Keluarga

Ini Waktu Terbaik untuk Makan Buah agar Manfaatnya Maksimal, Sudah Tahu?

Ini Waktu Terbaik untuk Makan Buah agar Manfaatnya Maksimal, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Jangan keliru, inilah waktu terbaik untuk makan buah agar manfaatnya maksimal.

Makan buah secara rutin menawarkan segudang manfaat untuk tubuh, karena buah-buahan memiliki nilai gizi yang tinggi sekaligus kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat.

Namun, tahukah Anda bahwa ada waktu-waktu tertentu yang dinilai baik untuk makan buah-buahan, yang mana manfaat dalam buah akan menjadi maksimal saat dikonsumsi pada waktu ini.

Kapan sajakah itu? Melansir PharmEasy, inilah waktu terbaik untuk makan buah agar manfaatnya maksimal.

Baca Juga: Bisa Meningkatkan Suasana Hati, Ini 4 Manfaat Sarapan Salad untuk Kesehatan

1. Setelah bangun tidur

Waktu terbaik untuk makan buah yang pertama yaitu setelah bangun tidur.

Penelitian menunjukkan bahwa buah-buahan mengandung fruktosa yang tinggi. Sehingga, waktu terbaik untuk mengonsumsinya adalah di pagi hari setelah bangun tidur, yang mana tubuh membutuhkan dorongan yang cepat pada waktu ini.

Karena buah-buahan cenderung mudah dicerna dan dipecah menjadi nutrisi penting, maka Anda harus memakannya tepat sebelum Anda membutuhkan energi untuk memulai aktivitas sehari-hari.

Di sisi lain, ahli gizi menganjurkan untuk makan buah dalam keadaan perut kosong jika Anda ingin memperoleh manfaatnya dengan maksimal. Cara ini akan memberikan tubuh Anda konsentrasi mineral, vitamin, dan senyawa bermanfaat lainnya yang pada gilirannya membantu detoksifikasi serta penurunan berat badan.

Baca Juga: Banyak Tiruannya, Ini 5 Ciri-Ciri Tas Coach Asli

2. Di sela-sela waktu makan

Waktu terbaik untuk makan buah yang kedua yaitu di sela-sela waktu makan.

Bagi Anda yang gemar ngemil di antara waktu makan, buah-buahan bisa jadi pilihan camilan yang sehat. Selain nikmat, ngemil buah-buahan di sela-sela waktu makan juga merupakan kebiasaan yang baik. Pasalnya, ini adalah waktu ketika tubuh mencerna makanan dengan cepat dan mengeluarkan berbagai enzim untuk mencerna buah-buahan.

Selain itu, makan buah di sela-sela waktu makan juga bisa membuat perut terasa kenyang dalam waktu lama alih-alih mudah lapar.

Menurut penelitian, wanita melaporkan bahwa intensitas nyeri akibat Sindrom Iritasi Usus Besar (IBS) berkurang dengan mengonsumsi pisang setiap hari sebelum makan.

Itulah waktu terbaik untuk makan buah. Pastikan Anda menghindari makan buah pada malam hari sebelum tidur ya, Moms. Karena, mengonsumsi buah-buahan tepat sebelum tidur dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan kesulitan tidur.

Hindari juga menggabungkan semangkuk buah-buahan dengan makanan berat, karena bisa memperlambat proses pencernaan. Apabila Anda ingin makan berat, tunggulah setidaknya 1-2 jam setelah mengonsumsi buah-buahan agar tubuh Anda dapat menyerap kebaikannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News