buah yang sebaiknya dikonsumsi saat diet, dari apel hingga paprika.

Buah menjadi salah satu makanan yang sangat disarankan untuk membantu menjaga atau menurunkan berat badan.

Dari banyaknya buah-buahan yang ada, beberapa di antaranya terbukti mampu mencegah kenaikan berat badan. Sehingga, cocok dikonsumsi saat diet.

Selengkapnya, berikut 5 buah yang sebaiknya dikonsumsi saat diet, dilansir dari The Healthy:

Baca Juga: Langsung dari Ahlinya, Begini Cara Membersihkan Kuas Makeup dengan Tepat

1. Apel

Buah yang sebaiknya dikonsumsi saat diet pertama adalah apel. Apel kaya akan polimer flavonoid dan serat, sehingga menjadikannya sebagai salah satu buah paling sehat untuk menurunkan berat badan.

Mengonsumsi apel dengan kulitnya dapat memberikan Anda lebih banyak serat dan antioksidan. Plus, memberikan Anda kontrol yang lebih baik atas gula darah guna mencegah lonjakan dan penurunan gula darah.

Saat lonjakan dan penurunan gula darah bisa tercegah, itu akan membantu menghilangkan keinginan makan dan makan berlebihan serta mencegah diabetes.

2. Pir

Buah yang sebaiknya dikonsumsi saat diet kedua adalah pir. Menurut studi BMJ, pir dapat mencegah penambahan berat badan dan hal ini sebagian besar disebabkan oleh adanya polimer flavonoid.

Setiap tambahan 138 miligram polimer flavonoid, itu bisa menghasilkan lebih sedikit penambahan berat badan selama masa studi empat tahun.

Sama dengan apel, pir juga mengandung banyak serat yang mampu menciptakan rasa kenyang. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, pastikan untuk mengonsumsi pir sekaligus dengan kulitnya ya Moms.

3. Blueberry

Buah yang sebaiknya dikonsumsi saat diet ketiga adalah blueberry. Dalam studi BMJ terhadap lebih dari 100.000 pria dan wanita, para peneliti menemukan bahwa subkelas antioksidan kuat yang disebut flavonoid dalam buah dan sayuran tertentu dapat mencegah penambahan berat badan.

Adapun buah tersehat dengan efek terbesar pada pemeliharaan berat badan yang dipenuhi flavonoid khususnya jenis antosianin adalah blueberry.

Seperempat cangkir blueberry bahkan mengandung 10 miligram antosianin. Dan, setiap peningkatan 10 miligram antosianin dikaitkan dengan penurunan berat badan mencapai seperempat pon selama empat tahun, menurut studi tersebut.

Baca Juga: Mau Terhindar dari Diabetes? Konsumsi 4 Makanan Pencegah Diabetes Ini

4. Stroberi

Buah yang sebaiknya dikonsumsi saat diet keempat adalah stroberi. Sama seperti blueberry, stroberi juga kaya akan antosianin.

Meski tak jarang stroberi memiliki cita rasa manis, namun Anda tak perlu khawatir jika buah yang satu ini akan menyebabkan kenaikan berat badan.

Faktanya, stroberi termasuk buah terbaik untuk menjadi bagian dari rencana penurunan berat badan berkat kandungan flavonoidnya yang tinggi.

5. Paprika

Buah yang sebaiknya dikonsumsi saat diet kelima adalah paprika. Mungkin Anda mengenal paprika sebagai sayur. Faktanya, paprika termasuk jenis buah.

Berdasarkan penelitian, paprika dapat membantu mengontrol kenaikan berat badan saat dimakan setiap hari. Bahkan, paprika juga bisa mendorong penurunan berat badan lho.

Kandungan capsaicin yang terkandung dalam paprika mampu mendorong sel lemak putih untuk diubah menjadi lemak cokelat pembakar energi, menurut satu penelitian yang dilakukan pada tikus.

Itulah 5 buah yang sebaiknya dikonsumsi saat diet. Jangan lupa dikonsumsi, ya, Moms!

Selanjutnya: Menteri ESDM: MIND ID dan Vale Sepakati Nilai Divestasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News