Bugar

5 Bahan Alami yang Ampuh Menjaga Nafas Tetap Segar, Ada Kayu Manis

5 Bahan Alami yang Ampuh Menjaga Nafas Tetap Segar, Ada Kayu Manis

MOMSMONEY.ID - Menarik dicoba, inilah bahan-bahan alami yang bisa menjaga nafas tetap segar.

Bau mulut membuat Anda merasa tidak percaya diri dan bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Selain itu, bau mulut juga bisa mengganggu orang di sekitar Anda. 

Oleh karena itu, Anda perlu rutin menyikat gigi dua kali sehari, menggunakan obat kumur (mouth wash), dan membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi (dental floss).

Selain itu, Anda juga bisa mencoba perawatan gigi dengan bahan alami. Jika Anda tertarik mencoba, berikut lima bahan alami untuk menjaga nafas tetap segar, dilansir dari tanyapepsodent.com

Baca Juga: Promo Traveloka 14-16 April 2023, Diskon Rental Mobil Weekend hingga 20%

1. Campuran kayu manis dan cengkeh

Bahan alami pertama untuk menjaga nafas tetap segar adalah campuran kayu manis dan cengkeh.

Melansir dari International Journal of Pharmaceutical Science and Health Care dan Archives of Oral Biology, kayu manis dan cengkeh merupakan jenis rempah yang dapat dimanfaatkan agar nafas segar dan tidak bau.

Senyawa cinnamic aldehyde dalam kayu manis dan senyawa atsiri dalam cengkeh dapat menghambat bakteri penyebab bau mulut dan perusak gigi sekaligus menyegarkan nafas.

Cara menggunakan kedua bahan ini tidak sulit, Anda hanya perlu menyiapkan segelas air hangat lalu campurkan dengan 10-15 tetes minyak cengkeh dan 10-15 tetes minyak kayu manis.

Aduk campuran tersebut hingga merata lalu gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 1 menit. Berkumur dengan campuran kayu manis dan cengkeh akan membuat nafas Anda segar dan terhindar dari risiko gigi berlubang.

2. Air garam

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan air garam untuk menjaga nafas segar. Bumbu dapur yang satu ini mengandung anti mikroba alami yang dapat menyingkirkan bakteri penyebab bau mulut.

Cara menghilangkan bau mulut dengan garam cukup mudah, larutkan 1 sdm garam dalam segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur selama 1 menit. Nafas jadi lebih segar dan bebas bau mulut usai berkumur dengan air garam

Baca Juga: Harus Coba! 4 Cara Merawat Rambut Berminyak dan Rontok pada Pria

3. Cuka apel

Cuka apel juga dipercaya bisa menjaga nafas segar, loh. Mengutip dari Healthline, kandungan asam asetat di dalam cuka apel dapat mengurangi perkembangbiakan bakteri penyebab bau mulut.

Namun, Anda harus mencairkan cuka apel dengan takaran yang tepat supaya kandungan asamnya tidak menyebabkan kerusakan gigi.

Caranya, siapkan 2 sdt cuka apel dan campurkan ke dalam segelas air. Gunakan larutan cuka apel untuk berkumur selama 1 menit. Selain menyegarkan nafas, larutan cuka apel juga membantu mengatasi produksi dahak berlebih.

Gunakan larutan cuka apel untuk membersihkan tenggorokan (gargling) sehingga tenggorokan jadi bersih dan bebas dahak.

4. Jeruk nipis

Berikutnya, gunakan jeruk nipis untuk menjaga nafas tetap segar. Kandungan minyak limonoid dalam jeruk nipis memiliki aroma khas yang dapat menghilangkan bau mulut tak sedap.

Cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis, campurkan 5 sdt air perasan jeruk nipis dengan sejumput garam dan segelas air hangat. Aduk campuran tersebut lalu gunakan untuk berkumur-kumur hingga seluruh rongga mulut jadi bersih dan bebas bau.

Baca Juga: 5 Manfaat Glycerin untuk Wajah Pada Produk Skincare

5. Campuran daun mint dan soda kue

Bahan alami untuk menjaga nafas tetap segar lainnya adalah campuran daun mint dan soda kue. Bukan hanya memiliki aroma khas yang ampuh menyamarkan bau mulut, kandungan daun mint juga dapat membasmi bakteri penyebab nafas tak sedap.

Jika ingin memanfaatkan daun mint agar nafas tidak bau, campurkan 8-9 helai daun mint dengan 2 sdt soda kue, 2 tetes tea tree oil, dan secangkir air hangat.

Aduk campuran bahan tersebut hingga merata supaya tidak ada soda kue yang mengendap di dasar cangkir. Gunakan larutan daun mint untuk berkumur selama 1 menit.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang ampuh menjaga nafas tetap segar. Pastikan bahan yang digunakan aman dan tidak menibulkan alergi pada Anda. Lakukan perawatan gigi ini di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News