Keluarga

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Dark Spot pada Wajah, Mudah Dicari

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Dark Spot pada Wajah, Mudah Dicari

MOMSMONEY.ID - Simak bahan alami untuk menghilangkan dark spot pada wajah yang tidak sulit didapat.

Kulit memiliki pigmen alami bernama melanin yang bertanggung jawab atas warna kulit, mata dan rambut. Melanin juga berperan penting untuk melindungi kulit dari efek bahaya sinar matahari.

Setiap kulit terkena sinar matahari, melanosit atau sel yang memproduksi melanin akan meningkatkan produksi melanin. Apabila melanosit memproduksi lebih banyak melanin dari biasanya, maka akan muncul bintik hitam atau dark spot pada kulit.

Tampilan dark spot terutama pada wajah memang bisa dihilangkan dengan menggunakan produk-produk kimia seperti retinoid dan krim hydroquinone.

Namun, jika Anda memiliki masalah dark spot pada wajah dan ingin menghilangkannya secara aman tanpa efek samping bahan kimia, ini 5 bahan alami untuk menghilangkan dark spot pada wajah yang bisa Anda coba sebagaimana dilansir dari laman Manipal Hospitals dan BeBeautiful.

Baca Juga: Ini Waktu Terbaik untuk Makan Buah agar Manfaatnya Maksimal, Sudah Tahu?

1. Jus lemon dan yogurt

Bahan alami untuk menghilangkan dark spot pada wajah salah satunya jus lemon dan yogurt.

Lemon menyimpan sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan. Lemon juga dapat digunakan untuk menghilangkan dark spot pada wajah. Berkat kandungan vitamin C dan asam sitrat yang ada di dalamnya, lemon bisa dijadikan sebagai zat pemutih yang sempurna untuk membantu mengurangi tampilan dark spot.

Anda dapat mengombinasikan lemon dengan yogurt karena yogurt memiliki sifat pembersih. Jangan lupa juga untuk menambahkan gula karena gula memiliki sifat mengeksfoliasi sehingga bisa dijadikan sebagai scrub untuk mengangkat kulit mati pada wajah.

2. Buttermilk

Selanjutnya, bahan alami untuk menghilangkan dark spot pada wajah adalah buttermilk.

Buttermilk kaya akan asam laktat yang dapat membantu menghilangkan kulit mati dari wajah sekaligus mencerahkan dark spot.

Oleskan buttermilk secara langsung pada area wajah yang terdapat dark spot dengan bantuan kapas. Biarkan selama 20 menit sebelum membilas wajah Anda hingga bersih menggunakan air.

3. Pepaya

Bahan alami untuk menghilangkan dark spot pada wajah yaitu pepaya.

Dalam pepaya terdapat enzim dan unsur mineral yang merupakan bahan alami untuk menghilangkan dark spot.

Pepaya mengandung asam buah yang dikenal sebagai alpha-hydroxy acid (AHA) yang merupakan bahan eksfoliasi kimia untuk menghilangkan sel-sel kulit mati serta menghidupkan kembali sel-sel kulit yang sehat.

Yang perlu Anda lakukan hanya menghaluskan pepaya matang hingga berbentuk pasta. Kemudian, oleskan pasta pepaya pada wajah dan biarkan sampai mengering. Setelah 20 menit, singkirkan pasta pepaya pada wajah dengan gerakan melingkar yang lembut lalu bilas hingga bersih.

Untuk hasil maksimal, Anda dapat menerapkan metode ini setiap hari selama seminggu guna membantu wajah terlihat lebih bercahaya.

Baca Juga: Banyak Tiruannya, Ini 5 Ciri-Ciri Tas Coach Asli

4. Lidah buaya

Bahan alami untuk menghilangkan dark spot pada wajah yang keempat adalah lidah buaya.

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk meningkatkan kualitas kulit. Lidah buaya mengandung 90% asam amino yang ditemukan dalam tubuh serta memiliki vitamin A, B, C, serta E di dalamnya.

Selain memiliki sifat anti-aging dan nutrisi yang melimpah, lidah buaya juga memiliki kemampuan untuk membantu menghilangkan dark spot sekaligus mengurangi perubahan warna pada kulit. Bahkan, lidah buaya juga bisa berfungsi sebagai pelembab yang sangat baik untuk membuat kulit halus dan lembut.

5. Kentang

Bahan alami untuk menghilangkan dark spot pada wajah yang kelima adalah kentang.

Kentang mentah mengandung vitamin C, potassium, dan zat pencerah lainnya yang bisa membantu menghilangkan dark spot dan penyamakan kulit. Untuk mendapatkan manfaat kentang tersebut, Anda dapat mengolahnya menjadi masker wajah. Parutlah 2-3 buah kentang dan campurkan dengan jus lemon atau yogurt.

Jika kulit Anda kering, Anda bisa menambahkan sedikit madu ke dalam parutan kentang. Setelah tercampur, oleskan masker kentang pada wajah dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian, cuci wajah Anda menggunakan air hangat.

Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk memarut kentang atau tidak memiliki bahan-bahan pelengkapnya, Anda bisa cukup mengiris kentang mentah dan langsung meletakkannya tepat di atas dark spot.

Itulah 5 bahan alami untuk menghilangkan dark spot pada wajah yang bisa Anda coba. Mudah dicari kan, Moms?

Selanjutnya: Grup Adaro dan Grup Djarum Bantah Beri Dukungan ke Prabowo Gibran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News